MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Gunung Lolomatua: Semburat Puncak Tertinggi di Nias

Gunung Lolomatua: Semburat Puncak Tertinggi di Nias
Add Comments
7/25/2020
Adakah tempat mendaki di Nias yang bisa memuaskan hasrat para penikmat ketinggian? Tentu saja! Mungkin kamu belum tau tentang Gunung Lolomatua yang menakjubkan dengan puncak hutan rimba belantara di Nisel.

Berada di Ulunoyo, transportasi menuju ke Gunung Lolomatua yang bagian lerengnya rencananya akan dibangun sebuah destinasi wisata yakni Bukit Doa Rajawali ini sudah bisa dicapai dengan menggunakan motor atau sepeda. Treknya tak sukar dilalui bahkan cukup bersahabat bagi pendaki pemula.

Gunung Lolomatua

Pas banget jadi tujuan adventure, Lolomatua adalah gunung tertinggi yang terletak di Nias. Tempat ini dipercaya memiliki ketinggian 888 meter dan diapit oleh perbukitan. Dari bagian puncak, semburat matahari dan lanskap alam merupakan pemandangan paling epik yang akan didapatkan.

Desa Puncak Lolomatua juga memiliki beberapa objek wisata alam yang bagus dikunjungi usai menggapai puncak, terdapat dua air terjun yakni Sifadou dan Solela serta aliran Sungai Oyo yang rencananya akan dikembangkan sebagai destinasi arung jeram Nias.

Jalur ke Lokasi

Bila ingin berkunjung dan berkemah ke gunung tertinggi di Nias ini, waktu yang diperlukan untuk mencapai puncak dari Desa Lolomatua hanya 60 menit. Sedangkan bagi yang berangkat melalui Kota Teluk Dalam, akan lebih lama lagi karena butuh waktu tambahan sekitar 3 jam.
Puncak Gunung Lolomatua
Ketinggian 888 mdpl
Tiket masuk Gratis
Tipe destinasi Hiking, alam, camping
Jam operasional wisata alam tersebut dibuka selama 24 jam, karena itu tak perlu khawatir meskipun total waktu perjalanan yang dibutuhkan mencapai 4 jam. Berikut jalur utama dan alternatif yang dapat kamu ambil, yaitu: Titik start Telukdalam, lalu ambil jalan Maniamolo Raya, kemudian belok kanan ke Jl.  Lōlōwa'u, setelah itu Anda perlu mengemudi sepanjang 5,4 km via Lawa-lawa Luo.

Lama perjalanan di atas hanya sebatas estimasi, bisa lebih lama tentu saja tetap bergantung pada kondisi fisik pendaki. Untuk menikmati Puncak Lolomatua tak perlu membayarkan tiket retribusi atau uang masuk. Parkir kendaraan juga gratis.

Apa yang Ada di Gunung Lolomatua?

Secara demografi, Lolomatua sudah didiami oleh masyarakat semenjak ribuan tahun silam. Hal itu ditandai oleh keberadaan megalitikum dan budaya lokal yang dilestarikan oleh suku tersebut. Bagi yang mau bermalam di tenda, kebutuhan logistik bisa dibeli dari warung-warung yang ada di desa.

1. Puncak Lolomatua

gunung lolomatua
gunung di puncak lolomatua - image via elfrit cubtia bella
Setiap puncak gunung selalu menawarkan wisata alam, udara dingin, eksotika hutan hijau serta momen sunrise dan sunset. Begitu pula dengan gunung tertinggi di Nias ini. Pagi hari tatkala ayam mulai berkokok, sinar matahari akan keluar dari peraduan dengan cahaya temaramnya.

Laiknya negeri di atas awan, kabut putih akan menyelimuti separuh bagian dari gunung yang berada di Kecamatan Onohulu, Kabupaten Nias Selatan ini. Sayangnya, sering kali kabut itu membuat jarak pandang mata sedikit terhalang.

Sebagai daerah dataran tinggi, tempat ini sangat enak untuk memandang-mandang. Apalagi seluruh hutannya masih tertutupi oleh pohon. Beda sekali jika dibandingkan gunung lain di Sumatera Utara yang justru mulai dibabat jadi perkebunan.
Baca Juga: Puncak Manalase, Bukit Menawan di Ketinggian Na IX-X

2. Menikmati Air Terjun Sifadou dan Sungai Oyo Nias

gunung lolomatua
sungai oyo di kaki gunung lolomatua nias - image via purnawirawan sebayang
Daerah pegunungan ini tak pernah kekurangan akan mata air segar. Salah satunya adalah Sungai Oyo yang terletak di areal perkampungan. Setelah berkeringat menuruni gunung, sungai jernih ini bisa dipilih jadi tempat mandi-mandi.

Air Terjun Sifadou merupakan opsi lain jika kakimu masih kuat untuk mengeksplor potensi wisata yang dimiliki oleh gunung terbesar di Nias. Sebenarnya ada 2 pilihan untuk dituju. Tapi wisatawan lebih sering berkunjung ke air terjun Sifadou ketimbang air terjun Solela karena posisinya tak jauh dari badan jalan.

Jika punya kesempatan berpetualang ke Nias Selatan dan bosan dengan wisata lautnya, kamu bisa menggunakan ulasan tentang Puncak Gunung Lolomatua ini sebagai panduan perjalanan.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -