MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Bukit Sipolha dan Pulau Hole, Gigantik Toba dari Sisi Horison

Bukit Sipolha dan Pulau Hole, Gigantik Toba dari Sisi Horison
Add Comments
Selasa, 04 Februari 2020
Lokasi: Desa (Nagari) Sipolha Horison, Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun. Tiket Masuk: Rp5.000 per pengunjung. Bermalam: Rp10.000.

Kepikiran camping di Toba tapi nggak mau ambil destinasi yang sudah famous? Atau, sedang mencari tempat berkemah nuansa pinggir danau dengan panorama memesona yang asri. Mungkin, yang tersembunyi ini patut dicoba. Yap! apalagi kalau bukan bukit Sipolha.
bukit sipolha
Bukit Sipolha merupakan sebuah bukit di Simalungun dengan tinggi -/+ 800 mdpl. Terletak di desa Sipolha Horison, Kecamatan Pematang Sidamanik. Lama perjalanan ke lokasi kalau ditempuh dari Siantar sekitar 2 jam saja. Terserah sih mau naik apa, jelasnya akses ke sana tak terlalu bagus. Disarankan pakai kendaraan yang rodanya dua.

Lokawisata ini bukanlah sesuatu yang baru atau lagi happening di kalangan traveler lho. Bahkan sudah menjadi tujuan berlibur warga Sumatera Utara semenjak dahulu. Siapa nggak penasaran? selain menyuguhkan lukisan alam, teman Traveling Medan tak akan jemu menyibak ekostika lain di tempat ini yaitu tugu ikan mas dan pulau Hole.

1. Bukit Sipolha

sipolha
sipolha
Tak banyak orang mengetahui bahwa Sipolha adalah bagian dari jalan lingkar danau Toba di sisi kawasan kab. Simalungun.

Namun, bagi yang hapal daerah ini dan hobi touring, biasanya mereka paham bagaimana cara terbaik untuk mempersingkat durasi perjalanan dengan mengambil jalan potong via Sipolha Horison bila ingin tembus ke Haranggaol dari arah kota Parapat.

Begitu juga dengan teman TM, seandainya punya ambisi untuk merengkuh beberapa destinasi Toba di seputaran wilayah Simalungun dan bisa dilakukan hanya dalam 1 kali trip, tips tersebut di atas sepertinya layak dipertimbangkan.

2. Pesona Pulau Hole

pesona pulau hole dipandang dari bukit sipolha
Tatkala sampai di puncak bukit, mata akan tertuju ke sebuah daratan kecil, luasnya lebih kurang 10 meter persegi. Lokasinya tak terlalu jauh dari tepi danau dan hanya berjarak 190 meter. Oleh penduduk, daratan tak berpenghuni itu disebut Pulau Hole.

Pulau Hole menjadi satu-satunya wisata pulau di Simalungun. Kita dapat mendekati objek tersebut dengan menyewa kapal nelayan. Usai membayar biaya sewa sekitar Rp10 ribu per orang, nantinya pengunjung dibawa untuk mengelilingi pulau dan melihat keelokannya dari dekat.

Seluruh permukaan pulau itu ditumbuhi semak belukar. Sama seperti pulau lainnya di seputaran Toba, daratan itu terbentuk akibat pergeseran lempeng bumi yang terjadi ratus ribu tahun silam. Fakta itu diperkuat dengan temuan bebatuan di sisi pulau yang telah mengalami proses alam.

3. Aktivitas di Sipolha

Dari tempat parkir yang disediakan oleh pengelola. Kita perlu berjalan sekitar beberapa menit untuk bisa menginjakkan kaki di dataran tinggi itu. Keelokan alam yang terbentang membuat kita tak sabar untuk berfoto. Tidak harus pakai kamera dslr, meskipun hanya menggunakan handphone biasa, pemandangan yang diabadikan tak kalah bagus.
tugu ikan mas danau toba image via acon damanik
Wujud alam yang memesona ini asik untuk kegiatan berkemah. Pasalnya, permukaan tanah di bagian puncak cukup rata untuk mendirikan tenda. Tambah lagi, angin yang berhembus tidak terlalu kencang. Hanya saja harus bawa perlengkapan sendiri karena di sini tidak tempat penyewaan tenda.

Pun, ikan danau Toba tentu nikmat untuk disantap. Makanya, jangan lupa membawa alat pancing beserta umpan. Tempat ini diklaim jadi sarangnya ikan endemik air tawar seperti jahir, pora-pora maupun nila. Kalau tidak mau ribet, bisa beli dari penduduk setempat.

Merilekskan otot, berendam di pinggir danau dengan temperatur dingin tentu menjadi aktivitas yang sayang jika dilewatkan. Kegiatan itu dapat dilakukan di pantai yang letaknya hanya sepenggalah di bawah perbukitan.

Jam Buka dan Tiket Masuk Bukit Sipolha

Murah, biaya masuk hanya bermodalkan bayar parkir yaitu Rp 5.000 per kendaraan motor. Apabila hendak bermalam, maka kocek yang perlu dikeluarkan adalah Rp10.000.

Objek wisata ini dibuka selama 24 jam. Misal berangkat malam dari kota Medan, tak perlu khawatir karena kawasan tersebut terpantau aman.

Gigantik Toba yang ditawarkan oleh bukit dan pulau di Pematang Sidamanik ini memang memberikan sensasi lain.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -