MASIGNASUKA101
7168738000188950837

8 Tempat Wisata di Tapanuli Selatan yang Wajib Dikunjungi

8 Tempat Wisata di Tapanuli Selatan yang Wajib Dikunjungi
Add Comments
Jumat, 02 Agustus 2019
Sebagai salah satu kabupaten tertua di kawasan Tabagsel dengan ibukota Sipirok, Tapanuli Selatan tidak boleh dipandang sebelah mata soal industri pariwisata. Luas daerahnya yang mencapai 4.000 hektar tentu menyimpan banyak destinasi menarik.

Lantaran dikelilingi Bukit Barisan, topografi Tapanuli Selatan menciptakan kontur pemandangan alam yang elok. Di dalamnya, wisata danau, air terjun, pemandian hingga budaya khas Tapsel menjadi sajian yang memesona. Karena bersebelahan dengan Tapanuli Utara dan Tengah, tidak sulit melakukan perjalanan wisata ke kabupaten yang mengusung slogan 'Sahata Saolon' ini.

Tempat Wisata di Tapanuli Selatan

Sepanjang tahun, sudah banyak tempat wisata di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara yang baru bermunculan. Deretan obyek tersebut menawarkan destinasi hits sekaligus kekinian sehingga wajib untuk dikunjungi.

1. Danau Siais yang Menawan di Rianiate

danau siais
Danau Siais merupakan danau terbesar di Tapanuli Selatan dan terbesar kedua di Sumatera Utara setelah Danau Toba. Danau seluas 4 hektar ini memang belum dioptimalkan namun jalan ke lokasi sudah mulai diperbaiki. Pemandangan landskap dan keindahan Danau Siais dijamin akan membuat Anda takjub. Suasana hijau sangat memanjakan mata.

Berada di Desa Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Siais juga dimanfaatkan warga sekitar untuk mencari ikan. Sebab itu, Anda bisa juga memancing disini. Mengenai biaya masuk, saat ini belum tiket untuk pengunjung. Nah, perpaduan alamnya dari perbukitan hingga danau di kejauhan cocok juga dijadikan latar untuk berfoto.

2. Wisata Air Parsasiran yang Jernih

parsariran
Berada di Jalan Linta Sumatera Barat, Desa Hapesong Baru dan masuk kawasan Batang Toru. Wisata Air Parsariran merupakan destinasi alam yang tepat untuk asik mandi-mandi. Alamnya yang segar dan airnya yang jernih adalah daya tarik utama yang mengundang wisatawan dari luar daerah rela berkunjung ke sini terutama di hari libur besar.

Tak banyak yang tahu, wisata Parsariran ini sebenarnya sudah hits sejak dahulu. Meski ada banyak tempat wisata baru yang muncul di Tapanuli Selatan. Parsariran tetap menggoda lantaran kejernihan sungainya yang memang sangat menawan.

3. Aek Milas Sosopan, Pemandian Belerang yang Bikin Segar

aek milas sosopan
Tidak cuma satu, nyatanya alam Tapanuli Selatan yang begitu kaya membuat kabupaten ini dianugerahi banyak pemandian belerang atau air panas. Salah satunya adalah Aek Milas di jalan lintas Tarutung - Padang Sidempuan tepatnya di Desa Pasorminan.

Merasakan hangatnya air belerang yang membalut tubuh ditambah pemandangan sawah hijau karena letaknya di kaki gunung adalah pengalaman berlibur di Aek Milas yang sudah barang tentu akan sulit terlupakan. Biaya masuknya pun cukup hemat, Anda hanya perlu mengeluarkan tiket masuk Rp10.000/orang.

4. Aek Sabaon, Wisata Sibio Bio yang Instagenik

sibio-bio
Sibio-Bio merupakan destinasi yang terdiri dari beberapa objek wisata sekaligus. Salah satu spot paling populer yaitu Wisata Alam Syaakirah The View & Resto yang menghadirkan destinasi unik berupa penginapan, taman rekreasi dan restoran di dalam satu komplek wisata yang tampak begitu instagenik.

Piknik disini terasa seru lantaran terdapat banyak sarana outbond cocok untuk dewasa dan anak-anak. Selain itu, ada juga fasilitas ATV dan live music yang tentu membuat momen traveling Anda akan terasa menyenangkan. Soal spot selfie jangan ditanya deh, kamu nggak bakal bosan sebab di sekelilingnya ada beragam spot-spot lucu.

5. Tor Simago-Mago, View Landskap Ekstra Menawan

tor simago-mago
View dari Tor Simago-Mago yang menyajikan perkampungan dan bukit hijau membentang akan membuat traveler seketika takjub. Dari dataran tinggi di Desa Huta Rakyat ini, pengunjung akan terkesima oleh pesona alamnya yang memukau mata.

Di sekeliling Tor Simago-Mago tumbuh aneka jenis pohon yang membuat udara di sekitarnya terasa sejuk. Ada juga gazebo yang bisa dijadikan tempat berteduh oleh para pengunjung. Saat matahari akan tenggelam, pendar cahaya sunset pun sangat menawan untuk diabadikan ke dalam foto. Sayang, akses menuju Puncak Tor Simago-Mago belum cukup baik.

6. Air Terjun Silima-Lima

air terjun silima-lima
Wisata air terjun di Tapanuli Selatan yang berada di Marancar ini wajib dikunjungi bagi Anda pecinta destinasi adventure. Pasalnya, tiap pengunjung harus melewati 1.170 anak tangga untuk menuju lokasi. Namun, lelah akan terbayarkan usai tiba di sini. Ya, traveler akan disajikan panorama alam eksotis.

Suasana di Air Terjun Silima-Lima masih sangat asri. Pun pepohonan tampak memadati setiap sisi Air Terjun Silima-Lima. Di bagian bawah, terdapat aliran sungai yang biasa dipakai wisatawan untuk mandi-mandi. Meski medannya cukup sulit apalagi di sisi kiri dan kanan terdapat jurang cukup dalam, Silima-Lima cukup banyak difavoritkan oleh pengunjung.

7. Muara Opu, Pantai-pantai di Tapanuli Selatan

muara opu
Destinasi selanjutnya yang perlu untuk dikunjungi adalah Muara Opu, sebuah tempat wisata laut di kawasan Batang Toru yang masih belum terjamah hingga saat ini sebab tak banyak orang tahu kalau Tapanuli Selatan memiliki deretan pantai-pantai menawan di sekitar Batang Toru.

Pasir putih dan laut luas membentang di Muara Batang Toru memang mulai banyak dilirik oleh wisatawan lokal. Tetapi aksesnya cukup jauh dari Sipirok, terpaut jarak sekitar 4 jam perjalanan melalui rute panjang Sipirok - Padang Sidempuan - Batang Toru - Muara Upu.

8. Pemandian Air Panas Padang Bujur

padang bujur
Dekat dari Tor Simago-Mago, ada sederet tempat rekreasi berupa pemandian air panas, sebut saja Air Panas Padang Bujur yang termasuk populer dan banyak direkomendasikan. Pemandian ini juga belum dikelola secara profesional. Namun sangat potensial dikembangkan sebagai tujuan wisata baru.

Baca Juga: Tempat Wisata di Mandailing Natal

Berada di Desa Paran Dolok Mardomu, Kecamatan Sipirok, Tapanuli Selatan. Destinasi tanpa biaya retribusi ini cocok untuk pemandian air hangat belerang. Di sekitarnya juga ada penjual aneka makanan ringan, seperti gorengan dan kudapan lainnya. Selain Padang Bujur, masih ada obyek wisata serupa lainnya yakni Aek Milas Parau.