MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Batu Rusa - Menyingkap Keelokan Pesisir Barat Mandailing

Pantai Batu Rusa - Menyingkap Keelokan Pesisir Barat Mandailing
Add Comments
3/11/2020
Selain Tapteng, dapat dikatakan bahwa pantai di pesisir Mandailing Natal juga layak sekali direkomendasikan untuk para penikmat keindahan laut. Salah satu yang perlu disingkap adalah Pantai Batu Rusa.

Nama obyek wisata di Kecamatan Muara Batang Gadis ini sejarahnya memang belum begitu populer. Bahkan boleh dikategorikan sebagai destinasi bahari tersembunyi. Pun, wisatawan yang mengunjungi Pantai Batu Rusa hingga sekarang masih sebatas warga lokal.

Jika suatu saat nanti teman Traveling Medan berksempatan mengeksplor pantai Batu Rusa, beragam aktivitas seru dapat dilakukan. Seperti berendam di pinggir laut yang jernih, merasakan deburan ombak sampai menunggu tenggelamnya matahari di balik perbukitan pesisir Barat Mandailing yang eksotik.

1. Jauhnya Lokasi Pantai Batu Rusa

pantai batu rusa tabuyung - image source: babangali22/instagram
Terletak di pesisir Mandailing Natal, lokasi pantai dengan ekosistem alami ini berada di Jalan Pantai Barat, Desa Tabuyung, Muara Batang Gadis, Sumut. 200 mil jaraknya dari arah Panyabungan.

Mungkin sedikit berlebihan kalau kamu bepergian hanya demi melihat satu destinasi saja, bukan? Selain Batu Rusa dan Pesisir Natal, Kawasan Batahan di barat Madina sekitar menyimpan beragam spot-spot pantai yang elok. Sehingga kamu dapat menengok pesona lain di sepanjang jalan menuju tempat tersebut.

Kamu bisa saja menggunakan angkutan umum trayek Panyabungan - Natal - Tabayung. Tapi sayangnya, trip bus hanya berlangsung beberapa kali sepekan. Untuk mengantisipasi, lebih afdol kalau bawa kendaraan rental atau pribadi.

2. Tawarkan Laut Biru dan Panorama Luas Biasa

pantai batu rusa - image via adiri solo nasution
Tak akan ada penyesalan setelah sampai di obyek wisata andalan Desa Tabuyung, semua panorama yang dihamparkan oleh alam tampak menakjubkan. Bibir pantainya sangat bersih. Laut birunya pun benar-benar menciptakan pesona menawan.

Destinasi wisata di Kecamatan Muara Batang Gadis ini banyak difavoritkan warga lokal. Kelestarian alam perawan yang tersaji pantas dipuji. Nuansa teduh dan ombak yang tenang memberikan rasa nyaman. Apalagi jajaran pohon kelapa di pinggir pantai yang tersusun rapi seolah mengajak semua pengunjung untuk meresapi keindahan itu.

Biaya masuk ke Pantai Batu Rusa sama sekali tidak ada. Sehingga pengunjung dapat menikmati atraksi alam itu secara gratis.

3. Sejarah Pantai Batu Rusa

pantai batu rusa - image via wanda lestari
Di balik panorama epik itu, salah satu pantai di barat Mandailing ini juga menyimpan cerita sejarah yang menarik. Di mana, tempat tersebut dulunya adalah prsinggahan habitat rusa. Hewan tersebut biasa turun dari dataran tinggi Batang Gadis untuk melepas dahaga.

Bagi warga sekitar, Pantai Batu Rusa juga memiliki legenda unik yaitu kisah Gadih Rancak. Konon, terdapat seorang gadis yang tinggal di pesisir Barat bernama Gadih Rancak. Suatu ketika, ia dilamar oleh seorang penguasa yang jatuh cinta akan kecantikannya. Naas, pinangan itu justru ditolak.

Lantaran tidak diterima, penguasa tersebut akhirnya mengambil jalan pintas, ia dan panglimanya menyusun strategi untuk membawa Gadih Rancah secara paksa. Malang, hal itu diketahui oleh sang gadis hingga ia memutuskan untuk melarikan diri.

Sesampainya di wilayah Pesisir Barat Mandailing, Gadih Rancah pun melompat dan terjun ke laut lepas. Ia disebut-sebut berubah menjadi batu besar di tepi Pantai Batu Rusa. Sejarah itu dikenang oleh warga sekitar sampai detik ini.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -