MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Tiket Masuk ISTANA MAIMUN Terbaru & Spoiler Kegiatan

Tiket Masuk ISTANA MAIMUN Terbaru & Spoiler Kegiatan
Add Comments
8/29/2020
Tanpa mengendus info Istana Maimun dari Google atau Wikipedia pun kamu tidak akan mendapat kesulitan mencapai titik lokasinya. Bahkan, muda-mudi di Medan yang belum pernah melalak ke sana pasti langsung sigap memberi tahu jalannya.

Sekedar spoiler, Istana Maimun adalah istana yang dibangun 58 tahun sebelum Republik Indonesia merdeka. Istana yang menjadi tempat beristirahat pewaris tahta Kesultanan Deli sejak 1891 ini merupakan gedung berisikan jejak sejarah. Sebagai peninggalan Sultan Ma'mun Al Rasyid, kegiatan turisme-nya cukup padat setiap hari.

Sementara dari sisi anggaran pembangunan, Istana Maimun merupakan rumah kesultanan dengan biaya termahal di Sumatera Utara. Jika dikonversikan, maka valuasi harga mencapai 10 digit, yakni Rp. 8, 1 Miliar. Nominal itu belum ditambah nilai properti dan perabot di dalam istana, lho.
Istana Maimun di kota Medan merupakan destinasi budaya - Gambar: Travelingmedan.com
Tujuan wisatawan berkunjung ke Istana Maimun sangat beragam. Ada yang ingin melihat arsitektur, berfoto dengan pakaian Melayu hingga menengok Meriam Puntung. Nah, berikut rincian tiket, jam buka dan beberapa spoiler lain yang sekiranya bisa kamu pegang menjadi panduan.

Harga Tiket Masuk Istana Maimun

Bagi traveler yang ingin menikmati Istana Maimun akan diminta membayar tiket masuk di pos penjagaan yang berada di pintu gerbang kiri. Secara garis besar, harga tiket dikelompokkan ke dalam 3 jenis yaitu tarif masuk pengunjung, biaya pemakaian fasilitas dan tarif penitipan kendaraan/parkir. Berikut rincian tiket Istana Maimun selengkapnya:
(Enterance Fee) Tiket Masuk Istana Maimun
Jenis Tiket Harga Keterangan
Tiket Anak-anak Rp5.000/person -
Tiket Dewasa Rp10.000/person Dipandu guide lokal
Sewa busana Mulai Rp20.000 Tergantung aksesoris jenis busana
Parkir Rp3.000 (motor)
Rp5.000 (mobil)
Sesuai jenis moda kendaraan
Daftar tiket pada tabel di atas adalah harga masuk terbaru. Disahkan semenjak 1 tahun lalu dan tetap berlaku sampai sekarang (2020). Kendati tidak dikelola pemerintah, tiket masuk tempat wisata keluarga tersebut bisa didapat dengan harga terjangkau. Serta bisa digunakan sejak hari Senin sampai Minggu.

Jam Operasional

Sesuai dengan jam buka yang dibuat oleh manajemen, Istana Maimun beroperasi setiap hari dari pukul delapan pagi dan tutup pukul lima sore. Sedangkan area souvenir lapangan di bagian depan istana masih bisa dikunjungi sampai jam sembilan malam.
Jam Buka Istana Maimun
Jumat 08:00 - 12:00
14:00 - 17.00
Senin - Minggu 08:00 - 17.00
Simak Juga: Menara Air Tirtanadi Medan

Apa Saja yang Ada di Istana Maimun?


1. Melihat Isi Istana Deli
Dikutip dari Innagroup.id luas istana peninggalan kesultanan Deli di Medan ini adalah 2,7 hektar. Mencakup sayap kiri, sayap kanan dan ruang induk dengan total ruangan sebanyak 30 unit. Untuk masuk ke ruang Induk, pengunjung akan melewati tangga.

Setelah melewati anak tangga, mata akan terpukau dengan keindahan singgasana raja/sultan di pojok kanan. Singgasana yang didekorasi dengan kain dan perabotan tersebut berada di sebelah para pemain orkestra. Jika kamu datang, mereka akan memainkan musik khas Melayu Deli yang enak untuk dinikmati.

Pada sisi kiri, terpajang foto dan benda-benda kuno di dalam Istana Maimun Medan yang merupakan peninggalan Sultan Mahmud Al Rasyid. Ada juga gambar-gambar tokoh ternama yang pernah bertamu ke rumah tersebut. Sedangkan di bagian tengah terdapat pajangan baju-baju Melayu. Busana tradisional ini disediakan oleh pihak istana untuk wisatawan yang ingin berfoto.

2. Menilik Arsitektur yang Kaya
Dikutip dari Wikipedia.com istana megah ini diarsiteki oleh Capt. Theodoore van Erp. Desainnya yang terinspirasi dari gaya desain Belanda, Mughal dan Melayu membuat pesona wisata Istana Maimun di kota Medan ini menjadi gedung yang sangat kaya akan arsitektur lintas budaya.

Sejak dibangun, istana Kesultanan Deli di Jalan Katamso ini masih asli dan sama sekali belum pernah direnovasi. Agar tetap terjaga, Kemendikbud telah menjadikannya sebagai cagar budaya. Tujuannya untuk mengenalkan budaya Melayu kepada masyarakat dan turis mancanegara.

Kalau teman TravelingMedan memperhatikan istana ini dari luar, bangunannya seperti terdiri dari tiga lantai. Padahal tidak, lho! Ilusi itu rupanya tercipta dari bubung atap yang dibuat lebar dan melengkung.
Tiket masuk Istana Maimun
Meriam Puntung yang ada di Istana Maimun - Gambar: Travelingmedan.com
3. Menengok Meriam Puntung
Setiap orang yang berkunjung ke Istana Maimun dapat kesempatan juga melihat meriam Puntung, wujud dari adik Putri Hijau. Lokasi meriam ini terpisah dari bangunan utama. Tapi letaknya tak begitu jauh, dengan berjalan kaki sebanyak 30 langkah saja sudah sampai di tempat.

Kendati Meriam Puntung dianggap menjadi pelengkap koleksi istana. Namun di baliknya ada sejarah tersendiri. Tempat ini pun lumayan sering diabaikan pengunjung, mungkin karena tidak tahu isi dalamnya. Karena itu, kamu tak boleh melewatkannya ya saat ke sana ya.

Berdasarkan penjelasan guide lokal alias penjaga istana Maimun, kata "Maimun" sendiri diduga berasal dari 2 versi berbeda. Pertama merujuk ke gelar atau nama dari isteri sultan. Sedangkan kedua, disadur dari bahasa Arab yaitu Maimunah. Keren juga ya?

Kamu kapan nih liburan ke Medan? usahakan jalan-jalan sebentar ke istana Kesultanan Deli ini ya sob, selain tiketnya murah meriah, kegiatan mengasyikkan juga akan kamu dapatkan.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -