MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Tandarabun: HTM, Akses ke Lokasi dan Foto Obyek Wisata

Pantai Tandarabun: HTM, Akses ke Lokasi dan Foto Obyek Wisata
Add Comments
5/23/2020
Geliat bisnis pariwisata di gugusan Danau Toba tak kunjung padam. Jika dulu jumlah pusat rekreasi buatan bisa dihitung jari, sekarang malah sangat melimpah. Hampir tiap tahun muncul destinasi baru, seperti pantai pasir putih yang mau Traveling Medan bagikan kali ini, yakni Pantai Tandarabun.

Atraksi wisata yang dihadirkan oleh Pantai Tandarabun seolah-seolah membuat pesonanya semakin istimewa. Berjarak 12 km dari Tele, pantai yang berada di Desa Dosroha, Kec. Simanindo, Samosir ini berisikan keindahan alam yang luar biasa memikat.

Pantai Pasir Putih Tanda Rabun

Merupakan wisata pantai pasir putih yang baru dibangun tahun 2018. Berikut kami paparkan lebih banyak lagi tentang Pantai Tandarabun! Yuk disimak.

Harga Tiket Masuk

Wah, berapa nih tiket masuk ke Pantai Tandarabun? Mahal gak ya? Sst! Hemat banget kok. Kamu cuma perlu mengeluarkan uang HTM sebesar Rp5.000 ditambah biaya parkir sesuai tipe kendaraan. Masih berusia 15 tahun, gratis!
Biaya Masuk Pantai Tandarabun
Tiket masuk Rp5.000
Usia <15 tahun Gratis
Parkir Kendaraan
Roda 2 Rp5.000
Roda 4 Rp10.000
Bus pariwisata Rp20.000
Kamu mungkin sedikit tidak percaya akan nominal tiket itu, utamanya setelah mengetahui keindahan Pantai Tandarabun dengan pesona alam Danau Toba yang ditawarkan. Ya, dibandingkan wisata Samosir yang dikelola oleh swasta, sudah termasuk murah.

Atraksi Wisata di Pantai Tandarabun

Setibanya di lokasi Pantai Tandarabun yang menawarkan gelombang danau yang tenang, spot kuliner, homestay dan tempat berfoto. Kaki dijamin tak akan sanggup bertahan terlalu lama, keindahan di depan mata akan membawa kaki segera melangkah dan menjelajahi wisata di Desa Dosroha ini.

Garis pantainya tidak terlalu panjang memang, tapi bibir pantai itu dipadati oleh beragam wahana air. Jika datang pada musim kemarau, permukaan danau tampak berkilau karena pantulan surya. Kadang wujudnya sebanding indahnya dengan permata yang baru diasah.

Tanpa menyia-nyiakan waktu, kami punya rekomendasi kegiatan untuk dilakukan selama menghabiskan waktu kunjungan selain berkemah dan memancing.

1. Pantai dengan kedalaman yang dangkal

pantai tandarabun
pantai pasir putih tandarabun - image via saint angel/googlemap
Di pantai Tandarabun, ketinggian danau mulai dari 20 cm. Tetapi semakin berenang ke bagian tengah, ukurannya tentu semakin dalam. Hal itu memang menjadi ciri khas dari kawasan wisata perairan laut dan danau yang bergelombang rendah.

Dari pantai ini, lekuk perbukitan yang menjorok ke langit terlihat anggun. Sesuai nama lengkapnya yaitu Pantai Pasir Putih Tandarabun, perpaduan alam dan pasir bak kaca tersebut menciptakan padanan objek visual yang menyejukkan mata.

Pengunjung bisa berenang dengan nyaman karena sudah dipancang tali pembatas sebagai pertanda zona aman untuk bermain air tanpa alat bantu mapun tidak. Bila sedang pasang, alangkah baiknya memakai pelampung atau life jacket saja.

2. Sarat akan Seni Batak

pantai tandarabun
pantai dihiasi patung batak - image source: liewchinhong/googlemap
Jika spot foto selfie berbentuk hati sudah keterlaluan mainstream-nya. Maka pemilik pantai di Desa Dosroha, punya metode kreatif untuk "menjual" potensi yang dimiliki. Di mana, sepanjang garisnya banyak didirikan patung yang menggambarkan kultur kehidupan orang Batak. Bahkan secara rutin, disini selalu menjadi lokasi event pariwisata yakni Pesta Naposo Bulung yang diadakan setiap tahun.

Sejajar dengan patung yang menjadikan Pantai Pasir Putih punya karakteristik unik itu, dibuatkan juga beberapa objek wisata swa-foto, seperti ayunan di atas danau dan bermacam-macam spot kekinian yang lebih condong disukai milenial.

Melengkapi tempat berfoto itu, dihadirkan juga beberapa permainan khas air seperti banana boat, speed boat dan voli air. Namun, biayanya tidak include ya. Jika ingin bermain dengan sarana itu, kalian perlu biaya ekstra sekitar 20 ribu ke atas.

Fasilitas

Dirancang sebagai tempat rekreasi terlengkap, penginapan di pantai Tandarabun adalah akomodasi berupa homestay yang telah memiliki 8 unit kamar sewa. Secara keseluruhan, fasilitas disini sangatlah mendukung kegiatan wisatawan. Berikut beberapa fasilitas yang akan dijumpai:

- Homestay
- Rest room
- Warung kuliner
- Wahana air
- Spot berfoto
- Parkiran

Tak perlu mempersiapkan bekal karena spot kuliner di wisata Samosir ini menawarkan harga yang lumayan terjangkau. Tapi kalau berkunjung dengan rombongan, targetnya tentu ingin lebih hemat, bukan? Sila bawa makanan dan minuman saja.

Akses Menuju Lokasi

Pantai Tandarabun terletak di Jalan Raya, Desa Dosroha, Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Indonesia. Bila pergi ke sana dari Medan, rute yang ditempuh melewati beberapa titik destinasi, termasuk Pantai Sibolazi yang posisinya di kawasan serupa dengan waktu normal sekitar 5 jam. Detailnya lihat map tersemat guna meninjau pintasan terdekat.



Nah teman Traveling Medan, itulah ulasan Pantai Pasir Putih Tandarabun yang ada di Samosir. Rugi banget kalau sedang menjelajah Danau Toba tapi melewatkan destinasi tersebut. Paling asik lagi kalau ingin berhari-hari disini, karena akomodasinya juga dihargai dengan tarif terjangkau.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -