MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Museum Jamin Ginting: Lokasi, Tiket Masuk dan Koleksi Sejarah

Museum Jamin Ginting: Lokasi, Tiket Masuk dan Koleksi Sejarah
Add Comments
6/19/2020
Saat menikmati wisata di Berastagi, mungkin banyak dari traveler yang sudah hapal spot di sana, bukan? Tetapi taukah kamu bahwa alam bukanlah satu-satunya pesona yang ditawarkan, pun destinasi sejarah dapat ditemukan, yakni Museum Jamin Ginting.

Teman Travelers sekalian, menjaga sekaligus merawat budaya dan sejarah memang menjadi tugas kita semua. Kecintaan itu pula yang mempelopori keturunan dari tokoh asal Karo ini mendirikan tempat wisata bersejarah Museum Jamin Ginting yang begitu dihormati atas pengabdian dan torehan jasanya.

Museum Let. Jend. Jamin Gintings merupakan salah satu museum yang ada di Karo dengan isi koleksi berwujud benda budaya dan situs sejarah. Lokasinya berdekatan dengan Berastagi dan berada di ruas Jalan Desa Suka, Kecamatan Tiga Panah, Sumatera Utara.

Museum Jamin Ginting

museum jamin ginting
museum let. jend. jamin ginting di desa suka, tigapanah - travelingmedan
Didirikan sejak awal tahun 2010. Bangunan museum yang dibuat untuk Jamin Gintings tersebut memiliki bentuk seperti kacang yang merupakan sebuah gambaran prinsip atau filosofi hidup beliau. Design bangunan museum belum pernah direnovasi, malahan terus ditambah seiring dengan upaya penyediaan sarana dan fasilitas pelengkap. Arsitektur modern dan unik ialah daya tarik utama objek wisata Desa Suka tersebut.

Menyerupai bentuk kacang, Museum Djamin Ginting adalah tempat wisata yang menyimpan berbagai koleksi benda seorang jendral dari Tanah Karo. Siapa tidak mengenal sosok Jendral Mahaputra Djamin Ginting? Merupakan tokoh nasional dari Sumatera Utara.

Di bawah ini, Traveling Medan akan mengulas keseluruhan profil museum, tak lupa juga kami menyertakan lokasi, tiket masuk dan jam buka. Yuk segera disimak!

Asal Usul Museum Jamin Ginting

museum jamin ginting
patung jendral di museum jamin ginting - travelingmedan.com
Nama asli dari museum ini adalah Museum Pahlawan Nasional Jamin Ginting. Tetapi oleh Travelers yang merasa julukan itu terlalu panjang, maka banyak yang menyingkatnya jadi Museum Jamin Ginting saja. Tetapi jika sudah pernah ke sana, rata-rata sih menuliskan MUSEUM LET. JEND. JAMIN GINTINGS karena tepat di depan halamam museum, terdapat sebuah patung mantan jendral tersebut yang dihias dengan backdrop motif kain uis Karo. Nah di bentangan kain tradisional itulah tertulis nama besarnya.

Museum yang ada di Kecamatan berdiri di atas areal lahan seluas mencapai 3.000 meter persegi. Semenjak dibuka jadi tempat wisata sejarah dan budaya, gedung berlantai 2 ini sepenuhnya dikelola oleh pihak keluarga. Sedangkan petugas jaga dan pemandu museumnya adalah karyawan yang direkrut manajemen.

Soal sejarah Museum Jamin Ginting, dimulai sejak tahun 20 yang mana dahulunya diinisiasi oleh salah satu anak dari Let. Jend. Jamin Ginting. Ia ingin barang milik ayahnya bisa dipamerkan kepada publik agar sejarah tak terlupakan begitu saja. Pada tanggal 17 September 2013, gedung utama selesai dibangun, tempat wisata sejarah ini akhirnya diresmikan Kementerian Pertahanan yang saat itu dijabat Purnomo Yusgiantoro.

Koleksi Museum Jamin Ginting

Objek wisata sejarah di Indonesia ini terdiri 2 bagian museum yaitu ruang publik dan non public area. Dan yang bisa dimasuki saat mengunjungi Museum Djamin Gintings adalah ruang publik, meliputi ruang pameran di gedung utama, toko souvenir, ampitheater dan spot berfoto. Kamu bisa cek di video berikut.



Koleksi benda bersejarah yang dapat ditengok pengunjung yakni jenis koleksi etnografi, historika dan numastika yang tak ternilai harganya. Museum Mahaputra Djamin Gintings memiliki lebih dari 1.000 buah koleksi. Nah, benda-benda itu dipamerkan di tempat berbeda yaitu lantai satu dan dua.

1. Lantai Pertama

koleksi di lantai dasar museum - travelingmedan.com
Lantai 1 tak hanya difungsikan untuk reservasi dan membeli tiket. Di sebelah utara museum, terhampar beragam peninggalan budaya etnis Karo yang khas. Sebut saja peralatan hidup tempo dulu alat bercocok tanam, pakaian adat, perhiasan jadul dan lainnya.

Benda-benda berharga itu diletakkan di dalam lemari kaca tembus pandang. Sebagian lagi ditaruh bebas karena mempunyai ukuran besar. Sebut saja tungku berbahan bakar kayu atau dalam bahasa lokal disebut ketaring dan buah labu yang diawetkan. Di sini kalian juga bisa melihat senjata tradisional dari beberapa daerah di pulau Sumatera.

Kita bisa naik ke lantai dua ini dengan menaiki tangga. Seluruh ruangan diterangi oleh lampu dan didukung dengan jendela kaca lebar untuk sinar matahari masuk. Dibandingkan museum di Medan yang tipikal indoor, museum Jamin Gintings sepertinya lebih ramah lingkungan.

2. Lantai Kedua

museum jamin ginting
potret jendral djamin gintings dengan plakat pahlawan nasional - travelingmedan.com

Di second floor lebih detail mengulas tentang sosok Letnan Jendral Jamin Gintings sendiri. Mulai dari masa kecil, remaja hingga berpulang. Di dinding museum ditempelkan beberapa foto klasik tatkala beliau sedang bertugas di luar negeri. Sebagian lagi merupakan potret jadul dengan sederet petinggi Indonesia.

Di bagian tengah, berdiri rak-rak berisikan buku-buku baik yang ditulisnya sendiri maupun yang sering dibaca. Pengunjung dibolehkan membaca di dalam ruangan. Tapi, nggak boleh dibawa pulang ya teman-teman TM. Sejajar rak itu, dipajang pula beragam pakaian dinas, penghargaan yang pernah diraih dan tak ketinggalan foto bersama sang istri, yakni

Saat mengunjungi wisata museum di Tiga Panah ini pengunjung tak dibolehkan menyentuh koleksi ya. Satu lagi nih yang cukup urgent. Guide atau pemandu museum sepertinya tidak ada, itu kami alami sewaktu berkunjung tahun 2018 lalu. Terus, kakak yang jaga tiketnya juga agak gimana gitu. Padahal tim kami datangnya sebelum siang. Yah, semoga lagi kecapekan aja ☹️

Alamat Museum Jamin Ginting

Jalan Desa Suka, Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Akses ke sana belum terjangkau kendaraan publik. Kalian bisa rental mobil dari Berastagi atau bawa kendaraan pribadi saja.

Rute menuju museum di Tigapanah ini gampang banget kok. Setibanya di Berastagi, lanjut perjalanan ke arah Kabanjahe. Nanti cuma 20 menitan saja dari simpang Tiga Panah ke lokasi. Kondisi jalan pastinya bagus dan agak lengang.

Harga Tiket Museum

Dengan uang masuk sebesar Rp5.000 saja pengunjing sudah bisa masuk untuk melihat isi dan berbagai koleksi bersejarah di Museum Jamin Ginting. Tempat wisata di Kabanjahe sekitar ini memang relatif murah dibandingkan spot lain. Owh iya, setelah membeli tiket, buktinya jangan dibuang karena akan diminta lagi sebagai bukti.

HTM di atas berlaku sepanjang hari sesuai dengan jam operasional museum yang dibuka dari pukul 09:00 sampai 18:00 WIB.

Di museum ini jarang diadakan kegiatan. Pun pengunjungnya tidak terlalu banyak. Rata-rata tipe wisatawannya didominasi oleh kalangan pelajar dan akademisi saja. Sebelum pulang ke tempat tinggal masing-masing, sempatkanlah berkeliling gedung. Pasalnya, banyak spot keren dan ciamik untuk dijadikan latar berfoto.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -