MASIGNASUKA101
7168738000188950837

12 Tempat Wisata di Mandailing Natal dengan Daya Tarik Memukau

12 Tempat Wisata di Mandailing Natal dengan Daya Tarik Memukau
Add Comments
Minggu, 21 Juli 2019
Kabupaten Mandailing Natal atau Madina berada di ujung Selatan provinsi Sumatera Utara dimana Panyabungan merupakan pusat pemerintahan sekaligus sebagai ibukota.

Kelestarian dan kekayaan alam di Mandailing Natal membuat kabupaten seluas ini memiliki puluhan destinasi. Dari danau, cagar alam, wisata pantai dan juga gunung dengan daya tarik memukau.

Tempat Wisata di Mandailing Natal

Terpaut jarak sekitar 462 kilometer dari kota Medan dan dapat diakses dengan transportasi udara berupa pesawat dari Kualanamu. Tersedia juga transportasi darat yakni bus lintas sumatera dengan durasi perjalanan sekitar 11 jam. Berikut ini destinasi di Mandailing Natal yang dapat sobat travelingmedan.com kunjungi untuk tujuan berlibur.

1. Taman Raja Batu

taman raja batu
Raja Batu merupakan taman buatan terbesar di Mandailing Natal yang dekat dari komplek perkantoran Bupati Payaloting Panyabungan. Destinasi ini tak jauh dari pusat kota sehingga mudah dijangkau. Taman Raja Batu menawarkan pemandangan pengunungan yang menawan dan tampak seperti mengepung.

Di spot wisata Mandailing Natal tersebut tersedia juga wahana berfoto yang unik bernama Beranda Madina. Dari spot ini, pengunjung dapat melihat pemandangan di bawah karena lantainya terbuat dari kaca tembus pandang.

Jika ingin menyaksikan landskap menawan lain, cobalah ke Panatapan. Dari spot tersebut, Indahnya kontur alam hijau diselang-selingi aliran sungai yang meliuk tampak ekstra instagenik di kejauhan. Membidik momen sunrise dan sunset disini akan membuat traveler terkesima.

2. Tapian Siri-Siri Syariah

taman siri-siri syariah
Masih seputar Wisata kota Panyabungan, spot liburan untuk keluarga bernama Tapian Siri-Siri Syariah termasuk baru dibuka oleh Pemko Madina sebagai tempat rekreasi. Sebelumnya, Tapian Siri-Siri Syariah adalah hutan belantara.

Berada di daerah Parbangunan, Tapian Siri-Siri dihias dengan aneka jenis pohon. Pun lokasinya yang berada di bantaran sungai menciptakan suasana nyaman dan teduh. Apalagi di sekitarnya sudah dilengkapi tempat duduk dan rumah kecil untuk bersantai.

Tempat rekreasi keluarga ini sudah memiliki fasilitas lengkap seperti gazebo (pondok) dan beragam spot selfie serta pemandian sungai

3. Gunung Sorik Marapi

sorik marapi mt
Sorik Marapi merupakan gunung terbesar ke-3 di Sumatera Utara. Meski berstatus aktif, gunung yang memiliki ketinggian mdpl ini masih aman untuk didaki. Rute pendakian biasanya dimulai dari Desa Sibanggor Julu dan memakan waktu sekitar 11-12 jam.

Baca Juga: Tempat Wisata di Humbang Hasundutan

Topografi dan kondisi geografis Sorik Marapi sangat terjaga dikarenakan gunung ini merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG).  Di puncak Sorik Marapi, terdapat kawah menyerupai danau berwarna biru.

4. Batang Gadis National Park

batang gadis
Hanya ada 2 taman nasional di Sumatera Utara yang disahkan oleh kementerian yaitu Leuser Park dan Batang Gadis National Park. Sama seperti taman nasional lainnya di Indonesia, ekosistem di Batang Gadis dijaga ketat untuk melindungi flora maupun fauna yang tinggal di dalamnya.

Di Batang Gadis, pengunjung dapat melakukan lintas alam dan mengeksplor beberapa obyek wisata yang membentang di lahan seluas seperti Danau Saba Begu dan Desa Wisata.

5. Pemandian Air Panas Sibanggor

sibanggor
Bagi masyarakat Madina dan Tapsel, Sibanggor sudah sejak lama menjadi tempat berlibur favorit baik sebelum maupun sesudah kedua kabupaten tersebut berdiri sendiri (dimekarkan).

Air Panas Sibanggor sudah dikelola dan bilik pemandiannya dipisah. Asal sumber mata air belerang Sibanggor diketahui berasal dari Sorik Marapi. Selain dijadikan pemandian alam, Sibanggor juga punya panorama menarik, apalagi dekat dari lokasi pemandiannya ada sungai yang mengalir.

6. Payabulan

payabulan
Berada di Desa Pangkat, Kec. Lembak Sorik Marapi, Payabulan merupakan destinasi baru di Mandailing Natal yang hits beberapa waktu terakhir usai dijadikan lokasi syuting film "Biola Namabugang".

Hamparan rumput hijau di tepi Danau Payabulan dimanfaatkan pengunjung untuk duduk bersantai sambil menikmati panorama eksotis dari Tor Sihite, sebuah perbukitan yang gagah menjulang. Danau ini memang tak luas, namun karena posisinya yang seolah membelakangi Tor Sihite, membuat Payabulan memiliki view yang cukup menarik.

7. Wisata Sampuraga

sampuraga
Pernah dengar cerita rakyat Sampuraga? legenda ini juga ada di Mandailing Natal tepatnya di Desa Sirambas. Alkisah, keluarnya air panas di sekitar kawasan Sirambas ini akibat perbuatan anak yang tak patuh terhadap sang ibu sehingga mendapatkan kutukan.

Walau kurang terawat, Wisata Sampuraga wajib dikunjungi terutama bagi traveler yang tertarik terhadap keberadaan destinasi yang dibarengi dengan legenda di baliknya.

8. Bukit Muhasabah

bukit muhasabah
Tak berlebihan rasanya jika menjuluki Muhasabah sebagai spot terbaik dengan klasifikasi bukit pandang yang menyajikan pemandangan keren ke segala penjuru. Berada di Desa Sipaga-Paga, bukit ini cukup unik, di sekelilingnya terdapat batu berukuran raksasa yang sengaja dibuat sebagai daya tarik.

Baca Juga: Tempat Wisata di Tapanuli Utara

Sayangnya, jalan ke puncak Bukit Muhasabah belum sepenuhnya memadai. Pengunjung harus ekstra hati-hati saat melewati jalan terjal yang belum diaspal. Tetapi setelah tiba di puncak, bersiaplah untuk terkesima akan pemandangan yang memanjakan mata.

9. Pemandian Air Panas Huta Raja

hutaraja
Ingin menikmati sensasi mandi air panas? jangan melewatkan Pemandian Air Panas Huta Raja. Selain masih alami, obyek wisata di Madina ini juga cukup luas sehingga para pengunjung dapat leluasa memilih tempat pemandian.

Uniknya, traveler bisa menyaksikan air panas yang keluar dari bebatuan dan mengalir. Uniknya, air ini jernih dan bersih. Salah satu spot pemandian terbaik di kawasan Mandailing Natal ini berada di Desa Huta Raja, Panyabutan Selatan dan tiket masuknya gratis.

10. Taman Pantai Barat

taman pantai barat
Merupakan pantai dengan garis terpanjang di Sumatera Utara, Pantai Barat merupakan kawasan wisata laut di Kecamatan Natal yang terus berbenah untuk mendongkrak sektor pariwisata bahari. Hal ini terlihat dari ragam fasilitas yang sudah dikembangkan.

Dengan konsep taman di tepi laut, Pantai Barat yang berada di Taluk, Natal paling banyak direkomendasikan. Selain bermain pasir dan menyusuri pantainya, di Pantai Barat pun berjejer pohon kelapa sehingga membuat atmosfer sekitarnya terasa begitu teduh.

11. Pantai Batu Badaun

pantai badaun
Jarang dikunjungi wisatawan menjadi alasan mengapa keasrian Pantai Batu Badaun masih terjaga dan sangat asri. Wisata tersembunyi di Mandailing Natal ini sekaligus menjawab keinginan traveler yang ingin menemukan spot menarik namun sepi dari pengunjung sehingga bisa berlibur lebih leluasa.

Berada di Desa Sikapas, Pantai Batu Badaun menghadirkan panorama laut luas yang membentang. Pantai ini banyak diincar karena keunikan batu yang ditumbuhi pepohonan, menjorok ke tengah laut dan kerap dijadikan latar berfoto.

12. Lubuk Larangan

lubuk larangan
Hampir di seluruh aliran sungai Batang Gadis dijadikan sebagai lubuk larangan. Sebutan Lubuk Larangan merujuk kepada kawasan yang ikannya dilarang untuk diambil secara sembarangan. Biasanya, lubuk akan dibuka (dipanen) bersama-sama 1 kali dalam setahun.

Dari sekian banyak desa di Mandailing Natal yang sarat akan tradisi Lubuk Larangan, Desa Padang Bulan di Kotanopan ini cukup terkenal dan rutin mengadakan tradisi tersebut. Nah, saat lubuk larangan dibuka, selain masyarakat setempat, para pengunjung diperkenakan untuk ikut memanen.

Jadi, sobat Traveling Medan sudah siap untuk menjelajah keindahan alam dan panorama memukau di Mandailing Natal?