MASIGNASUKA101
7168738000188950837

11 Tempat Wisata di Humbang Hasundutan Terkini dan Terbaru

11 Tempat Wisata di Humbang Hasundutan Terkini dan Terbaru
Add Comments
10/15/2022
Humbang Hasundutan dengan ibukota Dolok Sanggul merupakan kabupaten yang terkenal akan potensi perkebunan kopi. Kabupaten yang sebagian wilayahnya mengitari Geopark Kaldera Toba ini juga populer akan pesona yang dimiliki. Ragam potensi tersebut membuat wisata Humbang Hasundutan berkembang kian pesat.

Tak disangkal bahwa Humbang Hasundutan menjadi tempat berlibur spesial bagi sebagian orang. Hal itu sendiri didorong oleh keindahan alam yang dapat ditemukan di sejumlah titik lokasi. Meski rute ke Dolok Sanggul dari Medan butuh 7 jam perjalanan, tetapi jarak itu akan terbayar lunas setelah sampai di Humbahas yang menawan.

Memang selama ini Humbahas hits akan pesona budaya serta destinasi sejarah yang menawan, namun rupanya kabupaten ini juga memiliki sederet obyek wisata alam yang unik dan menarik untuk Anda kunjungi. Berikut rekomendasi 10 tempat wisata di Humbang Hasundutan

1. Wisata Baktiraja

tempat wisata di humbang hasundutan
baktiraja
Dari 10 kecamatan di Humbang Hasundutan, kecamatan Baktiraja merupakan pusatnya destinasi instagenik di kawasan Bakkara, Tipang dan Janji Raya. Menawarkan beragam obyek wisata eksotis yang mengandalkan pesona menawan dari Danau Toba serta sederet peninggalan terkait Raja Sisingamangaraja.

Kalau ingin menyaksikan view landskap Lembah Baktiraja, jangan lupa menginjakkan kaki di Panatapan. Spot ini menyajikan indahnya panorama persawahan yang terhampar di kejauhan. Permadani hijau yang menyerupai rice terrace ditambah latar Danau Toba akan membuat Anda berdecak kagum.

Dari Panatapan Baktiraja ini, tampak juga 2 buah sungai bernama Aek Simangira dan dan Aek Silang yang diketahui bermuara ke Danau Toba. Uniknya, kedua sungai ini memiliki warna air yang berbeda, sungai Silang berwarna merah dan Simangira berwarna putih.
Alamat: Baktiraja, Kecamatan Baktiraja, Humbang Hasundutan, Sumatea Utara.
Tiket Masuk: Mulai Rp5.000
Jam Buka: 08.00 - 20.00 WIB

2. Air Terjun Janji

wisata humbang hasundutan
air terjun janji
Janji merupakan wisata air terjun paling terkenal di Humbang Hasundutan. Selain itu, Air Terjun Janji yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter ini juga memiliki cerita tentang masa lampau terkait Sisingamangaraja dimana dulu pahlawan bangso Batak tersebut biasanya mengadakan rapat dengan para panglimanya disini.

Baca: Air Terjun Janji Bakkara

Terpaut jarak 15 kilometer dari Dolok Sanggul. Destinasi ini pun sudah dilengkapi kolam pemandian. Keindahan panorama sekitarnya sangatlah memikat. Air Terjun Janji yang menyegarkan ini berada di Desa Marbun Toruan, Tipang Mas, Kecamatan Bakti Raja.
Lokasi: Desa Marbun Toruan, Kec. Tipang, Kab. Humbahas 22457
Tiket Masuk: Rp10.000
Jam Operasional: 24 Jam

3. Bukit Wisata Sipinsur

tempat wisata di humbang hasundutan
wisata sipinsur
Tak salah rasanya menamai Bukit Sipinsur sebagai salah satu destinasi paling keren di kawasan wisata Danau Toba. Lokasinya yang berada di punggung Bukit Barisan membuat kamu akan leluasa menyaksikan indahnya view gigantik Toba.

Asiknya lagi, pengunjung bisa camping di bawah jajaran pohon pinus yang tertata begitu rapi. Menyambut pagi, jangan lupa menyaksikan sunrise. Yakin deh, kamu bakal susah move on dari Sipinsur.

Berada di desa Parulohan yang masuk administratif Kecamatan Paranginan, Humbang Hasundutan. Wisata Sipinsur buka dari pukul 07.00 - 23.00 setiap hari dengan biaya masuk Rp5.000/wisatawan. Pengelola mengizinkan pengunjung untuk bermalam di atas bukit, sehingga wisatawan dan pengunjung rombongan bisa berkemah di dalam tenda.
Lokasi: Parulohan, Kec. Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, 22476
Tiket Masuk: Rp10.000
Jam Operasional: 24 Jam

4. Istana Raja Sisingamangaraja

wisata humbang hasundutan
istana raja sisingamangaraja
Ingin mengetahui destinasi sejarah yang juga menampilkan kekayaan arsitektur bangunan khas Batak? berkunjunglah ke Istana Sisimangangaraja situs sejarah ini merupakan tempat kediaman Raja Sisingamangaraja yang cukup populer.

Objek wisata yang masih berada di sekitaran Baktiraja tepatnya di Desa Simamora ini belum pernah direvitalisasi. Seni pahat dan ukiran yang menghiasi seluruh rumah adat tersebut kental akan sisi tradisional yang keunikannya tak bisa ditemukan di tempat lain.  

Uniknya, Istana Raja Sisingamangaraja menyimpan beragam teks-teks kuno terkait kebudayaan Batak. Dengan dominasi warna merah dan putih, terpajang juga bendera kerajaanyang dulunya digunakan oleh Sisingamangaraja. Ornamen khas berupa ukiran Batak tampak elegan dan memperkuat nilai historis.
Alamat: Desa Simamora, Kec. Bakti Raja, Kab. Humbahas, Sumatera Utara 22457
Tiket Masuk: Rp5.000
Jam Buka: 08.30 - 17.30

5. Tombak Sulu-sulu

tempat wisata di humbang hasundutan
tombak sulu-sulu
Tombak Sulu-Sulu merupakan goa batu yang diyakini sebagai asal muasal trah Raja Sisingamangaraja. Di goa ini, Raja Sisingamangaraja I lahir dengan nama kecil Manghuntal yang kemudian menjadi pemimpin pertama Negeri Bakkara.

Keunikan Tombak Sulu-Sulu ada pada bentuk goa yang ditumbuhi Pohon Sangka Madeha. Tempatnya yang berada di Desa Marbun Tonga pun cukup tersembunyi dan berada di tepian jurang. Goa tersebut juga termasuk situs budaya yang dianggap sakral oleh warga Dolok Sanggul sekitarnya.

Secara geologis, Tombak Sulu-Sulu terbentuk akibat pergerakan lempeng bumi pada 250 tahun silam. Fakta menarik lainnya, Tombak Sulu-Sulu adalah spot pertama yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba sebelum geo-site lainnya ikut terbentuk.
Alamat: Desa Marbun Tonga/Dolok, Kec. Baktiraja, Kec. Simamora, Humbahas
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 09.00 - 16.00 WIB

6. Danau Silosung dan Sipinggan

wisata humbang hasundutan
danau silosung
Selain Danau Toba, di Humbang Hasundutan masih terdapat 2 buah danau lain yaitu Danau Silosung dan Danau Sipinggan (Tao Silaban). Kedua danau tersebut memang belum optimal sebagai obyek wisata. Namun, cerita di balik terjadinya danau ini cukup menarik.

Baik Danau Silosung maupun Sipinggan menawarkan spot alam dengan nuansa sejuk. Areanya yang  dikelilingi pohon pinus merkusi menambah keasrian lokasi. Sejak dulu, warga sekitar memanfaatkan kedua danau ini untuk mengairi persawahan.

Meskipun belum dilengkapi fasilitas memadai, keelokan alamnya memang rugi jika dilewatkan begitu saja. Apalagi latar Danau Silosung dan Sipinggan cukup instagramable sehingga akan membuat foto traveling yang akan diunggah ke media sosial semakin terlihat menarik.

7. Air Terjun Sipollung

tempat wisata di humbang hasundutan
air terjun pollung
Beralih ke daerah Pakkat. Terdapat Air Terjun Pollung yang lokasi tepatnya dapat ditemukan di Desa Purba Baringin bagi kamu yang ingin berlibur ke wisata air. Agar sampai ke tempat ini, sobat perlu tenaga ekstra pasalnya akses jalan ke lokasi belum cukup memadai.

Di Air Terjun Pollung, pengunjung bisa sekedar menikmati pesona air yang jatuh dari ketinggian 20 meter dengan lebar bentangan mencapai 4 meter persegi. Kalau belum puas, bisa berenang atau memancing ikan di sepanjang aliran sungainya.

Meski berwarna kecoklatan, air terjun ini tergolong bersih. Kalau dilihat sepintas, tampilannya hampir menyerupai pantai. Karena pada tepi aliran air terjun, terdapat hamparan pasir putih yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat.
Lokasi: Purba Baringin, Kec. Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan, 22455.
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

8. Mual Aek Sitio-Tio

wisata humbang hasundutan
aek sitio-tio
Pemandian alam di Humbang Hasundutan yang ini sungguh memesona, sangat jernih dan seketika bikin pengen nyebur. Nah, mual dalam bahasa Batak berarti mata air. Ya, Sitio-Tio Bakkara ini memang sumber mata air yang keluar dari bebatuan.

Walau dengan kolam seukuran 5x5 meter dan dasarnya hanya dilapisi pasir, Mual Sitio-Tio tak kalah hits untuk dikunjungi. Menurut warga, Sitio-Tio sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Sebab itu pemerintah melakukan pemugaran.
Lokasi: Bakkara, Kecamatan Bakkara, Humbahas
Jam Buka: 09.00 - 18.00 WIB
Tiket Masuk: Rp0

9. Desa Wisata Tipang

tempat wisata di humbang hasundutan
desa tipang
Gak lengkap rasanya kalau melewatkan Desa Wisata Tipang, disini traveller bisa menjelajah sederet tempat menawan. Mulai dari Pulau Simamora yang melengkapi deretan pulau-pulau eksotis di kawasan Toba, Aek Sipangolu hingga menaiki perbukitan untuk mendapatkan jepretan foto yang kece.

Desa Wisata Tipang adalah desa yang sudah lama dikembangkan untuk menunjang sektor pariwisata Humbahas dan Dolok Sanggul. Penduduk lokal turut berpartisipasi dalam pengembangan tersebut dengan membuka sederet destinasi wisata. 

Di Tipang Mas ini pun kamu bisa mengisi perut di salah satu restoran terapung, semua menu makanan  yang tersedia diambil langsung dari perairan Danau Toba. Bakal seru kalau mencicipi makanan sambil menikmati indahnya panorama yang membentang di depan mata.
Alamat: Tipang Mas, Kec. Tipang, Kab. Humbahas
Jam Operasional: 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

10. Air Terjun Simolap

wisata humbang hasundutan
air terjun simolap via wonderlaketoba
Ingin berpetualang dan menemukan obyek wisata baru di Humbang Hasundutan? kamu harus ke Air Terjun Simolap. Air terjun bertingkat yang terletak di Desa Simatabo ini berada di Kecamatan Parlilitan. Lokasinya masuk ke area perbatasan hutan sehingga membutuhkan jiwa adventure yang kuat.

Baca: 5 Air Terjun di Danau Toba

Air Terjun Simolap sangat menawan, mengalir dari puncak gunung dan membelah hutan hijau di sepanjang sisi. Air terjun bertingkat ini sangat menyegarkan dan menciptakan panorama alami yang belum tersentuh oleh tangan jahil sama sekali.
Alamat: Desa Simatabo, Kecamatan Parlilitan, Humbahas
Jam Buka: 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

11. Tuan Nagani Paradise

tempat wisata di humbang hasundutan
image via: travelingmedan
Tuan Nagani Paradise adalah objek wisata terkini yang diresmikan pada awal tahun 2022. Destinasi yang mengangkat konsep taman rekreasi tersebut dekat dari Dolok Sanggul, hanya perlu berkendara selama 20 menit untuk tiba di sana.

Sesampainya di taman rekreasi Tuan Nagani Paradise, bermacam permainan pun sudah menanti pengunjung. Ada perahu kecil yang akan membawa wisatawan berkeliling di atas danau buatan. Disediakan pula fasilitas outbond bagi yang ingin mengadakan acara outing.

Menjelajah alam dan menyusuri ragam destinasi dari tempat wisata di Humbang Hasundutan beserta situs-situs budaya di sekitar kabupaten ini tentu akan menambah pengalaman. Jangan khawatir, sudah tersedia banyak bus dari Kota Medan menuju Dolok Sanggul. Dari ibukota Humbahas ini, kamu tinggal melanjutkan perjalanan ke kawasan yang hendak dikunjungi.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -