MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Payabulan: Destinasi Wisata Lembah Sorik Marapi

Payabulan: Destinasi Wisata Lembah Sorik Marapi
Add Comments
7/30/2020
Kecamatan Lembah Sorik Marapi mempunyai alam yang indah. Setiap desa menyimpan potensi wisata menarik karena berada di baris lereng pegunungan. Dari danau kecil, sungai hingga tempat liburan yang namanya menjadi populer saat ini yakni Payabulan.

Payabulan dahulunya hanyalah lapangan rumput. Tempat para warga Desa menggembalakan kerbau. Setelah keindahan Danau Sihorbo dan gambar pesona Lembah Sorik Marapi muncul di klip sebuah film lokal. Barulah kemudian destinasi wisata ini hype di kalangan penikmat alam.

Payabulan

Merupakan objek wisata dengan keaslian alam yang terletak di Dusun Maga Lombang, Desa Pangkat, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Mandailing Natal, Sumatera Utara. Berbagai pemandangan dengan perpaduan alam yang indah membuat tempat ini cocok untuk tempat rekreasi.

Harga Masuk ke Payabulan

payabulan
payabulan terletak di kaki gunung sorik marapi - image via musaleh pohan/googlemap
Untuk menikmati tempat liburan di Lembah Sorik Marapi ini, kamu dan teman-teman Travelingmedan.com lainnya tak akan dimintai tiket masuk atau sejenis biaya retribusi lho. Ya, di Payabulan pengunjung bisa berwisata gratis alias free!

Lembah Sorik Marapi merupakan daerah yang sebagian besar potensi wisatanya belum dikelola secara komersil. Berangkat dari hal itu, maka tidak ada yang mengkontrol jam kunjungan wisatawan ke beberapa objek wisata umum di kecamatan ini.

Begitu juga dengan Payabulan sendiri yang merupakan wisata alam tanpa pemilik. Akses bagi wisatawan selalu dibuka selama 24 jam penuh. Namun, jarang sekali ada pengunjung ke sana saat malam hari. Karena itu, sangat dianjurkan untuk mendatanginya ketika siang atau sore.

Destinasi yang Terangkat Lewat Film

nama payabulan sendiri terangkat lewat film biola namabungan, sebuah film bergenre lokal - image via indra nst
Bisa dikatakan, film "Biola Namabungan" adalah film yang membuat Payabulan terekspos. Secara tersirat, film ini tak hanya menjual alur cerita menarik, tetapi juga menjadi sarana bagi sutradara Askolani dalam mempromosikan wisata di Mandailing Natal.

Film Biola Namabungan memang mengambil gambar di berbagai objek wisata yang ada di Lembak Sorik Marapi. Tetapi, set adegan terbanyak dilakukan di kawasan Payabulan dan sekitarnya. Sehingga, keindahan alamnya tergali secara sempurna.

Semenjak diangkat ke dalam film bergenre lokal, pengunjung pun berduyun-duyun mendatangi objek wisata ini. Bahkan hal itu terus berlanjut sampai sekarang. Meskipun wisatawan ramai mendatanginya, tetapi keasrian alamnya tetap terjaga baik.

Pesona Danau Horbo

payabulan lembah sorik marapi
payabulan menjadi salah satu pesona destinasi wisata lembah sorik marapi - image via: emrizal/googlemap
Danau Horbo adalah salah satu spot di tengah-tengah Payabulan yang paling menarik. Danau dengan air jernih ini tidaklah luas. Ukuran dimeternya sendiri hanya 20 m dan dikelilingi oleh rerumputan hijau. Jika cuaca sedang terik, akan banyak anak-anak bermain di tepi danau.

Di atas rerumputan hijau yang membentang itu pula, wisatawan biasa menggelar tikar. Pengunjungnya tidak hanya muda-mudi semata, rombongan keluarga juga sering kali menghabiskan waktu di tanah lalang tersebut sambil memandangi keindahan Danau Sihorbo.

Nama Danau Sihorbo yang berarti "Danaunya Si Kerbau" sebenarnya berasal dari kebiasaan warga setempat yang selalu menggembalakan ternak mereka di sini. Lambat-laut, pengunjung akhirnya pengunjung lebih akrab dengan sebutan itu.

Lokasi dan Jalan ke Payabulan

Destinasi wisata di Sorik Marapi tersebut sangat mudah ditemukan karena terletak di tepi jalan lintas Sumatera atau Jalinsum. Tepatnya di Desa Pangkat, Kecamatan Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara, 22994. Lihat titik koordinat di sini.

Akses ke objek wisata di Desa Pangkat ini bisa dicapai dengan perjalanan selama 40 menit dari Panyabungan. Melalui rute Dalan Lidang - Jl Willem Iskandar - Parbangunan - Taman Raja Batu - Desa Aek Marian - Jalan Trans Sumatera - Desa Pangkat.

Letaknya yang berada pada ketinggian 1254 di atas permukaan laut menjadikan objek wisata di Kecamatan Lembah Sorik Marapi ini senantiasa segar. Udaranya yang sejuk semakin melengkapi keasrian alam sekitar.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -