MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Kepoin Kebun Teh Sidamanik dan Bah Biak Yuk, Ga Jauh dari Siantar Lho

Kepoin Kebun Teh Sidamanik dan Bah Biak Yuk, Ga Jauh dari Siantar Lho
Add Comments
Sabtu, 30 November 2019
Tour ke Siantar jangan lupa singgah di Sidamanik yang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Simalungun. Kenapa? soalnya di daerah tersebut terdapat objek wisata terkenal yaitu Kebun Teh Sidamanik dan pemandian Air Terjun Bah Biak.

Kebun Teh Sidamanik adalah area perkebunan teh hijau yang menarik dengan pemandangan indah. Lantaran berlokasi di daerah puncak, maka udara di Bah Butong ini pun sangat segar dan dingin. Yuk, kepoin apa isi dari PT Perkebunan Nusantara IV tersebut.

Perjalanan ke kebun teh di Sumatera Utara ini dijamin asik. Hampir dari semua wilayah ada aksesnya ke sana, termasuk Medan dan Pematangsiantar. Biasanya nih, orang pada pergi ke sana bukan cuma ingin menengok kebun teh itu saja lho! soalnya masih banyak rekomendasi wisata di Sidamanik yang spot-spotnya ga kalah keren seperti Air Terjun Bah Butong dan Danau Rawang.
sidamanik tea plantation located in simalungun, a huge place for holiday

Tapi, ulas khusus Kebun Teh Sidamanik saja dulu ya

Membahas sejarahnya, perkebunan di Simalungun ini mulai diolah oleh Belanda sejak beberapa dekade silam. Jadi tak perlu bertanya lagi deh mengapa banyak suku Jawa di daerah tersebut. Yap, mereka adalah orang-orang yang didatangkan dari Pulau Jawa untuk bekerja di situ.

Usai Indonesia merdeka, kebun teh hitam yang merupakan terluas di Pulau Sumatera ini jatuh ke tangan Indonesia. Otomatis, kepemilikannya beralih ke Republik Tanah Air tercinta.

Semula, tempat ini bukanlah destinasi wisata. Namun, keindahan hamparan permadani hijau itu menjadi magnet bagi masyarakat lokal untuk menghilangkan rutinitas. Boleh diakui, kebun teh Bah Butong dan PTPN 4 memang paling asik untuk menyendiri. Selain tenang, hijaunya permadani alamnya pun bikin suasana hati yang galau lekas terobati dan menjadi tenang.

Lama-lama, objek di Sidamanik ini pun semakin ramai dikunjungi oleh pelancong. Mereka tak hanya datang dari sekitaran Siantar saja tapi juga luar kota. Hal itu terjadi setelah foto atau gambar perkebunan teh ini banyak diunggah ke sosial media.
kebun-teh-sidamanik
kebun teh sidamanik
Menjelajah daerah wisata tersebut bakal bikin lutut capek sangking luasnya. Agar kejadian itu tidak sampai menimpa sahabat travelingmedan.com, berdiri saja di tepi jalan dan pilih spot paling instagenik. Nah baru deh langkahkan kaki ke tempat itu untuk berfoto.

Asiknya berliburan ke sini semakin bertambah karena tidak ada biaya masuk ke Kebun Teh Sidamanik lho! Misalnya ada yang meminta uang retribusi, tak perlu dilayani. Pungli memang jadi masalah berat kalau bicara soal objek wisata. Tak cuma gerbang, di jalan besar saja pun ada saja yang minta sumbangan.

Barangkali sudah puas menikmati hijau alam di kebun teh? lanjut yuk ke objek wisata indah lainnya di Sidamanik ini.

Air Terjun Bah Biak

Di persimpangan jalan, akan ada plang bertuliskan Air Terjun Bah Biak. Petunjuk arah itu akan membawa kamu ke air terjun satu-satunya di Sidamanik. Dari simpang ke dalam hanya 15 menit saja, mobil dan kendaraan lainnya bisa masuk kok.

Air Terjun Bah Biak adalah spot wisata terbaik dan paling menyenangkan untuk jejeguran. Airnya jernih dan mengalir dari balik perbukitan di atasnya. Nah, perlu tiket masuk sebesar Rp5.000 kalau mau main dimari. Cukup murah, setidaknya bisa re-charge stamina sebelum pulang ke rumah.

Bonus lagi, traveler pun dapat mengunjungi objek lain yaitu Danau Rawang yang terletak di tengah-tengah perkebunan. Hanya saja kamu wajib untuk tidak terlalu berharap tinggi mengenai keindahannya karena danau rawang merupakan bekas dari kerukan tanah yang diisi oleh air hujan.

Sudah cukup kepoin wisata di Kebun Teh Sidamanik seharian, saatnya balik ke Siantar untuk beli oleh-oleh!