MASIGNASUKA101
7168738000188950837

5 Tempat Wisata di Pulau Kemaro - Cara ke Lokasi & Tiket Masuknya

5 Tempat Wisata di Pulau Kemaro - Cara ke Lokasi & Tiket Masuknya
Add Comments
5/24/2023
Info Pulau Kemaro - Lokasi: 1 Ilir, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatera Selatan (Peta Disini)- Tiket Masuk: Gratis - Jam Buka: 09.00 - 17.00 (Tentatif) - Objek Wisata: Budaya & Sejarah
Fakta bahwa setiap tahun ribuan orang yang wisata ke Pulau Kemaro menjadi simbol pertama jika tempat ini sangat difavoritkan. Walau demi menuju lokasi, para pengunjung diharuskan menempuh cara dengan melayari Sungai Musi melalui pelabuhan di Palembang.

Pulau di Palembang ini begitu identik dengan Pagoda Menara 9 yang istimewa. Serta dikenal luas lewat cerita romantis antara Tan Bun An dan Siti Fatimah. Namun di balik itu semua, pulau ini memiliki beragam pesona yang bakalan bikin terkesima, yakni objek wisatanya.

Adapun beberapa objek wisata menarik yang dapat ditemukan di Pulau Kemaro yaitu Pohon Cinta, Makam, Pagoda dan Klenteng Klenteng Hok Tjing Rio. Lebih lanjut, Travelingmedan akan mengulas setiap spot tersebut. Namun kita akan mengulas lebih dulu soal akses ke sana.

Cara ke Pulau Kemaro

image via: @instagram/achmadi_anggi
Pulau Kamarou atau lebih familier dengan Pulau Kemaro adalah sebuah wilayah delta sediemen yang terdapat di sungai Musi, Palembang. Pulau yang terbentuk melalui proses panjang ini berjarak sekitar 450 meter dari muara laut. Artinya, tak ada jalur darat menuju lokasi.

Jika kamu dari Palembang, hanya ada dua cara pergi ke Pulau Kemaro yaitu dengan menaiki kapal sewa (ABK) melalui Dermaga Benteng Kuto Besak atau lewat Dermaga Pabrik Udang PT Lestari Magris. Ongkos pergi-pulang mulai dari 50 ribu sampai 100 ribu per orang.

Kapal yang melayani rute dari Palembang - Pulau dengan jarak 6,5 km tersebut biasanya memakan waktu antara 25 - 35 menit. Selain kapal fery, kamu bisa menyewa kapal ketek (perahu kecil milik nelayan) jika ingin meminimalisir bajet.

Tiket Masuk & Jam Buka

Sama seperti objek wisata di Palembang, pengunjung yang datang ke pulau ini tak pernah dipungut biaya. Harga tiket masuk Pulau Kemaro sendiri sebenarnya sangat terjangkau, bahkan gratis karena tidak perlu mengeluarkan uang tambahan.
Harga Tiket Masuk Pulau Kemaro
Tiket NormalRp0,-
Pengunjung dapat menikmati seluruh objek wisata di pulau ini sesuai dengan jam buka yang sudah diatur oleh pengelola. Mulai dari 07.00 sampai dengan 08.00 WIB. Sayangnya, di sini belum tersedia penginapan sehingga pengunjung tak bisa bermalam.

Objek Wisata di Pulau Kemaro

Dimensi wisata di lokasi ini didominasi oleh bangunan bersejarah dan tempat peribadatan. Situs Travelingmedan.com akan mengupas semua objek wisata di pulau ini yang perlu kamu ketahui. Apa saja aktivitas liburan di sana? simak selengkapnya yuk!

1. Pohon Cinta

image via aku tj/googlemap
Pohon Cinta adalah objek wisata di Pulau Kemaro, Palembang yang paling unik sehingga mampu menyedot perhatian setiap orang.

Di spot tersebut, pengunjung yang berpasangan selalu menuliskan nama mereka berdua di atas secarik kertas. Kemudian, kertas tersebut akan ditempelkan di sela-sela pohon sembari memohon restu agar hubungan keduanya langgeng sampai akhir hayat.

Diceritakan bahwa Pohon Cinta ini merupakan simbol keabadian cinta antara Tan Bun An dan pasangannya, Siti Fatimah. Sayangnya, pohon tersebut tak lagi bisa disentuh pengunjung. Sebab sejak September 2020, aksesnya sudah dibatasi dengan memasang sebuah pagar pembatas.

2. Pagoda Menara 9

Dibangun menjulang setinggi 45 meter, pagoda yang terdiri atas sembilan lantai ini berada di titik tengah. Dengan keindahan arsitektur Tiongkok, letak bangunan yang dirancang persis menghadap ke area sungai membuat Pulau  Kemaro semakin cantik dan menakjubkan.

Karena keunikan dan sisi romantis yang dimilikinya, pagoda ini paling banyak dipakai wisatawan untuk kebutuhan fotografi. Coba deh bayangkan, bagaimana kerennya berfoto dengan pemandangan sungai dan pagoda cantik tersebut. Romantis sekali, bukan?

Apalagi dengan keindahan alam dan fasilitas di pulaunya yang tak perlu kamu ragukan lagi, sangat Instagramable dan lengkap!

3. Klenteng Hok Tjing Rio

wisata pulau kemaro
image via: hernowo sri
Begitu masuk ke dalam klenteng ini, lagi-lagi kamu akan dibuat terpana. Meski sudah berusia 258 tahun, Klenteng Tjiang Rio masih berdiri amat elok dan terawat. Spot bersejarah ini menjanjikan desain bangunan temporer bergaya negara Tirai Bambu.

Tak cuma menjadikannya bagus sebagai latar berfoto, kamu juga bisa secara seksama melihat-lihat isi seluruh klenteng. Sama seperti Taman Sriwijaya, bangunan ini cocok sekali untuk kamu yang sedang tertarik mempelajari nilai historis.

Klenteng ini sendiri sudah mempercantik pulau kemarau sejak tahun 1962. Dalam kurun waktu sejak pembangunan sampai sekarang, vihara cina yang acap kali dinamai Klenteng Kuam Im tersebut tetap digunakan sebagai tempat peribadatan oleh umat Buddha Palembang.

4. Makam Tan Bun An dan Siti Fatimah

pulau kemaro
image via: diki saputra/googlemap
Legenda tentang pasangan sejoli yaitu Tan Bun An dan Siti Fatimah adalah kisah romantis yang terkenal. Menurut cerita rakyat, pangeran dari Kekaisaran Tiongkok itu jatuh hati kepada seorang putri Kerajaan Sriwijaya. Di mana, kisah mereka berujung pahit lantaran tak bisa sampai ke pelaminan.

Tepat di bagian area depan klenteng, terdapat makam keduanya bersama para prajurit yang setia. Wisatawan biasanya datang ke sini untuk berziarah. Sekaligus mengetahui seluk beluk legenda Raja Tan Bun An dan Ratu Siti Fatimah yang tetap terawat.

5. Festival Cap Go Meh
Kunjungan wisatawan ke pulau ini selalu meningkat pada perayaan Festival Cap Go Meh yang biasanya diadakan setelah Imlek. Wisatawan yang berkunjung tak hanya berasal dari Palembang, tetapi juga negeri seperti turis Malaysia, Singapura dan Tiongkok.

Di festival malam ke lima belas setelah Imlek itu, akan dilangsungkan beberapa atraksi budaya yang menarik untuk ditonton. Mulai dari doa bersama di klenteng, parade, arak-arakan penampilan barongsai dan beberapa pertunjukan budaya Tionghoa.

Tak harus saat festival Cap Go Meh, kamu juga bisa mengunjungi Pulau Kemaro dalam waktu dekat. Entah saat libur sekolah atau akhir bulan menjelang tahun baru ini. Semoga info yang telah kami kumpulkan di atas bisa ngebantu liburanmu ya!
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -