MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Sei Tuan Indah Lokasi, HTM dan 3 Aktivitas Wisata Seru

Pantai Sei Tuan Indah Lokasi, HTM dan 3 Aktivitas Wisata Seru
Add Comments
7/24/2020
Pantai Sei Tuan Indah merupakan objek wisata air di lingkungan pesisir Pantai Labu yang pengelolaannya ditangani oleh kelompok tani mandiri. Destinasi ini memang baru dibuka tetapi sudah menghadirkan empat jenis atraksi wisata yakni bahari, kuliner, sport tourism dan adventur.

Adanya lingkungan alam berupa hutan pohon mangrove, habitat bangau, wahana bermain dan spot rekreasi membuat Pantai Sei Tuan Indah yang berada di Desa Sei Tuan, Kecamatan Pantai Labu, Deli Serdang ini sangat cocok sebagai tempat berlibur.

Pantai Sei Tuan Indah

Dapat dicapai sekitar 50 menit dari arah ibukota kecamatan, berikut aktivitas dan info mengenai Pantai Sei Tuan Indah yang pastinya bisa kamu gunakan sebelum menyusuri pesona bahari ini.

Harga Tiket Masuk Sei Tuan Indah

Tentu ada biaya yang perlu dibayarkan jika ingin memasuki kawasan wisata ini. Tetapi tiket yang dibanderol Kelompok Tani Mandiri masih dalam batas terjangkau. Harga tiketnya juga sudah termasuk pengeluaran parkir kendaraan.
Harga Masuk Pantai Sei Tuan Indah
Tiket Masuk Rp5.000 per pengunjung
Camping Rp10.000 per malam
Waktu operasional pantai ini dibuka selama 24 jam penuh karena pengelola juga menyediakan zona camping. Sekiranya wisatawan hendak berkemah sila melakukan koordinasi dengab penjaga pantai atau pengelola lebih awal.

Aktivitas di Pantai Sei Tuan Indah

Perjalanan awal menuju Pantai Sei Tuan Indah akan dihadapkan dengan medan cukup berat. Jalan ke lokasi masih berbentuk tanah. Sehingga harus pelan-pelan. Kondisi jalan seperti ini akan terus menghadang hingga tiba di pantai.

Sekilas info, sebagian besar daerah di Desa Sei Tuan sendiri merupakan wilayah bertipe rawa-rawa. Fakta itu sekaligus menjadi penyebab mengapa salah satu desa di Kecamatan Pantai Labu ini, memiliki banyak kawasan hutan gambut dan wisata pemancingan ikan.

Sesampainya di tujuan wisata kali ini, akan ada beberapa spot menarik di sekitar kawasan. Berikut beberapa diantaranya.

1. Pantai yang landai di batas laut dan desa

pantai sei tuan indah
pantai sei tuan indah
Seluruh sisi timur Sei Tuan ialah perjumpaan antara darat dan laut. Kendati garis pantai di desa ini lebih panjang dari pantai bosur tetapi potensi bahari yang dipunya belum terkelola secara maksimal. Kendala paling umum berupa infrastruktur jalan yang sama sekali belum memadai.

Begitu juga dengan Pantai Sei Tuan Indah, nama destinasi bahari ini sebenarnya baru-baru keluar akhir tahun 2019 lalu. Seperti angin segar, kehadiran wisata terpadu ini diharapkan bisa mengangkat potensi laut dari segi industri pariwisata. Sekaligus menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat yang memberdayakannya.

Pantai ini punya kedalaman yang cukup landai, bahkan cenderung dangkal karena merupakan daerah muara. Karena itu pula, air di pantainya tidaklah jernih. Tetapi hal itu sepertinya tidak menyurutkan pengunjung. Banyak wisatawan memilih berenang di tepian pantai ini.

2. Konservasi hutan mangrove di timur pesisir

pantai sei tuan indah
hutan wisata mangrove di desa sei tuan, deli serdang - image: agus/googlemap
Salah satu daya tarik paling menjual yang dimiliki oleh Pantai Sei Tuan Indah adalah hutan bakau yang hampir 80% mengisi kawasan wisata. Sama seperti Agrowisata Paloh Naga, pun pantai ini sangat menarik jika dijadikan tujuan edukasi alam.

Hutan mangrove di daerah utara Pantai Labu ini merupakan pertahanan pesisir Sumatera dari abrasi. Komunitas Tani Nelayan Mandiri sebagai pengelola juga tetap melakukan konservasi mangrove secara berkesinambungan. Bila kamu berkunjung, kamu bisa meluangkan waktu melihat area pembibitan bakau.

Di pantai ini didirikan juga sebuah Mangrove Park, pengunjung yang berminat dapat berjalan-jalan ke penjuru taman tersebut. Serunya lagi, kalian bisa mengadopsi pohon bakau dan ikut menanam di lahan khusus yang sudah ditentukan.

3. Tujuan Wisata Mancing

pengunjung yang memancing ikan di sei tuan - image via nst/googlemap
Berkat bentang hutan mangrove yang sangat luas itu, objek wisata bernuansa hijau ini menjadi rumah bagi habitat hewan laut. Tak akan kesulitan mencari udang, ikan dan kepiting di daerah Pantai Labu ini. Jadi kalau kamu sangat hobi memancing, pastikan membawa kail dari rumah.

Spot memancing di pantai tersebar di berbagai titik. Bagi yang sudah berpengalaman biasanya memilih untuk menyewa perahu menuju tengah laut. Owh iya, beberapa waktu lalu Kelompok Tani Nelayan Mandiri sempat juga mengadakan lomba memancing ikan, lho!

Puas memancing di tengah laut, kamu bisa menutup perjalanan wisata baharimu dengan mengadakan barbeque di tepi pantai. Tenang, meski mustahil hasil pancinganmu nihil, pengelola punya beragam seafood untuk disantap di warung kuliner.

Rute dan Akses ke Lokasi

Pantai Sei Tuan Indah terletak di Jalan Benteng Sei Bluman, Rantau Panjang, Desa Sei Tuan, Kecamatan Pantai Labu, Kab Deli Serdang, Sumatera Utara. Biar kamu nggak kesulitan, yuk pantau koordinatnya pada peta yang telah kami sematkan di bawah ini.



Nah, seandainya berangkat dari kota Medan, pilihan rutenya ada 3 yaitu via jalan rahayu, sampali dan batang kuis. Jarak terdekat dengan estimasi waktu 57 menit dapat dicapai dengan menggunakan rute Jl Batang Kuis - Pantai Labu - Desa Sei Tuan.

Kendati masih dikelola secara sederhana, fasilitas di kawasan wisata ini sudah bagus. Apalagi penduduk desa sangat ramah kepada pendatang. Kamu pasti nyaman selama melakukan kunjungan wisata. Nah, kapan bikin agenda liburan ke sini?
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -