MASIGNASUKA101
7168738000188950837

HUTAN MANGROVE LANGSA: Tiket Masuk 2023 dan Aktivitas Terbaru

HUTAN MANGROVE LANGSA: Tiket Masuk 2023 dan Aktivitas Terbaru
Add Comments
8/27/2020
Tajuk pohon bakau yang menjulang dengan lingkungan alam pesisir akan segera menyambut ketika roda kendaraan wisatawan tiba di Hutan Mangrove Langsa. Taman seluas 8.000 hectare ini merupakan destinasi berskala internasional dari (Aceh) Indonesia yang telah mendunia.

Hutan Mangrove Langsa adalah sebuah taman ekowisata di desa Kualuh Langsa (Aceh) yang terletak di kawasan lindung. Destinasi yang memiliki lebih dari 35 jenis bakau ini menjadi penyeimbang di era deteriorasi dan pemanasan global. Bisa disebut jika perannya tak sebatas lokasi berlibur. Namun tersohor juga sebagai paru-paru bumi.
HIGLIGHT: HUTAN MANGROVE LANGSA ACEH
Perjalanan wisata ke Hutan Mangrove yang terdapat di salah sudut kota Langsa bisa menambah wawasan. Selain karena ditargetkan untuk area rekreasi berbasis konservasi dan ekologi, kawasan destinasi mangrove ini ditata apik sehingga tepat bagi semua tipe pengunjung, seperti kawula muda, pelajar bahkan turis mancanegara.

Berikut ulasan selengkapnya mengenai objek wisata di kota Langsa khusus tentang hutan mangrove meliputi tiket, informasi lokasi, pesona khas dan kegiatan pokok yang direkomendasikan.

Lokasi Hutan Mangrove Langsa

Hutan Mangrove Langsa bisa ditemukan di ujung paling timur provinsi Aceh. Sedangkan menurut titik koordinat dan geografis, wilayah ini berada di desa atau Gampong Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Timur. Gunakan Google Map atau GPS yang sudah tersemat berikut:



Lokasinya sendiri berdekatan dengan Pantai Buatan dan Pelabuhan Kuala Langsa. Akses jalannya memadai untuk setiap jenis kendaraan, termasuk bus pariwisata, motor maupun mobil. Transportasi publik juga ada lho, kalau mau teman Travelingmedan bisa naik becak kok.

Harga Tiket Masuk

Sesuai dengan ketetapan pengelola, hutan mangrove ini membandrol tiket masuk yang relatif terjangkau, mulai dari dua ribu rupiah yang dihitung per orang.
TIKET HUTAN MANGROVE LANGSA 2023
Jenis Tiket Harga Keterangan
Tiket Normal Rp5.000 Untuk weekend dan weekday
Tour package Rp20.000 Kontak pengelola
Tarif tidak bersifat baku, artinya bisa mengalami kenaikan pada waktu tertentu. Uang masuk tetap sama meski akhir pekan, libur hari raya maupun hari biasa. Namun, biaya di atas belum termasuk sewa parkir, konsumsi dan aktivitas susur kawasan mangrove.

Baca Juga: Pantai Lhok Mee Pasir Putih Aceh

Jam Operasional

Sesuai sejarah singkat yang berhasil dihimpun, Hutan Mangrove di Langsa sudah dijadikan tujuan penelitian oleh aktivitas lingkungan dan kalangan akademik sejak tahun 1999. Namun, peresmiannya baru berlangsung pada 2015 silam. Semenjak itu fasilitas terus dikembangkan secara konsisten. Pada tahun 2020, dihadirkan Mangrove Forest Park dan gerai kuliner.
JAM BUKA HUTAN MANGROVE LANGSA ACEH 2020
Hari Buka/Tutup
Senin-jumat 08.00 - 17.00
Sabtu dan minggu 08.00 - 18.00
Jadwal operasional objek wisata ini dibuka dari pukul delapan pagi sampai lima sore. Kecuali bagi pengunjung minat khusus. Jadwal bisa saja disesuaikan dengan hari besar atau libur nasional. Hubungi pihak pengelola terkait perubahan waktu kunjungan.

Apa yang Ada di Hutan Mangrove Langsa?

Masuk dalam jajaran Hutan Mangrove terbesar di Indonesia, aset wisata ini dikelola pemko Langsa sendiri, tetapi potensinya ditangani oleh Badan Usaha Milik Daerah yang bermitra dengan pihak swasta melalui sistem perjanjian kontrak. Adapun mitra yang memenangkan tender berganti dalam jangka waktu tertentu.

Meskipun pengelola objek wisata Hutan Mangrove Langsa ini adalah BUMD, tetapi penanganannya sangat profesional. Seluruh area wisata yang disiapkan cocok untuk semua tipe pengunjung seperti peneliti, keluarga maupun para muda-mudi. Terdapat paket tour jika pengunjung ingin mengadakan kegiatan khusus.

1.  Hutan Mangrove dengan Jembatan 300 Meter

hutan mangrove langsa
Lokasi: Hutan Mangrove Langsa Aceh - Gambar: @joko_hidayati
Keindahan Hutan Mangrove Langsa pertama adalah jembatan dengan panjang 300 meter. Jembatan tersebut dibuat dari kayu dan membentang di seluruh permukaan air rawa.

Seluruh jembatan tersebut dibuat terhubung. Bila berjalan sedikit jauh lagi, sebuah jembatan dengan struktur melengkung akan dijumpai di ujung dermaga. Tempat ini merupakan lokasi yang paling disenangi wisatawan untuk berfoto.

Kemudian pada jarak 150 meter, tersedia sebuah menara pandang dengan tangga vertikal. Pada awalnya menara setinggi 15 meter ini dimaksudkan untuk mengawasi sekitar. Tetapi akhirnya dibuka atas banyaknya permintaan pengunjung yang ingin melihat panorama dari lokasi puncak menara.

Simak: Agrowisata Paloh Naga

2. Hutan dengan Koleksi Mangrove Terlengkap

hutan mangrove langsa
Gambar: @junaidi_hanafiah via @wisatalangsa
Menikmati Hutan Mangrove Langsa ini merupakan langkah terbaik untuk mengenal kekayaan hutan bakau di Indonesia. Bagaimana tidak? Permadani hijau di Provinsi Aceh tersebut memiliki varietas tanaman mangrove terlengkap di dunia.

Sesuai rilis data terakhir dari pengelola yang diberitakan ulang oleh berbagai media, kawasan yang ditumbuhi lebih dari 35 jenis mangrove ini diklaim sebagai hutan mangrove terlengkap di Tanah Air. Beberapa diantaranya adalah Avicennia, Bruguiera, Sonneratia, Ceriops dan Rhizophora.

Melalui kegiatan susur sungai, setiap jenis mangrove yang ada di hutan kota Langsa ini bisa diamati secara langsung. Usai membayarkan biaya sewa kapal, pengunjung akan dibawa berkeliling ke titik tertentu dengan menggunakan speed boat. Pasti asyik banget, kan?

3. Berinteraksi dengan Fauna

hutan mangrove langsa
pengunjung berinteraksi dengan hewan di hutan mangrove - image salmancivil_46
Flora dan fauna di Hutan Mangrove Langsa sejatinya merupakan salah satu kekayaan provinsi Aceh yang tak ternilai harganya. Di ekosistem perairan ini, hidup berbagai tipe biota laut seperti moluska, ikan udang dan ikan. Sedangkan di bagian daratnya menjadi tempat tinggal sekawanan kera dan monyet.

Monyet dan kera tersebut tidak akan mengganggu lho, bahkan bisa kalian dekati untuk berinteraksi. Sejak dibuka perdana sampai sepopuler sekarang, pengelola memang membiarkan mereka tinggal di hutan mangrove tersebut karena ini adalah habitat asli mereka.

Untuk diwaspadai, para wisatawan dianjurkan untuk tidak menampakkan makanan ataupun minuman. Barang-barang yang mencolok juga perlu disimpan bila monyet tersebut sedang menampakkan diri. Itu saja tips bermanfaat yang patut diperhatikan saat berwisata di Hutan Mangrove Langsa.

Fasilitas

Keistimewaan Hutan Mangrove Langsa yang membuat tempat ini semakin populer adalah fasilitas objek wisata yang lengkap. Tersedia berbagai amenitas yang menunjang kenyamanan pengunjung, meliputi:

- Jalur pejalan
- Pos tiket masuk
- Keamanan
- Kantin
- Mushola
- Speed boat

Sebagai tujuan ekowisata terbaik, taman dan seluruh kawasan turisme di Hutan Mangrove Langsa patut anda kunjungi ketika sedang berkunjung ke Kota Langsa. Selain karena lokasi yang mudah diakses, tiket masuk serta atraksi wisata yang ditawarkan sangat reccomended untuk Anda nikmati.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -