Nih 7 Oleh-oleh Khas Medan yang Wajib Kamu Bawa Pulang

oleh-oleh dari medan
Traveling ke Medan atau sekitar Sumut pasti bikin kamu berpikir tentang oleh-oleh istimewa apa saja yang menarik untuk dibawa pulang usai liburan. Selain hunting aneka suvenir seperti gorga dan ulos, beragam minuman serta makanan khas dari Sumut bisa kamu jadikan sebagai buah tangan terbaik.

Nah, kali ini kami kami akan membantu kamu agar tidak kelimpungan saat mencari oleh-oleh khas Medan dan Sumatera Utara yang dapat kamu di pusat ibukota provinsi.

1. Terpopuler Nih, Bika Ambon

bika ambon
Paling iconic, ada Bika Ambon yang sudah sangat melegenda sebagai makanan khas asli Medan. Karena begitu fenomenal, Bika Ambon bisa kamu beli di banyak toko roti/kue di Kota Medan. Salah satu Bika Ambon paling terkenal di Medan adalah merek Zulaikha nih sob!

Nah, sejarah Bika Ambon ini cukup beragam. Berdasarkan penelusuran, penamaan Bika Ambon berasal dari kata Bingka dan Bika. Bika Ambon disebut sebagai hasil kreasi baru dari panganan Suku Melayu ini yang diproses berbeda dengan menambahkan tuak atau nira sebagai pengembang.

2. Durian Medan

durian medan paten
Tidak hanya traveler, setiap selebriti yang datang ke Medan pasti tak lupa hunting durian lho. Sangking luasnya pangsa pasar makanan ini, di Medan sudah banyak cafe atau tempat kuliner yang khusus menyediakan durian tanpa memandang lagi musim atau tidak. Sebut saja Durian Medan Paten, Ucok Durian hingga Durian Si Bolang.

Baca: 12 Tempat Wisata di Karo yang Menarik, Unik dan Recommended

Bocoran nih, durian Sidikalang sebenarnya paling mantap sob, kamu harus cicipi. Agar tidak mengganggu penumpang pesawat atau enggak terlalu ribet, kamu bisa membawa durian tanpa kulit atau yang sudah dijadikan pancakage.

3. Resep Nenek Moyang

resep nenek moyang
Meski tergolong baru, Resep Nenek Moyang sudah sangat diminati wisatawan lho sobat traveler. Rasanya jangan ditanya deh! endes. Makanan berupa kue ini tersedia dalam beragam jenis. Asyiknya, kamu bisa memilih topping sesuai selera serta beragam varian lainnya seperti matcha chocomaltine, matcha crunchy atau matcha ovomaltine.

Untuk membeli Resep Nenek Moyang, kamu bisa langsung ke tokonya yang beralamat di Komplek Wartawan jalan Beringin No 9, Medan.

4. Bolu Meranti

bolu meranti
Seumuran dengan Bika Ambon nih! Soalnya kedua makanan ini paling banyak dicari oleh wisatawan nusantara. Ciri khas Bolu Meranti ini terletak pada teksturnya yang lembut ditambah rasa yang lezat sehingga sangat digemari oleh masyarakat.

Perlu kamu ketahui, Bolu Meranti ini pertama kalinya di buat oleh Ai Ling, sosok entreperenur yang membesarkan nama 'Bolu Meranti' hingga sekarang.

5. Lemang Tebing Tinggi yang Bervariasi

boi lemang tebing tinggi
Pernah dengar istilah kota lemang? Jika kamu sedang berada di Sumut. Julukan tersebut mengarah ke Kota Tebing Tinggi. Ya, kota ini punya beragam jenis Lemang, mulai dari pulut hingga durian. Sebab itu pula pemerintahan kota ini sering mengadakan event kuliner, mengajak masyarakat untuk mengkreasikan panganan Lemang dengan beragam cita rasa.

6. Rambutan Binjai dan Aneka Olahan

rambutan binjai
Ada banyak tempat wisata di Langkat yang sering jadi incaran para turis, sebut saja Tangkahan dan Bukit Lawang. Untuk menuju kabupaten ini, kamu akan melewati Kota Binjai yang dijuluki juga sebagai kota rambutan.

Baca: Keren Nih, Ada 12 Tempat Wisata di Batubara yang Menarik untuk Dikunjungi

Buah ini sudah terkenal, bahkan banyak pula yang mengembangbiakkannya hingga ke Pulau Jawa. Jika sedang musim, Rambutan Binjai akan melimpah ruah dan banyak dijajakan alias diperjual-belikan di tepi jalan. Namun, kini sudah tersedia beragam olahan buah rambutan di Binjai, dari manisan hingga kue.

7. Kopi Sidikalang

lemang tebing tinggi
Bagi para pecandu kopi, kamu wajib banget coba Kopi Sidikalang.Cita rasa nikmat dan aroma harum membuat Kopi Sidikalang digemari hingga di luar negeri. Tidak harus pergi ke Dairi untuk menemukan Kopi Sidikalang karena sudah ada beberapa gerai souvenir di Medan yang menyediakan produk khas Dairi ini.

7 oleh-oleh khas di atas sudah bisa menandakan kamu memang benar habis liburan ke Sumut dan Medan kok sobat. Yakin deh, kalau bawa makanan di atas, orang bakal percaya.