MASIGNASUKA101
7168738000188950837

DANAU LINTING - Harga Tiket 2023, Aktivitas Lokasi dan Ragam Keunikan

DANAU LINTING - Harga Tiket 2023, Aktivitas Lokasi dan Ragam Keunikan
Add Comments
3/20/2021
Danau Linting adalah satu danau yang sering menimbulkan beragam asumsi oleh sisi magis yang menyertainya. Danau ini memiliki lubang hidrotermal yang memuntahkan air panas dari kedalaman danau. Air di danau juga sering berubah bentuk warna, yaitu: biru, cyan dan hijau yang terbentuk akibat proses kimiawi.

Lantaran menawarkan beragam atraksi wisata dan pesona, tak ayal membuat Danau Linting menjadi destinasi populer yang wajib dikunjungi. Belum lagi pemandangan danau eksotis dikelilingi pepohonan hijau yang seolah ikut menambah keunikan yang ada.
danau linting

Kendati hanya seluas 1,2 hektar, objek wisata danau di Deli Serdang ini menawarkan kegiatan rekreasi yang lengkap dan nyaman. Mulai dari mengelilingi danau, berendam di air panasnya hingga mengeksplor sederet goa alam di sekitar.

Tiket Masuk Danau Linting

Untuk bisa memasuki seluruh areal kawasan wisata Danau Linting, para pengunjung wajib membayar tiket masuk. Adapun harga yang ditetapkan cukup murah. Kecuali wisatawan hendak mengunjungi spot lain seperti goa putri maka akan dikenai biaya tambahan. Detail harga dapat dilihat pada uraian berikut:
Harga Tiket Masuk Danau Linting 2023
Jenis TiketHarga
Tiket DanauRp5.000
Tiket GoaRp5.000
Sewa TikarRp20.000
Keterangan Tiket: harga tiket masuk tersebut diperuntukkan bagi pengunjung anak-anak dan dewasa, baik wisatawan lokal (warga negara Indonesia) maupun turis mancanegara. Tarif berlaku setiap hari, namun bisa saja terjadi perubahan harga tanpa pemberitahuan.


Lokasi Danau Linting & Jam Buka

Danau ini berada di kabupaten Deli Serdang. Persisnya terletak di Jalan Simpang Gn. Manumpak, Sibunga-bunga, desa Rumah Rih, Tj. Muda Hulu, Sumatera Utara 20582. 


Mengenai jam buka, wisata danau ini sudah dibuka mulai pagi hari tepatnya pukul 08.00 WIB dan tutup pada pukul 18.00 WIB. Lantaran tidak dikelola oleh Pemkab Deli Serdang, maka waktu operasional tersebut berlaku setiap hari, dari hari senin sampai minggu.

Jarak dari arah Medan ke Danau Linting terpaut kurang lebih 50.1 kilometer dimana bisa dicapai dengan 1 jam 46 menit perjalanan melalui rute jalan Panglima Denai - Talun Kenas - Patumbak - Desa Rumah Rih. Untuk kesana, pengunjung dapat menggunakan angkot dari Simpang Limun, Medan. Sehingga tidak terlalu mengorbankan waktu.

Pesona dan Keunikan Danau Linting

danau linting deli serdang
jadi salah satu danau di deli serdang yang punya keunikan - image via: lingga arrum/googlemap
Danau Linting memiliki kedalaman yang belum diketahui hingga sekarang. Seperti dilansir dari Wikipedia.com hal tersebut menandakan bahwa danau tersebut termasuk jenis danau vulkanik yang terjadi akibat adanya sederet aktivitas vulkanisme.

Sedangkan dari sisi topografi, danau ini berada di ketinggian 407 meter di atas permukaan laut dengan kondisi kawasan seperti bukit kecil yang mempesona. Karena aktivitas vulkanik yang tak henti, maka sumber air dari dasar danau terus-menerus mengeluarkan air panas. Bahkan hingga melimbah keluar kawasan.

Pesona tersebut menempatkannya sebagai salah satu danau terunik di Sumatera Utara. Ditambah lagi puluhan pohon Beringin dengan akar menjuntai yang mengelilingi kawasan bukit ini. Serta kicauan burung dan dedaunan hijau yang bergemerisik.


Berendam di Tepi Danau

danau linting
image via: citra lowbudget/instagram
Tidak hanya meresapi keindahannya, wisatawan bisa mencoba beberapa kegiatan menarik untuk menikmati danau secara langsung. Kendati air danaunya cukup panas, tetapi pada jam tertentu, temperaturnya cocok juga untuk tempat berenang atau berendam.

Berendam dengan air panas di danau ini diyakini bisa meningkatkan kesehatan kulit. Pasalnya, airnya mengandung senyawa belerang yang konon katanya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Namun, pengunjung sebaiknya tidak langsung menyebur.

Selain itu, patuhi juga setiap aturan dari pengelola. Misalnya tidak mencoba berenang hingga ke bagian tengah. Seperti yang sudah disebutkan di awal, tidak seorang pun pengelola yang mengetahui kedalaman danau tersebut.

Gelar Tikar dan Bersantai

danau linting
tempat duduk di tepi telaga - image via: heryanto sun
Duduk di bawah pohon beringin yang berjuntai indah, suara alam yang tak henti mendamaikan jiwa hingga pekik kicau burung. Bisa wisatawan dapatkan ketika bersantai di tepi danau linting deli serdang yang menjadi salah satu aktivitas tak terlupakan.

Pengunjung tidak perlu membawa alas duduk sendiri, sebab setiap warung yang menjajakan makanan dan minuman di tempat tersebut, juga menyediakan penyewaan tikar. Terdapat pula kursi-kursi beton jika wisatawan ingin sekedar duduk saja.

Ketika para pengunjung bersantai di sana, sapuan angin yang lembut akan terasa sangat menyegarkan. Apalagi aktivitas ini termasuk disukai oleh setiap pengunjung. Entah mereka datang bersama keluarga kecil, beramai-ramai, pasangan bahkan sendiri.

Mengambil Foto dan Mengoleksi Selfie

danau linting
image via: harris hidayat
Nah, wisatawan tentunya tak boleh lupa mengabadikan kunjungan di Danau Linting. Sebagai satu-satunya danau di Deli Serdang, obyek wisata ini sudah tampil menarik dengan sederet spot selfie. Pengunjung tak perlu ribet lagi mencari fasilitas keren yang khusus dibangun untuk kebutuhan berfoto.

Lantaran tak begitu luas pengunjung bisa berkeliling di danau tersebut. Dalam satu kali putaran, terdapat banyak spot foto yang ciamik. Seperti di area masuk yang terdapat markah atau tulisan dari nama danau itu sendiri. Atau yang lebih simpel, yaitu berayun di akar pohon beringin.

Sejak dulu, danau cantik dengan air berwarna hijau ini sudah sering dipilih oleh fotographer untuk berburu gambar. Seperti untuk kontes foto pariwisata, prewedding atau sekadar menyalurkan hobi. Latar danau yang cantik membuat mereka tidak kesulitan mendapatkan angle yang bagus.

Menyambangi Kolam Putri, Goa Emas dan Goa Perak

danau linting
goa sekitar danau - image via: dela permatasari/instagram
Karena kedua objek wisata ini berada di kawasan danau linting, maka pengunjung bisa sekalian menyambangi Goa Emas dan Goa Perak yang tidak kalah unik. Di sana, wisatawan bisa caving atau menyusuri goa bertipe vertikal tersebut.

Apalagi keberadaan goa tersebut masih memiliki hubungan dengan legenda Danau  Linting. Dimana menurut penuturan warga di lokasi, seluruh kawasan wisata ini muncul setelah sang juru kunci mendapatkan mimpi tentang terjadinya danau yang ditenggarai oleh kehadiran kakek nenek dalam mimpinya.

Goa tersebut menyajikan keunikan yang langka. Jika sedang caving di Goa Emas, suhu udaranya terasa sangat dingin. Sementara jika kita menelusuri Goa Perak, suhu udara justru sebaliknya. Maka tak berlebihan bila mengatakan bahwa kawasan ini adalah destinasi dengan keunikan yang beragam.

Sederet Fasilitas

Fasilitas yang ada di Danau Linting terdiri dari peta (Google Map) atau petunjuk ke lokasi sehingga wisatawan tidak kesulitan mencari arah yang tepat. Kemudian sarana yang tersedia juga sudah lebih dari memadai, seperti kondisi jalan yang bagus dan bisa dilalui motor maupun roda empat.

Sementara di area wisatanya, terdapat sejumlah warung kecil yang mendagangkan berbagai minuman ringan maupun makanan instant. Mereka pun menyewakan tikar. Selain itu, bagi yang hendak berenang, sudah tersedia ban dan pelambung. (image cover credit: amri syah - may rosinda)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -