MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Ketahui 5 Fakta Tao Silalahi Sebelum Berkunjung, Destinasinya Epik!

Ketahui 5 Fakta Tao Silalahi Sebelum Berkunjung, Destinasinya Epik!
Add Comments
Kamis, 06 Februari 2020
Jalan panjang, tekongan, curam sampai berliku menjadikan Tao Silalahi sulit dikunjungi. Apalagi akses ke sana sering terkendala longsor. Tambah pula dengan mitos misteri tak terbukti yang menakut-nakuti pengunjung. Tetapi itu dulu, sekarang destinasi di sebelah utara Toba ini malah digemari para penikmat panorama alam.

Tao Silalahi sendiri merupakan daerah destinasi yang identik dengan julukan lokawisata populer. dari pantai perkemahan, situs budaya, tugu hingga tempat penyelenggaraan berbagai festival seni. Terpaut 365 kilometer dari Medan dan berada di salah satu lembah Danau Toba yakni Desa Silalahi, Kec Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Tao Silalahi

Banyak fakta luar biasa tersimpan yang seyogianya perlu diketahui sebelum berkunjung ke sana. Berikut travelingmedan.com uraikan satu per satu.

1. Sejarah Tao Silalahi

tao silalahi
Maksud Tao Silalahi setidaknya bisa dipilah dari 2 akar suku kata yang membentuk nama daerah itu. Di mana "tao" secara terminologi berarti danau. Sedangkan, Silalahi menyatakan lokasi perkampungan.

Bisa saja sebagian besar orang luar akan menduga bahwa tao Silalahi dan Toba itu dua danau yang berbeda. Tapi pada faktanya tidaklah demikian. Seperti diketahui, lebarnya perairan vulkanik tersebut membuat beberapa wilayah kecipratan pesonanya. Termasuk Dairi, danau Toba terletak di 7 kabupaten sekaligus.

Sampai di sini, tak perlu bingung lagi kenapa orang Batak sering menyebutkan tao terhadap danau Toba.

2. Titik Terdalam Danau Toba?

titik terdalam di danau toba
Beberapa situs dan media arus utama mewartakan bahwa kedalaman tao ini mencapai angka 2952.76 kaki atau 900 meter. Lantas, teman TM pasti bertanya-tanya dong, apakah benar demikian?

Berdasarkan pernyataan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Limnologi yang sudah mengadakan pengukuran batimetri di berbagai titik lokasi. Maka lembaga kredibel itu justru menyebutkan fakta titik terdalam danau Toba adalah 508 meter.

Hal tersebut tentu sekaligus mematahkan kesimpang-siuran yang beredar setelah kejadian KM Sinar Bangun beberapa waktu lalu. Bagaimana dengan Tao Silalahi?. Sampai sekarang belum jelas dan masih menjadi misteri. Sebab, LIPI pun mengatakan kalau di kawasan lain yang belum diukur bisa saja lebih dari 600 meter.

3. Kampungnya Marga Silalahi

tugu silahi sabungan
Tugu Silahisabungan menjadi wujud perkumpulan dari marga Silalahi yang dibangun menjulang tinggi di tepi danau. Tugu megah yang dinamai Tumaras tersebut berada di Huta Lahi. Lokasinya tepat di pinggir jalan lintas dari Paropo ke Silalahi I.

Tugu Makam Raja Silahisabungan atau disingkat TUMARAS sebenarnya sudah mulai didirikan sejak April 1969. Sedangan peresmiannya berlangsung pada 24 November 1981. Atau, 12 tahun setelahnya. Lamanya pembangunan tentu tak terlepas dari besarnya tugu itu sendiri.

Tugu tersebut sering dikunjungi wisatawan, siapa pun diperbolehkan untuk melihat beragam keindahan gambar lukisan maupun pahatan di dalam. Di tempat ini juga sering berkumpul marga sesuai tarombo itu dan mengadakan acara rutin setiap tahun.

4. Beragam Peninggalan Budaya

pesona pantai di silalahi yang indah
Selain rumah adat Batak yang diklaim sudah berumur ratusan tahun, traveler dapat mengunjungi beberapa tempat bersejarah di sana. Di mana spot tersebut kemungkinan jarang sekali diketahui oleh publik. Dua diantaranya adalah Aek Pokki dan Batu Marhosa.

Aek Pokki, objek wisata budaya ini cukup unik dan menyimpan legenda tentang boru situngkir. Singkat cerita, boru situngkir tersebut dijodohkan. Lantaran tidak setuju, ia pun akhirnya melompat dari perbukitan dan diikuti oleh 6 orang sahabatnya.

Saat berkunjung ke sana, traveler bisa melihat 7 buah cawan dan 7 buah pancuran di sekitaran desa. Tempat tersebut memang disakralkan oleh masyarakat setempat. Karena itu, apabila hendak menengok, kita wajib menjaga sikap selama di sana.

5. Pantai Dihiasi Perbukitan Memesona

Berenang di sederet pantai Silalahi yang cantik sangatlah menyenangkan. Tak hanya menyajikan air danau berwarna hijau yang tampak seperti kolam renang alami. Tetapi, pemandangan bukit-bukit yang berjarak dan ditumbuhi pepohonan terlihat begitu elok. Selengkapnya dapat disaksikan lewat video berikut.



Kalau mau destinasi yang lebih eksklusif, traveler bisa memilih tempat rekreasi di beberapa hotel di danau Toba yang lumayan banyak menghiasi tepian danau. Penginapan di sana rata-rata menyediakan fasilitas kolam renang lho.

Di pantai tersebut, kita bisa menemukan habitat ikan khas danau Toba yakni pora-pora. Nah, masyarat desa ini biasanya menangkap ikan pora-pora saat malam. Bila ingin mencicipi ikan endemik tersebut. Bisa membeli langsung dari nelayan.

Bagi anak muda, mendirikan tenda di pantai saat malam menjadi tujuan utama. Merasakan nikmatnya udara dingin khas lembah perbukitan Tao Silalahi pasti tak terlupakan. Beberapa area pantai pun dirancang ramah untuk liburan keluarga. Jadi cocok untuk tempat rekreasi semua golongan.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -