MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Buih: Wisata Sungai Lau Seruai yang Alami

Pantai Buih: Wisata Sungai Lau Seruai yang Alami
Add Comments
6/17/2020
Pantai Buih adalah wisata pemandian alam yang dikelola dengan memanfaatkan potensi air sungai Lau Seruai. Terletak di kawasan Patumpak Deli Serdang, hanya 48 menit saja ke lokasi bila ditempuh dari daerah Medan melalui jalan protokol Deli Tua.

Keberadaan Lau Seruai yang melintasi beberapa daerah Deli Serdang memang menimbulkan dua dampak berbeda. Apabila dikunjungi saat sungai sedang meluap mungkin terasa mengecewakan, tetapi jika sedang dalam kondisi stabil maka pesona alam yang dijumpai beralih menjadi tempat mengasikkan.

Tak perlu gusar ya, Travelingmedan.com sudah menyiapkan info tentang Pantai Buih dan keunikan Lau Seruai supaya waktu wisata kalian lebih berkualitas.

1. Pemandian Alam di Patumbak

pantai buih
pantai buih - travelingmedan.com
Pantai Buih sendiri bukanlah wisata baru bagi warga Patumbak dan Deli Tua. Sebab tempat ini menjadi pilihan bagi mereka untuk menikmati hari libur. Tak mengagetkan jika setiap sabtu dan minggu area pemandian alam yang berada persis di Dusun 1. Kampung Cinta Damai, Desa Lantasan Baru tersebut selalu dibanjiri oleh pengunjung.

Sejak awal dibuka, keindahan pemandian alam ini kesannya sangat asri. Begitu juga dengan lingkungan terdekat. Perpaduan antara warna air dan hijaunya pemandangan yang disuguhkan begitu meneduhkan. Suasana seperti ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran, bukan?

Dan asyiknya, objek wisata Pantai Buih Patumbak ini siap memanjakan Anda dengan siraman airnya yang segar. Abaikan rasa khawatir soal kebersihan airnya sebab sumber air di sana mengalir langsung dari arah perbukitan Sibolangit yang terbukti alami.

Sembari menikmati semilir angin dan udara dingin, Anda bisa berendam di atas bebatuan yang terisi oleh air pegunungan. Meski pemandian alam yang ada di Patumbak ini bukan air panas belerang, tetapi aktivitas ini bagus juga untuk relaksasi.
Baca Juga: Seputar Pantai Klang: Tiket Masuk Hingga Rute ke Objek Wisata

2. Salah Satu Potensi Wisata di Sungai Lau Seruai

sungai lau seruai
Taukah Anda mengenai Lau Seruai? Inilah salah satu potensi alam yang sudah banyak diandalkan warga untuk mendorong wisata daerah. Mulai dari hulu hingga hilir, hampir tiap desa yang dilewati oleh Lau Seruai dijadikan sarana rekreasi oleh para pebisnis wisata. Terutama Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara yang merupakan daerah aliran sungai (DAS).

Lau Seruai adalah sungai permanen yang volumenya tetap sepanjang tahun. Namun, salah satu sungai di Deli Serdang ini pernah pula menimbulkan banjir besar. Puncaknya terjadi beberapa tahun lalu yang secara langsung menimbulkan kerusakan di berbagai titik lokasi.

Selain diakibatkan oleh limpahan air yang tak sanggup ditampung oleh sungai setiap kali musim penghujan. Eksploitasi berlebihan di bagian hulu ikut menjadi penyebab terganggunya ekosistem Sungai Lau Seruai di bagian hulu.

Organisme ikan air tawar yang hidup di Sungai Lau Seruai juga merupakan potensi wisata menarik. Jika suatu saat nanti kalian jalan-jalan Pantai Bui, kalian akan melihat sebagian pengunjung memancing ikan di pinggir sungai tersebut sambil duduk santai di atas permukaan bongkahan batu.

Lokasi Pantai Buih

Adapun lokasi Pantai Buih berada persis di Dusun 1, Jalan Patumbak - Deli Tua, Kampung Cinta Damai, Desa Lantasan Baru, Deli Serdang. Sebagai petunjuk arah, silakan memanfaatkan peta yang kami sematkan di bagian ulasan ini.



Biaya masuk ke Pantai Buih tidaklah semahal yang Anda bayangkan. Bahkan pengunjung dari pemandian wisata alam di Patumbak tersebut hanya membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Murah sekali bukan?

Untuk sementara waktu, fasilitas yang ada di pantai ini relatif sederhana. Selain warung kecil untuk makan minum dan pondok-pondok kecil, tak ada lagi fasilitas lain yang disediakan oleh pemilik. Bahkan kamar mandi dan tempat ganti pakaian pun belum tersedia. Kita seolah-olah untuk benar-benar kembali ke alam.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -