MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Walur Tiket Masuk, Aktivitas dan Sederet Pesona

Pantai Walur Tiket Masuk, Aktivitas dan Sederet Pesona
Add Comments
3/22/2021
Pantai Walur - Alamat: Desa Walur, Kec. Krui Selatan, Kabupaten Lampung Barat, Lampung 34874 ( Peta Lokasi ) | Telepon: - |  Jam Buka: 07.00 s/d 19.00 WIB | HTM: Rp6.000 - | Aktivitas: Berenang, Berselancar &  Memancing
Pantai Walur adalah sebuah pantai di daerah pesisir Lampung bagian barat. Pantai yang terkenal sejak 1990-an ini sudah menjadi salah satu destinasi favorit. Pengunjung dapat bermain dengan puas karena kawasannya terbilang cukup luas.
pantai walur

Nama Walur sendiri dapat diartikan sebagai daerah pesisir dengan rawa yang berair. Seluruh lokasi pantai ini memang dikelilingi perairan laut yang luas dan biru. Sementara di bagian tepi lautnya, sebagian lagi diisi oleh hamparan pasir putih yang indah.

Ombak berkejaran, pasir putih hingga suasananya memang sangat menyenangkan. Ditambah lagi keunikan pemandangan ilalang dan pohon tropis yang berjarak 15 meter dari pinggir laut. Maka tak salah jika Pantai Walur menjadi tujuan pertama para penikmat wisata pantai.

Harga Tiket Masuk

Seperti pantai di pesisir barat pada umumnya, pantai ini pun dikelola oleh masyarakat setempat secara gotong-royong. Wajar jika pengelola memungut tiket masuk ke Pantai Walur dari para pengunjung. Adapun harganya terbilang murah, setiap wisatawan hanya dipungut biaya mulai Rp2 ribuan.
Harga Tiket Masuk Pantai Walur
Tiket Roda DuaRp2.000
Tiket Roda EmpatRp6.000
Jam buka pantai ini dibuka selama 24 jam karena selain tujuan wisata, banyak juga warga yang melakukan aktivitas laut di sana. Seperti nelayan dan pemancing ikan. Sedangkan jam terbaik bagi wisatawan datang ke sana mulai pagi ketika matahari terbit.


Lokasi

Pantai yang terletak di kecamatan Krui Selatan ini berada persis di desa Walur, Kab. Lampung Barat, Lampung. Untuk menuju kesana, pengunjung hanya perlu melintasi jalan sepanjang 4,2 km dari arah ibukota kabupaten melalui Jalur Lintas Barat (Jalinbar).


Posisinya mudah diakses lantaran letaknya diantara dua provinsi di pulau Sumatera yaitu Bengkulu dan Bandar Lampung. Nantinya, akan ada plang petunjuk yang terpancang di sisi kanan jalan. Lamanya ke sana hanya sekitar 10 menit saja lho!


Pesona & Aktivitas di Pantai Walur

Tak banyak orang mengetahui bahwa Pantai Walur termasuk bagian terluar dari kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Hal tersebut sekaligus menambah pesona pantai yang satu arah dengan Way Redak dan Labuhan Jukung ini.

1. Bermain Pasir dan Berenang

pantai walur
padang ilalang yang menambah keindahan pantai - image via: angga firmansyah
Pasir di Pantai Walur begitu lembut dan putih, ketika terkena sinar matahari, warnanya nampak berkilau ketika dilihat kejauhan. Jika membawa anak-anak serta, pengunjung bisa mengajak mereka memulai kegiatan pertama yakni bermain pasir sambil duduk-duduk.

Kalau bermain pasir sudah terasa membosankan, segera saja beranjak ke air lautnya yang menggoda. Pengunjung tidak usah khawatir, air di area pantai sangat terjaga kebersihannya. Sebelum berenang, pengunjung sebaiknya melunturkan pasir yang menempel di pakaian dengan air laut.

Satu hal unik yang akan pengunjung temukan di sini adalah keberadaan karang di kedalaman laut yang cukup dangkal. Sehingga keindahan karang dan ikan-ikan kecil akan senantiasa menemani para pengunjung hingga puas berenang.

2. Bersantai dan Berfoto di Tengah Ilalang

pantai walur
image via: rina hesti utami/instagram
Tidak semua pantai memiliki hutan tropis dan hamparan ilalang, bukan? Namun ketika berkunjung ke Pantai Walur, pemandangan ini menjadi sesuatu hal yang biasa. Kalau ketemu spot instagramable, sudah tau kan harus ngapain? Ya! berburu dan menambah koleksi foto.

Para remaja dan kawula muda sering memanfaatkan hamparan ilalang itu untuk spot berfoto. Kerennya lagi, dua latar berbeda bisa sekaligus dipilih. Mau latar yang membelakangi pepohonan tropis atau spektrum warna laut biru? Berfotolah sepuasnya.

Jika ide berfoto sudah habis dan ingin mencari inspirasi dan pose lain lewat media sosial, wisatawan tak perlu meninggalkan spot ini. Pasalnya, pengunjung dibolehkan kok bersantai di atas hamparan ilalang tersebut. Tetapi jangan lupa menjaga kebersihan ya.

3. Memancing dan Menunggu Sunset

pantai walur
suasana sunset di area pantai - image via: instagram.com/horologer_addict
Karena berbatasan dengan Samudera Hindia, maka Pantai Walur menyimpan pesona lain yang tidak kalah memukau. Di dalam perairan lautnya, tersimpan sederet jenis ikan. Oleh sebab itu, bagi wisatawan yang suka memancing ikan tempat ini harus didatangi.

Jika ingin menangkap ikan lebih besar, para pemancing biasanya memilih berlayar ke bagian tengah. Sementara bagi mereka yang hanya meneruskan hobi, memancing ikan di pinggir lautnya juga sudah membuat umpan kail disambar oleh ikan.

Berencana memancing hingga malam hari? tidak masalah! Justu ketika angin darat berhembus ke laut, hasil pancingan akan sangat berlimpah. Apalagi pengunjung berkesempatan menyaksikan golden sunset yang indah di ujung Samudera Hindia.

Fasilitas

Meski belum begitu populer, tetapi fasilitas yang terdapat di Pantai Walur sudah sangat beragam. Bahkan tidak hanya fasilitas standar seperti toilet, mushola dan bilik bilas, tetapi sudah tersedia sejumlah penginapan berupa cottage, hotel dan inn yang mendukung kenyamanan para pengunjung.

Wisatawan pun tidak perlu membawa makanan dan minuman. Pasalnya di sepanjang bibir pantai terdapat jejeran warung yang menjajakan makanan ringan. Tetapi bila hendak berlibur dengan hemat, silahkan bawa keperluan yang dibutuhkan.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -