MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Cinderamata dan Kuliner, 6 Oleh Oleh Khas Danau Toba Favorit Wisatawan

Cinderamata dan Kuliner, 6 Oleh Oleh Khas Danau Toba Favorit Wisatawan
Add Comments
Sabtu, 15 Februari 2020
Ada berbagai jenis buah tangan menarik yang bisa traveler bawa dari Danau Toba. Dari souvenir tradisional, jajanan, camilan, pakaian sampai makanan kekinian.

Danau Toba sendiri merupakan destinasi yang wajib dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Karenanya, wisatawan selalu membeli oleh-oleh khas yang unik, murah dan tahan lama. Entah untuk koleksi pribadi atau diberikan ke orang terdekat.

Tak selalu identik dengan kuliner, Danau Toba di setiap daerah tujuan wisatanya mempunyai spot khusus untuk berburu souvenir. Pun bagi yang hobi kulineran, serangkaian makanan sedapnya juga harus dicicipi. Kalau doyan bisa sekalian dibeli deh untuk dijadikan oleh-oleh.

1. Naniura

naniura
Naniura adalah olahan dari ikan mas yang dimatangkan dengan menggunakan jeruk asam. Proses pembuatan makanan khas Tapanuli ini tergolong sulit. Bahkan orang Batak tidak semua bisa mengolahnya. Untungnya, kita bisa mencicipi Naniura di beberapa hotel di Danau Toba serta sederet restoran Parapat yang menyajikan sashimi versi Indonesia itu.

Kalau di Tuktuk, traveler dapat memesan makanan tersebut di Tabo Cottage atau penginapan lainnya yang memang punya restoran tradisional. Kuliner Danau Toba ini bisa tahan hingga seminggu. Supaya awet dan tidak busuk, tips terbaik sih dibelinya pas waktu mau pulang berlibur saja.

Per porsinya dihargai kurang dari Rp100 ribu kok. Rasanya yang begitu nampol di lidah membuat Naniura menjadi oleh-oleh paling cocok dari Danau Toba terutama bagi yang gemar mencoba makanan tradisional dari suatu daerah.

2. Cinderamata Khas Ulos

oleh-oleh danau toba
Ulos merupakan kain tradisional yang dipakai oleh orang Batak. Mereka umumnya tinggal di pesisir Danau Toba. Sekarang ulos sudah banyak dimodifikasi dan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan cinderamata. Adapun kain tenun yang paling difavoritkan wisatawan yakni ulos harunggunan.

Baca Juga: Oleh oleh khas Medan

Ulos ini bisa kita dapatkan di pusat oleh-oleh Parapat dan Tomok. Harganya cukup mahal, mencapai 1,9 juta. Tapi jangan khawatir, ulos yang murah juga ada lho. Kalau pabrikan, hanya di kisaran Rp45 ribu per helainya. Misal maunya lebih variatif, beli saja tas, syal, selendang atau baju berbahan kain tenun tersebut.

3. Arsik

kuliner danau toba via uintobing
Gak ada salahnya kan bawa makanan khas dari Danau Toba sana? Salah satunya adalah Arsik yang lezat dan menggugah selera ini.

Cafe di Parapat biasanya menyediakan makanan tersebut setiap hari. Rasanya jangan ditanya deh, bibir pastinya bergetar setelah sepotong arsik yang ada andalimannya masuk ke dalam mulut. Dijamin makin lahap sambil menikmati pemandangan danau yang luas terhampar.

Sebagai rekomendasi, cafe di Parapat yang bisa dipilih untuk mencicipi kuliner ini yaitu Pizza Andaliman dan Silindung Resto. Nah, bawa kuliner danau Toba yaitu Arsik saat pulang nanti ke rumah pasti bikin keluarga bahagia.

4. Aksesoris Toba

pusat oleh-oleh danau toba via disparkabsamosir
Di tempat wisata pasti selalu ada toko atau gerai yang menyediakan oleh-oleh berupa aksesoris. Danau Toba sebagai andalan wisata Sumut tak mau ketinggalan dong melengkapi kebutuhan wisatawan itu.

Biar kelihatan baru balik dari Pulau Samosir atau destinasi seputaran Toba yang lain, maka traveler perlu tuh membeli kalung, gelang atau pakaian bertuliskan "I ❤️ Lake Toba. Bangga banget pastinya memamerkan aksesoris khas ke teman-teman, iya nggak?

Aksesoris yang unik dan dibuat oleh pengrajin tersebut tak mahal kok. Modal Rp5 ribu sudah mampu beli gelang antik kekinian.

5. Kopi Lintong

kopi silintong via bumicoffee.id
Tau nggak? kopi Lintong merupakan salah satu kopi khas dari dataran tinggi Danau Toba. Diproses tradisional dengan cara "ditutu" atau ditumbuh menggunakan lesung. Yap, bagi beberapa orang, kopi Lintong jelas nikmat dan layak untuk oleh-oleh karena tahan lama.

Tak musti jauh ke Silintong sana lho untuk mendapatkan kopi khas ini, di seputaran hotel yang ada di Parapat maupun Pulau Samosir sangat mudah ditemukan. Umumnya, kopi tersebut sudah dikemas rapi sehingga tidak bikin ribet.

Apalagi kalau kamunya datang dari luar daerah Sumut, pasti ogah bawa oleh-oleh yang berat-berat dan mengganggu perjalanan, kan?

6. Mangga Sibandang

mangga sibandang via jakasuharno1
Misalnya berlibur ke Muara, Tobasa, maka Mangga Sibandang wajib untuk dibeli. Perbedaan mangga dari pulau Sibandang dibandingkan mangga Haranggaol dan Parapat itu ketara banget lho!, jadi selain berbuah besar, perawakannya juga ranum.

Soal rasa sih tak perlu diragukan, manis tak ada asam-asamnya. Mangga ini banyak juga difavoritkan para turis yang bertandang ke Balige. Kalau domisili kamu di Medan yang notabene nggak harus naik pesawat kalau mau pulang, makanan segar ini sangat direkomendasikan sebagai buah tangan.

Nah, itu dia oleh-oleh yang wajib dibeli saat berlibur ke Danau Toba. Misalnya butuh guide atau paket wisata, bisa hubungi Traveling Medan. Nanti, kami atur deh momen berlibur semenarik dan sebaik mungkin.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -