MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Berlibur di Pantai Sibolahotang Sas yang Tersembunyi

Berlibur di Pantai Sibolahotang Sas yang Tersembunyi
Add Comments
8/22/2020
Tak semua traveler hobi berlibur ke tempat ramai. Malahan banyak orang lebih tertarik akan objek wisata yang sunyi di tempat terpencil agar bisa lebih meresapi kecantikan alam. Tersebutlah Pantai Sibolahotang yang bisa kamu jadikan jujukan sesuai dengan kriteria itu.

Pantai Sibolahotang adalah pantai rekreasi yang berada di dekat Lago Hotel and Resto Balige. Tepatnya di Desa Sibolahotang Sas, Kab. Tobasa. Pantai ini muncul tahun 2016 silam dan mulai beroperasi di awal 2017 dengan cakupan lahan seluas 1 hektare.

Paska dibuka untuk wisatawan dari tahun 2017 sampai sekarang. Pantai yang dikenal dengan gerbang berbentuk ukiran Gorga Batak ini ibarat masih tersembunyi. Jadinya, tiap wisatawan yang mendatangi tempat tersebut seperti sedang berlibur ke destinasi pribadi, lho!

Tiket Masuk

Jika berlibur ke tempat tersembunyi biasanya harus membeli paket wisata senilai jutaan rupiah, tapi berbeda dengan pantai di Desa Sibolahotang Sas ini. Sepeserpun tidak akan dipungut biaya. Setidaknya, ini bisa membantu finansial kita di musim malaise seperti sekarang.
Tiket Masuk Pantai Sibolahotang
Tiket normal Gratis
Semua fasilitas dan atraksi wisata di dalamnya dapat dinikmati secara gratis. Tapi ke depannya kami tidak tahu. Mungkin saja Pemkab Toba berencana mengkomersilkannya, apalagi biaya yang dikeluarkan untuk membangun DTW ini mencapai Rp600 juta.

Aktivitas dan Daya Tarik

Dengan anggaran pembangunan lebih dari 1/2 miliar, Pantai Pasir Putih Sibolahotang menjadi tempat berlibur yang menawarkan dua konsep wisata sekaligus yakni alam dan atraksi buatan. Hal itu dilakukan demi mendongkrak turisme ke Danau Toba.

Wisatawan tak perlu antre untuk menikmati setiap atraksi yang tersedia. Alasannya ya itu tadi, karena pengunjungnya masih jarang. Bahkan pada hari tertentu, pantai ini bisa kosong melompong alias nihil. Kontras sekali bila dijajarkan dengan Pantai Lumban Bulbul.

Agak bingung juga kenapa bisa seperti itu, padahal keindahan tempat wisata di Desa Sibolahotang Sas ini lumayan. Meski perlu dibenahi lagi kalau menyangkut kebersihan. Nah, banyak hal bisa dilakukan pengunjung selama di sana. Seperti 3 aktivitas yang menarik berikut.

1. Dihasi dengan Ukiran Gorga Toba

pantai pasir putih sibolahotang - credit kob fu
Keindahan Pantai Sibolahotang didukung juga oleh desain tamannya yang unik. Ketika berada di pintu masuk, teman TravelingMedan akan disambut sebuah gerbang yang dibuat dari semen dan batu. Sedangkan di belakangnya sudah terhampar pemandangan epik Danau Toba.

Yang bikin indah, seluruh permukaan gerbang dilukis gambar berbentuk ukiran gorga. Kemudian ukiran tersebut diberi cat merah, putih dan hitam sehingga kesan tradisionalnya terasa lebih kental serta sarat akan budaya orang Toba. Sepintas, hampir mirip dengan Pantai Tanda Rabun Samosir.

Pastikan membawa kamera deh kalau ke sini. Apalagi yang hobi dolan sambil foto-foto. Gerbang berukir gorga ini bisa kamu pilih untuk berselfie sebelum meluncur ke area pantainya.

2. Pantai Tersembunyi Untuk Menyepi

pantai sibolahotang
pantai yang asyik untuk menyepi - credit kob fu
Dibilang tersembunyi sih sebenarnya tidak juga. Tapi kalau sepi sih memang beneran sepi sehingga sensasinya seperti sedang berlibur ke pantai terpencil. Jadi tak perlu heran kalau hanya ada sedikit pengunjung yang berada di Pantai Sibolahotang.

Entah karena kalah pamor dengan gugusan pantai dan objek wisata di garis serupa, justru disitulah asyiknya. Pantai ini bisa jadi short escape dari hiruk-pikuk manusia. Keindahan alamnya yang bikin tertegun dapat dinikmati sendiri tanpa perlu merasa terganggu.

Hampir seluruh areal sudah dibatasi dengan pedesterian sedangkan sisanya ditanami rumput hijau. Di beberapa spot tertentu, dibangun pula gajebo yang selalu dimanfaatkan para pengunjung untuk tempat bersantai. Sayangnya, fasilitas kamar mandi terkesan tidak terawat.

Lokasi

Pantai Sibolahotang terletak di Desa Sihotang Sas, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir. Dari Balige, kamu cukup menyusuri jalan ke arah desa tersebut, nanti akan ada penanda arah yang dapat kamu gunakan sebagai petunjuk.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -