MASIGNASUKA101
7168738000188950837

13 Tempat Wisata di Prabumulih Terbaru dan Wajib Dikunjungi

13 Tempat Wisata di Prabumulih Terbaru dan Wajib Dikunjungi
Add Comments
4/02/2021
Prabumulih adalah kota dengan beribu pesona keindahan. Kota beriklim tropis basah ini menjadi tujuan berlibur dengan beragam pilihan yang layak dikunjungi. Tak cuma terkenal akan sumber daya minyak bumi, tetapi ada banyak tempat wisata di Prabumulih sekitarnya yang tidak kalah populer.

tempat wisata di prabumulih
Selayaknya kota di Sumatera Selatan pada umumnya, memang dominasi wisata Prabumulih adalah objek rekreasi buatan. Tetapi bukan berarti jika si kota minyak ini kekurangan destinasi alami. Banyak pula diantara tempat wisata tersebut memiliki daya tarik khusus bagi kawula muda dan keluarga.

Nah, tersedianya beragam atraksi menarik tentu membuat kamu ingin berkunjung ke Prabumulih sekaligus berjalan-jalan untuk mengeksplorasi berbagai destinasi yang ada. Oleh karena itu, berikut sederet daftar rekomendasi tempat wisata di Prabumulih.

1. Taman Wonosari

wisata prabumulih
salah satu wisata di prabumulih - image via: am rahmadanti
Di kota berslogan "Seinggok Sepemunyian" yakni Prambumulih, terdapat sejumlah taman yang merupakan tempat liburan gratis. Salah satu yang paling hits yaitu Taman Wonosari. Sebuah taman kota yang mengusung konsep ruang terbuka hijau.

Selain dipercantik dengan aneka jenis bunga, pepohonan dan tanaman hias, tersedia juga berbagai permainan di dalamnya untuk dinikmati para wisatawan. Seperti gazebo, jogging trek, ayunan, jungkat jungkit dan masih banyak lagi. 

Harga tiket masuk sepenuhnya gratis sehingga pengunjung dapat menghabiskan masa liburan tanpa harus memikirkan biaya dan pengeluaran lainnya. Nah, objek wisata ini dibuka setiap hari mulai jam 9 pagi dan ditutup setiap jam 8 malam.
Alamat: Kelurahan Wonosari, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan (Peta Lokasi)
Jam Buka: 24 Jam
Harga Tiket: Gratis

2. Kolam Biru

tempat wisata di prabumulih
image via: sriwijayanews.com
Di tengah areal perkebunan karet, tepatnya di kecamatan Cambai, Prabumulih. Terhampar cantik sebuah kolam alami yang diberi nama Kolam Biru. Keunikan objek wisata satu ini terletak pada warna airnya yang jernih dan kebiruan.

Dahulu, kolam alami berukuran sepuluh kali dua puluh meter tersebut hanyalah berfungsi sebagai penyaringan air. Lambat-laun air yang tergenang dan mengisi cerukan semakin berlimpah. Ditambah lagi dengan airnya yang terlihat semakin kebiruan.

Jika berminat mengunjungi Kolam Biru, kamu sebaiknya datang saat langit sedang cerah. Tempias cahaya matahari akan membuat kolam ini semakin terpancar pesonanya. Hanya saja, usahakan datang di hari biasa agar tidak berdesakan. Sebab, kolam biru adalah tempat wisata yang populer karena menyajikan keunikan tersendiri. 
Alamat: Desa Muara Sungai, Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih, Sumsel.
Jam Buka: 24 Jam
Tiket Masuk: -

3. Kampung Wisata Prabumulih

wisata prabumulih
image via: rizky wahyu/instagram
Kampung Wisata Prabumulih terletak di desa Muara Dua, tepat di sebelah utara Kota Prabumulih. Perjalanan ke lokasi cukup ringkas, hanya 16 menit atau 7,5 kilometer saja. Sehingga tempat wisata tersebut layak dijadikan tujuan destinasi utama.

Berlibur singkat ke destinasi ini akan sangat menyenangkan. Di sana ada kolam renang, taman rekreasi dan waterboom mini dengan fasilitas waterpark sederhana. Alhasil, sarananya yang sangat lengkap membuat nama objek wisata ini wajib dimasukkan ke dalam Itinerary. 

Di kawasan tersebut juga ada spot foto yang sangat difavoritkan pengunjung, yaitu sebuah bekas pesawat terbang milik Kartika Airlines yang sudah tidak lagi dipakai oleh maskapai. Banyak juga wisatawan kemari untuk menambah koleksi swa-foto dengan latar pesawat tersebut.
Lokasi: Desa Muara Dua, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan
Jam Buka: 07.00 - 23.00
HTM: Mulai dari Rp10.000

4. Pantai Pasir Payuputat

tempat wisata di prabumulih
image via: symen emen
Dulunya pantai ini hanyalah tempat bermain anak-anak, namun sejak tahun 2020 hingga sekarang, wisatawan tanpa batasan usia beramai-ramai mendatanginya. Keunikan pantainya terletak pada keberadaan sungai dan hamparan padang pasir.

Pantai Pasir Payutat menjadi satu-satunya objek wisata pantai di Prabumulih dengan pemandangan yang alami. Wujudnya memang tidak seperti pantai pada umumnya, sebab pantai ini merupakan pantai yang terbentuk karena aliran sungai Lematang.

5. Wisata Danau Bujoan

image via: susanto channel/youtube.com
Berbicara mengenai objek wisata air yang ada di Prabumulih, bisa ditemukan di Danau Bujoan. Diresmikan pada akhir tahun 2020 tempat liburan ini termasuk destinasi terbaru. Danau buatan tersebut hadir untuk memenuhi kebutuhan sarana rekreasi keluarga.

Danau ini sebetulnya sudah ada sejak lama. Tetapi sarana dan fasilitasnya baru dikembangkan. Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMD), warga secara gotong royong membangun objek wisata danau dengan mengandalkan anggaran pemrintah.

Danau ini berjarak 24 km dari arah pusat Kota Prabumulih. Akses ke lokawisata sudah sangat memadai. Kamu dapat menuju kawasan tersebut dengan angkutan umum. Atau dapat juga menggunakan motor ataupun mobil pribadi.
Alamat: Jl. Raya Prabumulih - Baturaja, Desa Karang Bindu, Rambang Kapak Tengah.
Tiket Masuk: Rp10.000
Jam Buka: 07.00 - 18.00 WIB.

6. Caroline Island

wisata prabumulih
image via: rinil dayat
Caroline Island merupakan pusat rekreasi air terbesar yang menambah destinasi wisata di Prabumulih bagian selatan. Sebuah taman air dengan wahana waterboom yang namanya sendiri terinspirasi dari pulau atol di Samudera Pasifik.

Taman air ini memiliki wahana seluncuran, gentong air, perosotan dan kolam renang uang dijadikan sebagai daya tarik utama. Selain itu tersedia pula fasilitas parkir, spot kuliner dan tempat selfie. Karenanya, kamu merasa dimanjakan dengan semua wahana yang disediakan pengelola.

Untuk menikmati semua permainan air yang ada di waterboom ini, pengunjung akan dipungut tiket masuk sebesar Rp40.000 per orang. Meski harganya bisa dibilang relatif mahal, animo wisatawan yang ingin bermain ke sana masih cukup tinggi.
Alamat: Jl. Raya Baturaja, Desa Tj. Raman, Prabumulih Selatan. (Peta Lokasi)
Jam Buka: 08.00 - 17.00
Tiket Masuk: Rp.40.000

7. Islamic Centre Prabumulih

image via jovieyunara
Terletak di Jl. Lingkar Kecamatan Gunung Ibul, terdapat Islamic Centre Prabumulih yang merupakan sebuah bangunan masjid terbesar di kota ini. Tempat peribadatan ini memiliki arsitektur khas. Bahkan kubahnya dihias dengan motif batik yang jika dipandang dari luar akan menampilkan pesona tersendiri.

Masjid ini tak pernah sepi, utamanya saat perayaan Idul Fitri sedang berlangsung. Selain digunakan senagai sarana beribadah, keelokan bangunan dengan ciri khas yang elegan mampu menarik wisatawan berkunjung ke tempat wisata di Prabumulih ini.

Menariknya lagi, wisata religi yaitu Islamic Centre Prabumulih ini adalah salah satu masjid termegah yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Sudah bisa bayangkan bagaimana indahnya tempat tersebut?
Lokasi: Jl. Lingkar, Kec. Gunung Ibul, Kota Prabumulih.
Jam Buka: 24 Jam

8. Monumen Patung Kuda

wisata prabumulih
image via: medan kita/googlemap
Ingin melihat ikon paling terkenal di Kota Prabumulih? Kamu wajib singgah ke Monumen Patung Kuda. Beralamat di bundaran Muara Dua tepat di tengah, patung kuda tersebut menjadi destinasi wajib bagi wistawan yang akan meninggalkan kota minyak ini.


Monumen ini akan sangat ramai disinggahi pengunjung ketika malam hari. Selain diterangi lampu berwarna-warni, di sekeliling Patung Kuda akan dipadati oleh penjaja makanan. Sehingga wisatawan bisa kulineran sembari menikmati suasana malam nan indah.
Alamat: Kelurahan Muara Dua, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan (Peta Lokasi)
Jam Buka: 24 Jam

9. Lubuk Mas Rambang River

tempat wisata di prabumulih
image via: nurseman hidayat
Lubuk Mas adalah spot camping di Kec. Rambang Kapak Tengah. Destinasi yang pas untuk berkemah ini berada di tengah areal hutan alami. Tapi karena bukan gunung atau bukit, kamu tak perlu risau dengan rasa letih untuk mendakinya.

Camping Ground yang ada di Rambang ini terdiri dari beberapa area camping. Lantaran termasuk kawasan hutan tropis datar, maka hampir seluruh permukaan tanah di sini lumayan rata. Sehingga tidak begitu menyulitkan para penikmat alam ketika akan mendirikan tenda.

Udara di sekitar area lokasi Lubuk Mas tidaklah terlalu dingin. Meski begitu, kamu harus tetap berjaga-jaga dengan jaket atau mantel untuk mengantisipasi kedinginan agar terhindar dari hipotermia. Jangan lupa mempersiapkan logistik dan peralatan camping yang dibutuhkan.
Alamat: Jungai, Rambang Kapak Tengah, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan 31131
HTM: Rp5.000/orang
Jam Operasional: 24 Jam

10. Rizky Garden

tempat wisata di prabumulih
salah satu wisata air populer
Melepas penat dan menghilangkan suntuk dengan bermain air bisa jadi agenda terbaik di hari libur. Pilihannya ada dua, kolam renang atau waterpark. Di Prabumulih banyak wisata buatan yang dapat dijadikan pilihan dimana salah satunya ialah Rizky Garden.

Tempat wisata buatan yang menambah pilihan ragam objek wisata di Prabumulih ini merupakan destinasi air yang menawarkan sederet permainan air. Konsepnya yang ramah untuk semua usia membuat Rizky Garden seringkali dipilih untuk menghilangkan penat.

Dengan luas 1 hekter, Rizky Garden memiliki wahana dengan permainan yang dapat dicoba oleh pengunjung dewasa dan anak-anak. Harga tiket masuknya dibanderol sesuai hari kunjungan. Namun masih standard dan tak bikin kantong bolong.
Alamat: Jalan Mentawai, Kel. Gn. Ibul Barat, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih
Jam Buka: 09.00 - 18.00 WIB
Tiket Masuk: Rp25.000/orang

11. Wisata Gua Tulung

image via bara varestha
Jangan salah sangka dan menganggap bahwa wisata satu ini adalah goa. Sebab, Gua Tulung yang terletak di seputaran Jungai ini ternyata lebih identik dengan spot kekinian. Jadi sama sekali tidak ada kegiatan caving di tempat wisata di Prabumulih tersebut..

Namun di sini, justru kamu akan menjumpai spot-spot selfie yang menarik. Gua Tulung ini masih dapat tahap pengembangan, tetapi tidak sedikit kemunginkan akan jadi primadona baru mengingat potensinya yang cukup besar. Kamu bisa menikmati wahana foto dan duduk-duduk di tepian kolam sambil bakar-bakar ubi.
Alamat: Jungai, Rambang Kapak Tengah, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan 31131
Tiket Masuk: - 
Jam Buka: 08.00 - 18.00

12. Taman Gunung Ibul

wisata prabumulih
image via: bara lavasha
Jangan bingung kalau maunya berlibur ke alam terbuka. Kamu bisa ajak teman atau keluarga pergi bareng ke taman. Sebut saja Taman Gunung Ibul di Simpang Padat Karya, Kota Prabumulih yang bisa membuatmu bebas menghirup udara segar.

Rerumputan yang tumbuh subur bisa digunakan untuk duduk-duduk bersama teman. Kamu sama sekali tak akan bosan di tempat ini karena lingkungannya sangat nyaman. Buat pecinta swa-foto, ada kolam kecil berbentuk cinta yang bisa dieksplor.

Misalnya kamu lupa bawa bekal, sederet gerobak yang menjajakan aneka minuman dan makanan. Mana tau kamu ketemu makanan favorit khas pinggiran jalan. Dijamin seru banget ngehabisin waktu di taman nan elok ini.

13. Masjid Darussalam

wisata prabumulih
image via: am rahmanti/googlemap
Bagi kamu yang berniat merasakan suasana tarawih atau wisata religi, masih ada masjid yang memikat hati di Prabumulih. Dengan arsitektur unik dan desain eksterior yang megah, Masjid Darussalam ini bisa jadi jujuganmu.

Pada bulan suci Ramadhan, atmosfir masjid ini sangat menyejukkan hati dan memberikan suasana yang begitu damai. Kapasitasnya cukup luas dan mampu menampung hingga ratusan orang. Dari pelatarannya, kamu dapat melihat kubah cantik yang berkilau pada bagian atap.

Nah, siapa bilang kalau tempat wisata di Prabumulih tak cukup banyak? Berbagai objek wisata di atas buktinya. Kamu tinggal pilih yang mana, tapi sebaiknya kunjungi semua deh, karena masing-masing punya daya tarik dan pesona tersendiri.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -