MASIGNASUKA101
7168738000188950837

14 Tempat Wisata di Metro Terbaru dan Wajib Dikunjungi

14 Tempat Wisata di Metro Terbaru dan Wajib Dikunjungi
Add Comments
7/27/2021
Diapit oleh dua kabupaten di Provinsi Lampung, Metro merupakan kota populer dengan julukan si kota pendidikan. Hits dengan motto "Bumi Sai Wawai", wisata Metro menjadi tempat berlibur favorit mengingat ragam pesona destinasi yang dimilikinya.

Terpaut jarak 52,5 km dari Bandar Lampung, transformasi tempat wisata di Metro sejalan akan upaya memperbaiki setiap sektor agar semakin prima dan optimal. Hal itu ditandai dengan keberadaan objek wisata dan area rekreasi terbaru yang terus bertambah.
tempat wisata di metro

Cocok untuk tujuan liburan domestik dan lokal, berikut 14 tempat wisata yang ada di Metro, Lampung. Meliputi destinasi alam seperti pantai, air terjun hingga rerkreasi buatan berupa taman tematik, sawah berundak hingga spot romantis yang direkomendasikan.

1. Taman Bunga Asri Bougenville

tempat wisata di metro
taman bunga jadi wisata terbaik di metro - image via: instagram/lusisaidah_
Selain Taman Buah, Metro memiliki objek wisata buatan yang khusus menyuguhkan hamparan bunga dan aneka tanaman hias yang luar biasa indah ke hadapan para pengunjung. Nama tujuan wisata yang dimaksud adalah Taman Asri Bougenvil.

Taman bunga ini merupakan salah satu tempat yang romantis di Metro, Lampung. Sepadan dengan namanya, seluruh lahan kebun ini berisikan berbagai jenis bunga. Namun, bunga tersebut memang didominasi oleh bougenvil berwarna merah, kuning, pink dan putih. Sedap dinikmati bersama orang terkasih.

Berlokasi di seputaran Stadion Tejosari, destinasi terbaru ini memang belum lama diresmikan oleh wali kota Metro, tepatnya pada pertengahan tahun 2021 lalu. Sehingga kebun bunga tersebut masih termasuk fresh dan jadi primadona wisatawan.
Lokasi: Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur, Metro, Lampung, Indonesia (Lokasi)
Tiket: Rp5.000 (All Access)
Jam Buka: 08.00 WIB - 19.00 WIB (Reguler)

2. Sakura Garden

wisata metro
image via: gusti rahmadi/instagram
Bagi wisatawan yang menaruh harapan bisa terbang ke Jepang demi melihat keindahan bunga Sakura, tetapi terkendala biaya traveling yang jumlahnya tidak sedikit. Berkunjung ke Metro saja, di sini ada Sakura Garden sebagai wisata alternatif.

Sakura Garden adalah taman hiburan yang menyuguhkan suasana ala Jepang. Taman yang dihias menggunakan pernak-pernik khas dari Negeri Matahari Terbit. Beberapa pohon sakura artfisial yang ditata seolah sedang berbunga turut menyemarakkan areal taman.

Harga tiket masuk ke taman ini hanya Rp10 ribuan per orang. Dengan biaya tersebut, pengunjung sudah bisa puas berfoto selfie dan menikmati kesegaran bunga yang bermekaran. Jam bukanya sama seperti destinasi lain, mulai pukul 08.00 pagi dan tutup pukul 17.00 WIB.
Alamat: Unnamed Road, Sumbersari, Metro Selatan, Kota Metro, Lampung (Lokasi)
Jam Buka: 09.00 - 23.00
Tiket Masuk: Rp10.000/orang

3. Air Terjun Padas Grojok

tempat wisata di metro
image via kutahetiawan/instagram
Air terjun ini merupakan air terjun buatan yang aliran airnya sendiri berasal dari persawahan. Digagas oleh salah satu warga kreatif di Metro, Air Terjun Padas Grojok setinggi tiga meter ini tetap saja menampilkan nuansa alami lantaran dikelilingi persawahan hijau.

Air Terjun Padas Grojok sudah berhasil menyita perhatian wisatawan lokal sejak pertama kali dibuka. Bukan hanya karena keunikannya saja, keindahan yang bisa dilihat juga jadi alasan. Karenanya, puluhan pengunjung tampak selalu berseliweran di air terjun Metro.

Wisatawan diizinkan bermain air sepuasnya. Bagi yang tidak berenang karena lupa membawa pakaian ganti, sederet aktivitas seru akan membuat momen liburan tak terasa ngebosenin. Mulai berfoto dengan latar belakang batu-batu cadas hingga bersantai di gazebo.
Alamat: Kel. Rejo Mulyo, No 26A, Metro Selatan, Kota Metro
Jam Buka: 09.00 - 19.00
HTM: Rp10.000

4. Taman Merdeka Metro

wisata metro
image via: instagram/abi al-sobar ali
Pengalaman mengeksplorasi wisata Metro kurang lengkap jika tak singgah di Taman Merdeka Metro. Di sini, terdapat kuliner khas jajanan kali lima yang lezat dan menggugah selera. Kuliner tersebut bisa dicicipi usai menengok monumen di tengah taman.

Taman yang juga difungsikan untuk lokasi wisata kuliner ini sebetulnya mempunyai nilai sejarah. Khususnya terkait perjuangan rakyat demi mempertahankan kedaulatan NKRI. Sejarah itu juga yang melatarbelakangi dibangunnya tugu temporer di bagian tengah area.

Baik kawula muda maupun komunitas tertentu sering mengadakan kopi darat di taman terbuka ini. Begitu juga bagi warga Metro yang peduli akan kebugaran tserta kesehatan tubuh, mereka sering menafaatkan pedestrian untuk jogging dan berolahraga.
Alamat: Jl. AH Nasution, Imopuro, Kec. Metro Pusat, Kota Metro (Lokasi)
Jam Buka: 24 Jam

5. Jembatan Gantung 28

image via: google.maps/kakak zack
Untuk memenuhi kebutuhan spot instagramable, wisata jembatan yang ada di Metro yaitu Jembatan Gantung 28 sangat recommended bagi penikmat selfie. Beralamat di Desa Purwoasri, konstruksi bangunan yang semula didirikan untuk sarana penghubung antar desa ini memang memukau.

Mirip wisata pantai, di jembatan gantung setinggi 12 meter dari atas permukaan sungai ini, tersedia sampan kecil yang bisa disewa untuk menyusuri kawasan perairan. Aliran sungainya memang jauh dari kata jernih, tetapi seru untuk rekreasi keluarga.

Saat berdiri di atas jembatan gantung bermotif siger tersebut, pengunjung akan merasakan udara segar yang berhembus dari balik pepohonan. Sementara di kejauhan, terlihat pula pemandangan persawahan dan kelokan air sungai. Ya, pemandangannya yang tersaji sangat apik untuk dipotret.
Alamat: Desa Purwoasri, Metro Utara, Kota Metro, Lampung
Jam Buka: 24 Jam

6. Bendungan Dam Raman

image via: instagram/ayokedamraman
Berjarak 33,6 kilometer dari Bandara Radin Inten Lampung, Bendungan Dam Raman merupakan wisata air populer yang pas untuk habiskan liburan panjang. Di sini, wisatawan akan disuguhkan berbagai macam permainan outdoor dan sederet wahana air.

Bendungan yang menyerupai danau kecil ini pada awalnya dibangun kolonial Belanda untuk kebutuhan irigasi dan pengairan sawah. Namun seiring berjalannya waktu, masyarakat setempat berkoordinasi dengan Pemko mengembangkannya jadi tempat liburan.

Sering juga disebut Dam Way Raman, nama objek wisata ini berasal dari bahasa lokal dan bahasa Belanda yang jika diterjemahkan berarti bendungan air yang cantik seperti dilansir dari Wikipedia. Fasilitas yang disediakan sudah sangat memadai, terdapat area camping sarana outbond, taman piknik dan spot kuliner.
Alamat: Jl. Dam Raman No.1, Purwoasri, Metro Utara, Kota Metro.
Jam Buka: 09.00 - 17.00
Tiket Masuk: Rp10.000/orang

7. Wisata Alam Capit Urang

wisata metro
image via: duna riana/google.maps
Tempat wisata selanjutnya yang wajib masuk dalam itinerary adalah Wisata Alam Capit Urang. Destinasi ini merupakan salah satu destinasi yang termasuk baru di Metro. Walaupun begitu, lokasinya sudah lumayan ramai dikunjungi para wisatawan.

Kawasan Wisata Alam Capit Urang sendiri diprakarsai oleh Pokdarwis setempat. Usai mendapatkan izin, seluruh kawasan kemudian ditata menjadi tempat rekreasi keluarga. Untuk memaksimalkan daya tarik, pengelola turut menambahkan beragam sarana yang diperlukan wisatawan.

Oleh karena itu pula, pengunjung bisa menghabiskan waktu berlibur dengan memainkan sarana wisatanya. Mulai dari menaiki kapal bebek-bebekan di pinggiran dermaga, naik motor trail, bersantai di gazebo sambil memandang alam sekitar hingga membeli kuliner yang enak.
Alamat: Purwosari, Metro Utara, Kota Metro, Lampung 34119 (Lokasi)
Jam Buka: 08.00 - 16.00
Tiket: Rp10.000

8. Goa Warak

tempat wisata di metro
image via: kurniawan deddy 22/instagram
Berbeda jika dibandingkan kota lainnya di Provinsi Lampung, siapa sangka bahwa Metro menyimpan objek wisata speologi yang tentunya jarang ditemui pada wilayah perkotaan. Bagaimana tidak, ternyata ada Goa Warak yang letaknya masih cukup tersembunyi.


Di kota dengan jumlah penduduk mencapai 158 ribu jiwa ini, Gua Wara jadi pesona alam yang tak banyak diketahui. Mungkin, kondisinya yang kurang terawat dan namanya yang tak begitu hits membuat wisatawan enggan menjelajah goa tersebut.
Alamat: Rejomulyo 26b, Tejosari, Metro Selatan, Kota Metro, 34335
Harga Tiket: Gratis

9. Masjid Al-Taqwa

tempat wisata di metro
image via: instagram/nda_een
Sampai detik ini, Masjid Al-Taqwa masih menjadi icon utama dari kota Metro. Memiliki desain dan arsitektur menakjubkan serta berdiri di lahan luas 45×45 meter membuat bangunan tersebut mendapat predikat sebagai salah satu masjid terbesar di Lampung.

Masjid yang didirikan sejak tahun 1967 ini didapuk sebagai icon sekaligus ciri khas kota Metro. Masyarakat pun sangat bangga akan keberadaan bangunan tersebut. Tak hanya di hari besar, pengunjung pun ramai mendatangi destinasi religi ini meski pada hari kerja.

Pada Idul Fitri, Idul Adha, dan hari besar lainnya, masjid kerap digunakan sebagai ruang bagi masyarakat untuk merayakannya bersama-sama. Sebab, kapasitasnya terbilang sangat luas dan mampu menampung hingga 2000-an orang.
Alamat: Jl. Letjend Alamsyah Ratu Prawiranegara, Imopuro, Metro Pusat.
Jam Buka: 24 Jam

10. Taman Metro Indonesia Indah (TMII)

wisata metro
image via: youtube/mbm channel
Sebelum mengunjungi pantai terdekat dari Metro, tak ada ruginya sih bermain ke Taman Metro Indonesia Indah atau disingkat TMII. Spot rekreasi bertemakan dunia bawah laut dengan pantai buatan dan kolam ombak ini juga menyajikan pengalaman seru bagi penikmat rekreasi air.

Tak beda dibanding Palem Indah Metro, pusat rekreasi ini sama-sama memiliki kolam renang, wahana outdoor dan permainan waterboom. Tak rugi rasanya bila seharian penuh berlibur di tempat tersebut. Tak cuma sesuai bagi dewasa, tapi ramah juga bagi anak-anak.

Lokasinya tergolong prime dan mudah dicapai dari pusat perkotaan. Tepatnya di Jl. Imam Bonjol, No 08, Hadimulyo Barat, Kota Metro. Nah, jika akan mengadakan liburan kemari, persiapkan biaya beli tiket sebesar Rp20.000 untuk weekend dan weekday.
Alamat: Jl. Imam Bonjol No.8, Hadimulyo Bar., Metro Utara, Kota Metro, Lampung.
Jam Buka: 09.00 - 17.00 WIB
HTM: Rp20.000

11. Pulau Payung

image via: fandi irawan
Selain yang sudah disebut di atas, Metro mempunyai lokasi untuk liburan sambil berwisata kuliner yaitu Pulau Payung. Kendati mencatut nama ala destinasi bahari, tempat ini sebenarnya hanya dibatasi oleh aliran sungai dan Jembatan Sunbersari saja.

Pulau Payung sangat prima untuk kegiatan relaksasi dan menyepi dari segala hiruk pikuk keramaian kota. Selain kuliner, pulau seluas 2 hektar ini punya spot camping dan hammocking bagi pengunjung yang penasaran bagaimana sensasi bermalam di tengah alam.
Alamat: Sumbersari, Metro Sel., Kota Metro, Lampung 34331 (Peta Lokasi)
Jam Buka: 08.00 - 05.00 
Tiket: -

12. Sawah Bertingkat Bantul

image via l.lampung
Satu lagi tempat romantis yang mengesankan yaitu Sawah Bertingkat Bantul. Wisata yang terletak di Metro ini mempunyai pemandangan seperti Bali. Bahkan sejak namanya mencuat di berbagai platform media sosial, Warganet menjulukinya dengan sebutan Tegalang-nya Lampung.


Untuk menyaksikan pemandangan sawah bertingkat ini secara menyeluruh, pengunjung perlu mendaki kecil-kecilan ke spot yang ditentukan. Dari atas, mata tak henti dimanjakan dengan petak-petak sawah dan tumbuhan padi yang menghijaukan pandangan.
Alamat: Desa Bantul, Metro Selatan, Kota Metro
Jam Buka: 24 Jam

13. Alas Puri

image via: @wisatasumbersari
Membuka destinasi baru tetapi tetap mepertahankan keasrian alam sudah jadi tren pada masa kini. Namun, tak banyak pengelola yang mengaplikasikan tren ini. Kecuali Wisata Alas Puri yang sejak soft-opening sudah mengusung konsep tersebut.

Wisata Alas Puri merupakan destinasi kekinian di Sumbersari yang menargetkan pengunjung kawula muda dan kaum remaja. Di sini, tempat berfotonya dibuat dari ranting dan batang pepohonan tak terpakai yang dirangkai secara aestetik.

Tak sekadar spot foto, hidangan kuliner tradisional yaitu makanan dan minuman khas juga bisa wisatawan dapatkan jika bertandang ke Wisata Alas Puri. Kabar menariknya lagi, setiap pengunjung tidak dipungut biaya masuk alias gratis.
Alamat: Sumbersari, Metro Selatan, Kota Metro
Jam Buka: 09.00 - 19.00

14. Gua Macan Putih

image via: @galerirejomulyo
Hampir sama dengan goa sebelumnya, pun Gua Macan Putih lebih sesuai bagi petualang yang gemar menjelajahi tempat tersembunyi dan belum banyak dikenal orang. Gua bertipe vertikal ini sebaiknya dikunjungi beramai-ramai mengingat lokasinya yang belum terjamah.

Namun jangan berharap ada stalagmit dan stalagnit di dalam area goa. Lantaran tidak diberi lampu penerangan, goa dengan lebar 3 meter ini hanya bisa dimasuki jika membawa head lamp atau sejenisnya. Jalur treknya memang tidak licin, tapi tetap harus waspada saat melangkah.
Lokasi: Rejomulyo, Kota Metro, Lampung
Tiket Masuk: Gratis

Sebagaimana sudah disebutkan pada daftar tersebut, sepertinya tempat wisata di Metro yang kami cantumkan sudah bisa membantu sekaligus menjadi panduan ketika berlibur ke ibukota kedua Provinsi Lampung ini. Sudah tak sabar mengunjunginya satu per satu, bukan? (image cover credit:)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -