MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Dekat ke Siantar, 7 Air Terjun di Simalungun Asik untuk Nyebur

Dekat ke Siantar, 7 Air Terjun di Simalungun Asik untuk Nyebur
Add Comments
Selasa, 11 Februari 2020
Piknik asik ke air terjun menjadi wacana berlibur pilihan saat akhir pekan. Selain menyegarkan, indahnya pesona alam yang terpancar dari ketinggian tentu membuat hati terpikat. Pun, seru juga untuk berenang sekaligus bersantai.

Simalungun sendiri adalah surganya wisata air terjun, jumlahnya pun tidak terhitung sangking banyaknya. Bukan cuma keren dan unik,  beberapa air terjun pun berada tak jauh dari Pematang Siantar sehingga lokasinya mudah diakses.

Nah, berikut adalah 7 air terjun di Siantar dan Simalungun yang elok, dari yang tertinggi sampai terindah. Semua daftar air terjun di bawah ini memiliki pemandangan unik, sebagian lagi masih tersembunyi.

1. Air Terjun Katasa

air terjun katasa, simalungun - image via @dika_maulana16
Air Terjun Katasa merupakan objek wisata alam berwujud air terjun yang terletak di Desa (Nagori) Buntu Bayu, kecamatan Hatonduhan, Simalungun. Daerah itu berjarak sekitar 30 km, tidak terlalu jauh sih kalau mengambil rute via Siantar.

Jalur trekking yang panjang dan menantang membuat air terjun kembar di Hatonduhan ini bak tersimpan di antara lebatnya perkebunan sawit. Namun, lelah itu akan terbayarkan setelah sampai di tempat. Di sini, kita akan menjumpai sesuatu yang unik lho traveler, yakni sebuah pulau pasir di tengah aliran sungai.

Tidak itu saja, tepat di atas air terjun terdapat sebuah jembatan tua. Kerennya lagi, infrastruktur yang dibangun pada masa Belanda tersebut masih kokoh. Tambah lagi, jembatan bergaya klasik itu tetap digunakan oleh penduduk setempat hingga sekarang.

2. Air Terjun Tonduhan

air terjun tonduhan, saribu asih, buntu kode - image via dany rama/fb
Jika singgah di Seribudolok, cobalah berkunjung ke daerah kecamatan Saribu Asih. 29 kilometer dari kota kecil itu, tepatnya di Desa Buntu Kode, sebuah destinasi petualangan yang cantik dan tersembunyi sudah menunggu yakni Air Terjun Tonduhan.

Tempat wisata terindah di Saribu Asih ini memang sudah terkenal. Meskipun air terjun berketinggian kurang lebih 80 meter tersebut baru ditemukan, tetapi bukanlah penghalang bagi pengunjung. Pasalnya, jalan ke lokasi sudah sangat memadai.

Eksotika wisata air ini dapat dinikmati melalui beberapa rute. Titik terdekatnya adalah Saribu Dolok dan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun. Kalau dari Medan jauh lebih lama, kurang lebih 5 jam. Tapi bisa dipersingkat dengan memakai sarana jalan tol.

3. Liang Ni Hormin

air terjun raya kahean, simalungun - image via arif manday
Mengeksplor tempat wisata di Raya Kahean maka Liang Ni Hormin jangan lupa untuk didatangi. Berlokasi di Harangan Sokkur, Nagori Banggal, Simalungun. Goa yang di dalamnya terdapat air terjun ini belum banyak dikunjungi wisatawan.

Air terjun dengan tinggi 15 meter tersebut muncul dari atas goa Liang Ni Hormin. Teman TM juga akan menemukan keunikan lain, sebuah tangga berbentuk terbalik yang terlihat sedikit aneh. Kondisi airnya sendiri cukup jernih dan bersih sehingga cocok untuk mandi-mandi.

Bebatuan besar yang mengapit objek wisata di Kecamatan Raya Kahean itu pun tidak kalah menarik lho. Dinding batu yang hitam dengan back ground air terjun bagus untuk berfoto. Boleh dibilang kalau tempat ini adalah salah satu air terjun paling unik di Simalungun.

4. Air Terjun Binanga Bolon

air terjun binanga bolon - image via muhammad fiqri
Binanga Bolon merupakan perpaduan dua buah kata yaitu binanga dan bolon. Secara harfiah, dalam bahasa Simalungun berarti air yang besar. Uniknya, nama objek wisata tersebut sedikit mirip dengan air terjun turbo sehingga kerap disangka sama.

Penampakan Binanga Bolon memang sungguh cantik. Berdiri di depan air terjun yang terletak di Desa Purba Pasir otu akan membuat pengunjung terpesona hingga beberapa menit. Sensasi alam yang apik bercampur percikan air yang dibawa oleh udara membuat atmosfer sekitar begitu dingin.

Rute ke air terjun di Haranggaol ini esktra berat. Bila berangkat dari Kota Siantar, butuh waktu 3 jam lebih. Tidak hanya butuh kehati-hatian, lokasinya yang terpencil dan berada di lereng bukit menjadikan Air Terjun Binanga Bolon masih epik dengan keasrian alamnya.

5. Bah Biak

air terjun bah biak
Lantaran tak ada air terjun di Simarjarunjung, maka Bah Biak, air terjun di sekitar Siantar yang asik untuk nyebur ini pun kerap disinggahi wisatawan.

Terletak di seputaran Bah Butong, air terjun ini mungkin sudah sangat familiar bagi pengunjung yang sedang melintas hendak ke Danau Toba dan Kebun Teh Sidamanik. Spot alam tersebut sekaligus menjadi air terjun paling populer di Simalungun.

Kendati tidak terlalu tinggi, air terjun ini sangat direkomendasikan sebagai destinasi wisata keluarga. Menyajikan suasana alam yang terlihat begitu hijau dengan pemandian alami tepat di bawah air terjun. Tak cuma asik buat nyebur, fasilitas di sana pun sudah komplit sehingga nyaman untuk setiap kalangan.

6. Air Terjun Jambuara

air terjun jambuara
Air terjun bertingkat di Simalungun ini sedang hits beberapa tahun terakhir. Bak primadona wisata alam baru, Jambuara Indah merupakan air terjun yang memiliki karateristik bebatuan. Airnya sendiri bersumber dari hutan lebat di bagian puncak.

Jambuara Indah punya genangan air berbentuk kolam di bawahnya. Oleh pengunjung, kolam renang alami itu kerap dimanfaatkan untuk berendam. Sempat viral di sosial media, eksistensi air terjun di Desa Buntu Bayo mulai hits semenjak tahun 2015 lalu.

Wisata tersebut menarik perhatian karena menawarkan keindahan air terjun dan dikelilingi pula oleh hutan alami. Karenanya, lebih asik kalau dikunjungi saat siang hari. Membasuh muka dengan air tersebut sangat menyegarkan. Tak lupa, view eksotis itu sangat instagramable sehingga menarik untuk diabadikan lewat jepretan kamera.

7. Air Terjun Bah Salak

bah salak - image via radit manalu/yt
Menghabiskan waktu libur dengan berwisata di Kecamatan Tapian Dolok merupakan aktivitas yang tak akan mudah terlupakan. Selain Bah Alip, menyusuri destinasi air terjun Bah Salak menjadi petualangan seru yang sejatinya sayang dilewatkan.

Air Terjun Bah Salak adalah destinasi air dengan view yang menawan. Berbentuk tirai dan membentang di atas bubusan selebar sekitar 4 meter. Nah, aliran sungai ini nantinya dipakai objek wisata lain yaitu pemandian Tangkahan Raja Simalungun.

Keseluruhan air terjun di Simalungun di atas tidak pernah kering meskipun sedang musim kemarau panjang. Jadi tatkala dikunjungi, wisatawan dapat nyebur dan menikmati pesona alamnya yang asik.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -