MASIGNASUKA101
7168738000188950837

9 Tempat Wisata Menarik di Humbang Hasundutan, Hits dan Instagenik!

9 Tempat Wisata Menarik di Humbang Hasundutan, Hits dan Instagenik!
Add Comments
Kamis, 18 Juli 2019
Wisata Dolok Sanggul tak kalah menarik dibandingkan sederet kabupaten lain di luar Humbang Hasundutan yang sama-sama mengitari Geopark Kaldera Toba.

Selama ini, Humbahas memang terkenal dengan pesona budaya dan situs sejarah yang menawan, namun rupanya kabupaten ini juga memiliki sederet obyek wisata alam yang unik dan menarik untuk Anda kunjungi.

Tempat Wisata di Humbahas

Jika sobat traveller punya rencana traveling ke Dolok Sanggul, cobalah untuk menjelajah 12 tempat wisata di Humbang Hasundutan yang direkomendasikan travelingmedan.com spesial untuk Anda.

1. Wisata Baktiraja

baktiraja
Dari 10 kecamatan di Humbang Hasundutan, kecamatan Baktiraja merupakan pusatnya destinasi instagenik di kawasan Bakkara, Tipang dan Janji Raya. Menawarkan beragam obyek wisata eksotis yang mengandalkan pesona menawan dari Danau Toba serta sederet peninggalan terkait Raja Sisingamangaraja.

Kalau ingin menyaksikan view landskap Lembah Baktiraja, jangan lupa menginjakkan kaki di Panatapan. Spot ini menyajikan indahnya panorama persawahan yang terhampar di kejauhan. Permadani hijau yang menyerupai rice terrace ditambah latar Danau Toba akan membuat Anda berdecak kagum.

Dari Panatapan Baktiraja ini, tampak juga 2 buah sungai bernama Aek Simangira dan dan Aek Silang yang diketahui bermuara ke Danau Toba. Uniknya, kedua sungai ini memiliki warna air yang berbeda, sungai Silang berwarna merah dan Simangira berwarna putih.

2. Air Terjun Janji
air terjun janji
Janji merupakan wisata air terjun paling terkenal di Humbang Hasundutan. Selain itu, Air Terjun Janji yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter ini juga memiliki cerita tentang masa lampau terkait Sisingamangaraja dimana dulu pahlawan bangso Batak tersebut biasanya mengadakan rapat dengan para panglimanya disini.

Terpaut jarak 15 kilometer dari Dolok Sanggul. Destinasi ini pun sudah dilengkapi kolam pemandian. Keindahan panorama sekitarnya sangatlah memikat. Air Terjun Janji yang menyegarkan ini berada di Desa Marbun Toruan, Tipang Mas, Kecamatan Bakti Raja.

titik koordinat lokasi

3. Bukit Wisata Sipinsur
wisata sipinsur
Tak salah rasanya menamai Bukit Sipinsur sebagai salah satu destinasi paling keren di kawasan wisata Danau Toba. Lokasinya yang berada di punggung Bukit Barisan membuat kamu akan leluasa menyaksikan indahnya view gigantik Toba.

Asiknya lagi, pengunjung bisa camping di bawah jajaran pohon pinus yang tertata begitu rapi. Menyambut pagi, jangan lupa menyaksikan sunrise. Yakin deh, kamu bakal susah move on dari Sipinsur.

Berada di Parulohan, Paranginan, Humbang Hasundutan. Wisata Sipinsur buka dari pukul 07.00 - 23.00 setiap hari dengan biaya masuk Rp5.000/wisatawan.

titik koordinat lokasi

4. Istana Raja Sisingamangaraja
istana raja sisingamangaraja
Ingin mengetahui destinasi sejarah yang juga menampilkan kekayaan arsitektur bangunan khas Batak? berkunjunglah ke Istana Sisimangangaraja situs sejarah ini merupakan tempat kediaman Raja Sisingamangaraja yang cukup populer dan masih berada di sekitaran Baktiraja tepatnya di Desa Simamora.

Uniknya, Istana Raja Sisingamangaraja ini menyimpan beragam teks-teks Kuno terkait kebudayaan Batak. Dengan dominasi warna merah dan putih, terpajang juga bendera kerajaanyang dulunya digunakan oleh Sisingamangaraja. Ornamen khas berupa ukiran Batak tampak elegan dan memperkuat nilai historis.

titik koordinat lokasi

5. Tombak Sulu-sulu
tombak sulu-sulu
Tombak Sulu-Sulu merupakan goa batu yang diyakini sebagai asal muasal trah Raja Sisingamangaraja. Di goa ini, Raja Sisingamangaraja I lahir dengan nama kecil Manghuntal yang kemudian menjadi pemimpin pertama Negeri Bakkara.

Keunikan Tombak Sulu-Sulu ada pada bentuk goa yang ditumbuhi Pohon Sangka Madeha. Tempatnya yang berada di Desa Marbun Tonga pun cukup tersembunyi dan berada di tepian jurang. Secara geologis, Tombak Sulu-Sulu terbentuk akibat pergerakan lempeng bumi pada 250 tahun silam. Fakta menarik lainnya, Tombak Sulu-Sulu adalah spot pertama yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba.

titik koordinat lokasi

6. Danau Silosung dan Sipinggan
danau silosung
Selain Danau Toba, di Humbang Hasundutan masih terdapat 2 buah danau lain yaitu Danau Silosung dan Danau Sipinggan (Tao Silaban). Kedua danau tersebut memang belum optimal sebagai obyek wisata. Namun, cerita di balik terjadinya danau ini cukup menarik.

Baik Danau Silosung maupun Sipinggan menawarkan spot alam dengan nuansa sejuk. Areanya dikelilingi pohon pinus merkusi. Warga sekitar memanfaatkan kedua danau ini untuk pengairan persawahan. Tak kalah instagenik, latar Danau Silosung dan Sipinggan tentu akan membuat foto sosial media kamu terlihat menarik.

titik koordinat lokasi

7. Air Terjun Sipollung
air terjun pollung
Beralih ke daerah Pakkat. Terdapat Air Terjun Pollung tepatnya di Desa Purba Baringin bagi kamu yang ingin berlibur ke wisata air. Agar sampai ke lokasi, sobat perlu tenaga ekstra pasalnya akses jalan ke lokasi belum cukup memadai.

Di Air Terjun Pollung, pengunjung bisa sekedar menikmati pesona air yang jatuh dari ketinggian 20 meter atau memancing ikan. Meski berwarna kecoklatan, air terjun ini tentu bersih. Mirip pantai, di tepi aliran airnya, membentang pasir putih yang bisa digunakan untuk tempat beristirahat.

titik koordinat lokasi

8. Mual Aek Sitio-Tio
aek sitio-tio
Pemandian alam di Humbang Hasundutan yang ini sungguh memesona, sangat jernih dan seketika bikin pengen nyebur. Nah, mual dalam bahasa Batak berarti mata air. Ya, Sitio-Tio Bakkara ini memang sumber mata air yang keluar dari bebatuan.

Walau dengan kolam seukuran 5x5 meter dan dasarnya hanya dilapisi pasir, Mual Sitio-Tio tak kalah hits untuk dikunjungi. Menurut warga, Sitio-Tio sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Sebab itu pemerintah melakukan pemugaran.

9. Desa Wisata Tipang
desa tipang
Gak lengkap rasanya kalau melewatkan desa wisata Tipang, disini traveller bisa menjelajah sederet tempat menawan. Mulai dari Pulau Simamora yang melengkapi deretan pulau-pulau eksotis di kawasan Toba, Aek Sipangolu hingga menaiki perbukitan untuk mendapatkan jepretan foto yang kece.

Di Tipang Mas ini pun kamu bisa mengisi perut di salah satu restoran terapung, pasti bakal seru makan sambil menikmati indahanya panorama yang membentang di depan mata.

titik koordinat lokasi

Menjelajah alam Humbang Hasundutan beserta situs-situs budaya di sekitar kabupaten ini tentu akan menambah pengalaman. Jangan khawatir, sudah tersedia banyak bus dari Kota Medan menuju Dolok Sanggul. Dari ibukota Humbahas ini, kamu tinggal melanjutkan perjalanan ke kawasan wisata yang hendak dikunjungi.