MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Air Terjun Londut - Pesona Wisata Kualuh Hulu yang Sulit Ditolak

Air Terjun Londut - Pesona Wisata Kualuh Hulu yang Sulit Ditolak
Add Comments
5/15/2020
Satu lagi destinasi berwujud wisata alam yang cocok bagi para petualang. Air Terjun Londut berada di perbatasan Aek Kanopan dan Labuhanbatu Utara. Pemandangan dan pemandian yang ditawarkan menjadi atraksi yang sayang dilewatkan.

Oleh warga setempat, Air Terjun Londut adalah obyek wisata alam yang sering kali dipanggil Aek Sordang. Destinasi yang terletak di kawasan Perkebunan Aek Kanopan, Kualuh Hulu ini memiliki akses jalan memadai sehingga layak dijadikan sebagai destinasi keluarga.

Air terjun yang ada di Desa Londut atau Pulo Dogom yakni Aek Sordang menawarkan panorama bernuansa alami dengan kondisi air jernih. Di bawah air terjun yang terlindungi oleh padatnya pepohonan, terdapat kolam alami yang dilingkupi lereng berdiameter setengah lingkaran.

1. Lokasi Wisata Populer di Kualuh Hulu

air terjun londut aek sordang
air terjun londut/aek sordang - image source: @azmalil
Bila kalian ingin menemukan wisata paling populer di Kualuh Hulu, maka Aek Sordang merupakan tujuan rekreasi utama. Tingginya memang kurang dari 4 meter, tetapi jatuhan air itu membentuk aliran sungai yang tenang untuk mandi-mandi.

Keindahan potensi pariwisata di Kualuh Hulu tersebut sedikit kontras dengan wajah kecamatan itu sendiri yang selama ini lebih dikenal lewat komoditi sawit. Tidak mengherankan jika tempat wisata di Desa Londut, tak pernah sepi dari hiruk-pikuk pengunjung.

Kalau diajak mengunjungi 7 desa di Kualuh Hulu yang tersebar di daerah seluas 385 kilometer persegi, objek wisata inilah yang paling sulit ditolak. Pasalnya, sumber pemandian alam yang berasal dari air terjun menghadirkan ketenangan yang tak mudah dijumpai di spot lain.

Menuju Air Terjun Londut jika diambil dari arah Aek Kanopan sangatlah dekat, hanya 10 km dengan perjalanan selama 16 menit. Hanya saja, angkutan umum yang trayeknya ke spot wisata tersebut cukup jarang. Bagusnya naik motor atau kendaraan pribadi saja.

2. Keindahan Air Terjun Londut

air terjun londuk aek sordang
salah satu wisata di kualuh hulu - image source: @hendikaseptian
Perpaduan desau angin dari hutan kecil dan suara gemericik air yang mengalir di Aek Sordang menjadi hiburan alam yang akan kalian dapatkan. Di sela-sela pemandian sungai itu, berjejer bebatuan berukuran besar dan kecil untuk tempat bersantai.

Di Air Terjun Londut, bermain air dan berenang adalah dua kegiatan favorit yang sering dilakukan para pengunjung. Kalian akan dimanjakan oleh air yang menyegarkan. Pemandiannya tidaklah dalam, bahkan cenderung dangkal dan aman untuk berbagai usia.

Suasana asri dan sejuk yang bisa kalian dapatkan di air terjun ini sekaligus menjadi alasan utama kenapa dusun Aek Kanopan ini selalu dibanjiri oleh pengunjung. Semenjak dibuka mulai pukul 9 pagi, Air Terjun Londut merupakan rekomendasi terbaik untuk berlibur, baik saat hari biasa maupun di tanggal libur nasional.

3. Tiket Masuk

aek sordang - image via iwaniwan/google map
Tidak perlu mengorbankan banyak biaya jika ingin berlibur ke Air Terjun Londut atau Aek Sordang. Biaya retribusi hanya dipungut dari tiket parkir seharga Rp10.000. Dibandingkan spot lain, harga tersebut sudah termasuk murah meriah.

Sedangkan bagi pengunjung yang memakai kamar mandi, dikenai biaya Rp1.000 per orang. Selain itu kalian tidak perlu mengeluarkan uang lagi. Kecuali hendak mencicipi makanan dan minuman di warung yang berjejer di tepi sungai.

Baca Juga: 12 Tempat Wisata di Mandailing Natal

4. Fasilitas

image via @laila_umi
Fasilitas yang terdapat di obyek wisata ini diantaranya toilet, warung jajanan, spot kuliner dan pondok-pondok kecil. Yap, fasilitas itu sudah cukup mentereng dan bikin pengunjung nyaman tatkala berwisata, bukan?

Sedangkan fasilitas tambahan yang bisa dipakai dengan cara menyewa adalah balon air dan ban pelampung supaya lebih aman. Kecuali kalian sudah ahli dalam menikmati wisata air, tidak perlu menggunakan perlengkapan itu lagi, supaya lebih irit!

Teruntuk kalian yang tak bisa jauh-jauh dari kegiatan berburu foto, jangan lupa membawa kamera biasa atau action camera. Di sini, paling asyik berswafoto di spot-spot selfie yang sudah dirancang oleh pengelola.

5. Alamat

Obyek wisata air terjun ini berada di Perkebunan Desa Londut dan Pulo Dogom, Kecamatan Kualuh Hulu, Aek Kanopan, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara. Sampai sekarang, hanya ada 1 alternatif rute menuju lokasi tersebut.



Pesona yang ditawarkan oleh Wisata Alam Aek Sordang atau Air Terjun Londut ini tentu sulit ditolak karena menyimpan sederet keindahan. Tidak dikhususkan bagi petualang saja, pun tempat ini dibuka untuk destinasi keluarga.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -