MASIGNASUKA101
7168738000188950837

4 Danau di Medan yang Menjadi Tujuan Wisata, Wajib Dikunjungi!

4 Danau di Medan yang Menjadi Tujuan Wisata, Wajib Dikunjungi!
Add Comments
5/08/2020
Bagi orang luar Sumut, Danau Toba kerap dipanggil sebagai salah satu danau yang berada di Medan. Padahal jika ditinjau dari letak wilayah tidaklah demikian. Mungkin pandangan itu berawal dari nama ibukota Sumatera Utara yang lebih dikenal dari pada provinsinya sendiri.

Nasib serupa juga dialami oleh Danau Linting, bahkan tidak sedikit orang menyebut danau kaco berwarna biru tersebut terletak di daerah Medan. Meskipun jaraknya cukup dekat, kurang afdol rasanya mengklaim dan memasukkannya ke dalam list danau di Medan, bukan?

Danau di Medan

Persepsi itu tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja, toh ada juga beberapa danau buatan di Medan yang meninggalkan kesan alami dan pemandangan eksotis. Apalagi sebagian dari tujuan wisata tersebut mempunyai spot foto yang kece.

Obyek wisata danau berikut misalnya, kalian bisa menjadikan keindahan danaunya untuk melewatkan penat bersama sahabat atau keluarga. Lansung saja cek ulasannya di bawah!

1. Danau Siombak - Medan Marelan

danau di medan
danau siombak medan
Medan merupakan gugusan daratan di Pulau Sumatera yang berada di ketinggian mdpl. Sehingga karakteristik daerahnya condong rendah dan dekat ke laut. Namun, bagi kalian yang ingin berwisata ke danau, maka ambillah rute ke arah Belawan, Marelan. Di sana terdapat danau terluas di Medan yang diberi nama Danau Siombak.

Danau Siombak merupakan satu-satunya danau terluas di pusat ibu kota yang semenjak dahulu dimanfaakan warga Medan, terutama oleh mereka yang tinggal di kecamatan terdekat seperti Petisah, Belawan dan Medan Timur sebagai tempat liburan alternatif.

Secara ukuran, danau terluas di Medan yang terbentuk akibat aktivitas pertambangan ini memiliki diameter 1.000 meter dengan ketinggian maksimal 20 meter dan berada di areal rawa seluas 40 hektar. Sedangkan ekosistem air tawarnya didominasi oleh tumbuhan sejenis gangang dan lumut.

Danau di Medan satu ini telah dikembangkan menjadi Taman Wisata Danau Siombak, menawarkan atraksi buatan yang lumayan menarik. Namun, kami tidak menganjurkan kalian untuk berenang. Agar betah, kalian bisa menaiki speed boat, berfoto atau menyaksikan para pemancing ikan.
DANAU SIOMBAK MEDAN
Lokasi: Desa Paya Pasir, Kelurahan
kel, Paya Pasir, Kec. Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara 20252 (map: lihat di sini)
Tiket Masuk: Rp5.000 per orang
Jam Operasional: 09:00 - 20:00
Status: Dikelola oleh pihak swasta

2. Danau Griya - Medan Labuhan

danau griya martubung medan
danau griya martubung medan - image via: @sitifatimah
Danau yang berlokasi di Medan berikutnya adalah Danau Griya Martubung. Dibandingkan tempat wisata sebelumnya, obyek wisata danau ini masih baru direvitalisasi oleh Pemko Medan bekerjasama dengan Perumahan Griya Martubung.

Destinasi ini sempat jadi tujuan wisata favorit pada masanya. Namun sejak tahun 2000-an, pengunjung mulai menurun secara dratis dan terbengkalai. Pada 2020 lalu, Pemko Medan berencana untuk memelihara kembali danau di Perumahan Griya Martubung tersebut.

Meski kondisinya kurang terawat, bukan berarti mengurungkan niat masyarakat sekitar untuk mengunjungi Danau Griya Martubung. Tapi, dikarenakan letak danaunya sendiri berada di komplek perumahan Griya Martubung, akses ke dalam masih dibatasi.
DANAU GRIYA MARTUBUNG
Lokasi: Jalan Tempirai Lestari, Kecamatan Medan Labuhan, Sumatera Utara 20252
Tiket Masuk: -
Jam Buka: -
Status: Dikelola Pemko Medan dan merupakan properti Perumahan Griya Martubung

3. Danau Burung - Cemara Asri

danau di medan
danau medan - image via @siahaanlidya
Danau Burung adalah danau kecil di Cemara Asri yang berada di sekitar 8,5 kilometer arah utara Kota Medan melewati Kampus Unimed via jalan Tol Belmera. Sebenarnya, tempat ini dikenal juga dengan nama Taman Burung, sebagian orang menyebutnya Danau Burung.

Keindahan danau di Medan ini menawarkan panorama alam aestetik. Pada waktu tertentu, sekelompok burung-burung cemara akan beterbangan dan hinggap di atas pepohonan yang tumbuh di tepi danau. Pemandangan itu paling banyak menarik pengunjung.

Baca Juga: 8 Mie Balap Medan Paling Hits dan Terkenal, Pembeli Wajib Antre!

Danau ini juga merupakan tempat wisata langganan warga kota Medan untuk refreshing. Pepohonan rindang membuat pengunjung bisa menghirup udara segar tanpa pikir panjang. Tak bisa liburan kalau gak ditemani camilan? Tenang, banyak spot-spot jajanan kaki lima di sekitar yang. Tak hanya itu, di sini juga akan kamu dapati ikan-ikan hias yang cantik.
DANAU CEMARA ASRI
Lokasi: Perumahan Cemara Asri Medan (map lihat di sini)
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 08:00 - 19:00

Danau Cadika - Johor

danau di medan
image via @joko_hidayati
Wisata danau selanjutnya yang cantik dan menarik berada di Johor. Walaupun hanya sebatas danau kecil dan lebih mirip kolam, sensasi berlibur disini tidak kalah asyik, bisa dijadikan spot untuk menikmati sore sembari berplesiran bareng orang terkasih.

Tiket masuk ke danau sepenuhnya gratis. Kebersihan taman di tepi danaunya juga selalu dijaga. Tak ayal, hampir setiap hari selalu ada pengunjung yang mendatangi danau di Johor ini. Iya dong, dimana lagi coba kalian bisa merasakan momen piknik tanpa harus mengeluarkan biaya?

Tak hanya sajikan ketenangan lho! Wisata Medan Johor tersebut juga menyediakan beberapa fasilitas permainan sederhana. Kalian bisa melakukan beberapa aktivitas seperti menggelar tikar di atas rumput hijau, baca buku kesukaan sekaligus merasakan semilir angin yang berhembus dari pepohonan hijau pinggir danau.

Kalau suka berfoto-foto narsis, banyak spot di danau yang seru untuk dieksplor nih. Misalnya di bagian pintu masuk, terdapat jembatan gantung yang instagramable untuk berselfie. Tak mengherankan kalau danau ini sering dijadikan tempat hunting foto prewedding.
DANAU CADIKA 
Lokasi: Taman Cadika Pramuka (peta lihat di sini)
Tiket Masuk: - (perlu biaya parkir)
Jam Operasional: 09:00 - 17:00

Bila selama ini orang yang berlibur ke Medan hanya sebatas singgah sebelum lanjut traveling ke Danau Toba, sudah sebaiknya menelusuri danau-danau di Medan terlebih dahulu. Ajak juga keluarga atau orang terkasih agar pelabuhan liburanmu tidak terasa hambar
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -