MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Lokasi dan Tiket Masuk Geosite Sipinsur, Taman Bumi Danau Toba di Paranginan

Lokasi dan Tiket Masuk Geosite Sipinsur, Taman Bumi Danau Toba di Paranginan
Add Comments
Sabtu, 07 Desember 2019
Geopark atau geological park merupakan sebutan untuk destinasi di dunia dan Indonesia yang diproritaskan menjadi taman bumi. Salah satu diantaranya terdapat di Sumatera Utara yakni Kaldera Toba yang terdiri dari beberapa geosite meliputi Sipinsur, Haranggaol, Parapat dan lainnya.

Sipinsur merupakan warisan geologi dari Danau Toba yang terletak di dataran tinggi Parulahon, Humbang Hasundutan. Kawasan tersebut dinilai potensial sebagai tujuan geowisata lantaran memiliki unsur pendidikan dan konservasi.

Meski belum sah menjadi geopark dunia seperti Taman Batur dan Gunung Sewu. Namun, Danau Toba dan 16 geosite di dalamnya terus dibenahi. Agar nantinya siap kembali diajukan ke UNESCO sebagai geological park. Jika harapan itu terwujud, maka kecantikan Toba sebagai destinasi berkelas dunia akan semakin terpancar.
sipinsur is a breath-taking destination in paranginan hill humbahas via wonderlaketoba
Geosite Sipinsur adalah kawasan heritage alam yang terhampar di perbukitan Paranginan, Humbahas. Keindahan yang dimiliki oleh destinasi itu bahkan sudah dinikmati oleh berbagai kalangan, termasuk Presiden Jokowi yang menyempatkan diri singgah di sana saat berkunjung ke Tapanuli.

Lantas, keindahan seperti apa yang ditawarkan oleh taman bumi di Sumatera Utara ini?

Jika pertama kali menginjakkan kaki di sana, pelancong dijamin terpesona oleh panorama luar biasa yang menyuguhkan dua objek indah sekaligus, yakni cekungan perairan bekas letusan gunung dan Pulau Sibandang di atasnya.

Supaya pengunjung lebih leluasa melihat eksotika itu, maka sudah dibangun beberapa gazebo dan spot pandang di beberapa titik ketinggian.

Tak lupa, pohon pinus yang tumbuh di ketinggian Toba ini pun ikut menyumbang nuansa alami. Walau angin tak bertiup, udara seolah tak henti menebarkan sensasi dingin ke sekujur tubuh.
as one of geosite in kaldera toba geopark, sipinsur has panoramic view from highland via wonderlaketoba
Penikmat alam yang hobi berkemah pun diberikan izin untuk memasang tenda di bawah pohon-pohon pinus. Camping di sana dipastikan aman pasalnya gerbang selalu buka dan dijaga oleh pengelola selama 24 jam.

Pengelolaan geosite tersebut sudah sangat profesional. Sebagai tujuan wisata taman bumi maka fasilitas telah terpenuhi dengan baik. Dari toilet, penginapan kecil hingga sederet wahana permainan untuk anak-anak dapat dijumpai.
Baca Juga: Bukit Indah Simarjarunjung
Perjalanan ke Sipinsur biasanya menghabiskan waktu 8 jam dari Kota Medan. Tapi tersedia layanan pesawat udara dari berbagai destinasi yang nantinya akan mendarat di Bandar Udara Sisingamangaraja XII (Silangit Airport) Tapanuli Utara. Dari bandara itu, hanya sekitar 2-3 perjalanan lagi supaya sampai ke Paranginan.
this fine forest is a best place for holiday in lake toba
Tiket masuknya pun relatif murah, berbekal biaya Rp5.000 saja tamu sudah diberikan waktu sepuasnya untuk menikmati seluruh wahana dan memandang segala objek alam di geosite tersebut tanpa batasan waktu.

Destinasi otentik geosite sipinsur ini tidak akan mengecewakan momen liburan teman travelingmedan.com, gambar di foto maupun aslinya sama sekali tidak jauh berbeda. Berpetualang menuju destinasi taman bumi tentu akan memberikan pengalaman traveling yang mengesankan.