MASIGNASUKA101
7168738000188950837

AIR TERJUN SIKULIKAP - Lokasi, Tiket Masuk, Foto dan Ragam Pesona

AIR TERJUN SIKULIKAP -  Lokasi, Tiket Masuk, Foto dan Ragam Pesona
Add Comments
10/22/2021
Air Terjun Sikulikap - Alamat: Jalan lintas Medan Berastagi, Desa Doulu, Martelu, Kec. Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia, 20357 (Peta Lokasi) - HTM: Mulai dari Rp5k - Jam Buka: 08.00 s/d 20.00 WIB - Daya Tarik: Cafe, Alam dan Wahana Foto
Air Terjun Sikulikap adalah air terjun yang terletak di Desa Doulu, serta berada tepat di perbatasan antara wilayah Karo dan Kab. Deli Serdang yang memiliki pesona alam, sekaligus lokasi menarik karena ditata mirip seperti Cikole, Bandung.

Tak seperti wisata pada umumnya, jumlah pengunjung yang berasal dari Air Terjun Sikulikap sempat mengalami pasang-surut sebelum akhirnya objek wisata tersebut kembali ditata ulang oleh pengelola hingga kini menjadi destinasi yang cukup terkenal.

Air Terjun Sikulikap tentu bisa menjadi opsi terbaik bagi wisatawan yang tengah mencari destinasi alam yang sangat recommended untuk dikunjungi. Sarana wisata seperti cafe pohon, spot foto, jembatan lampu, pemandian alam, rumah hobbit berpadu dengan suasana alam nan tenang dan sejuk yang keindahannya keindahan selalu memanjakan mata.

Dan berikut inilah informasi Air Terjun Sikulikap yang sudah tim Travelingmedan.com siapkan, ulasan lengkap yang dapat digunakan untuk referensi awal jika ingin berlibur ke wisata di tanah Karo ini saat akhir pekan maupun pada hari biasa.

Lokasi Air Terjun Sikulikap

Lantas, dimana kah alamat air terjun sikulikap dan bagaimana akses ke lokasi? Nah, letaknya terpaut 23 km dari Berastagi, Karo. Tepatnya di jalan Lintas Sumatera - Karo, Desa Doulu, Kec. Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia.

Ketika kamu sudah hampir mencapai Penatapen Doulu yang dipenuhi berbagai cafe, maka berhenti saja di tepi jalan. Di sana, sudah terpampang papan petunjuk bertuliskan nama objek wisata Air Terjun Sikulikap. Setelah memarkirkan kendaraan, perlu berjalan kaki sekitar 10 menit lagi ke bagian bawah.

Sejak dulu hingga sekarang, daerah dimana air terjun ini berada memang sudah sangat memadai dari segi ketersediaan transportasi publik. Bahkan kamu bisa menaiki moda angkutan umum dari Medan. Ongkosnya pun relatif murah, hanya sekitar 7-10 ribuan saja.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sikulikap

Pesona wisata Air Terjun Sikulikap bukanlah ditujukan bagi wisatawan tertentu. Hal tersebut terlihat dari rincian harga tiket masuk yang relatif terjangkau. Sehingga pengunjung tanpa terkecuali, bisa menikmati keindahan yang tersaji tanpa harus menguras kocek terlalu dalam.
Harga Tiket Masuk Air Terjun Sikulikap 2021
Jenis TiketHarga
Tiket UmumRp5.000,-
Tiket Roda DuaRp10.000,-
Tiket Roda EmpatRp20.000,-
Selain murah, harga tiket yang ditawarkan juga berlaku bagi setiap pengunjung tanpa dipisahkan sesuai dengan umur maupun waktu kedatangan wisatawan. Kecuali pada hari libur nasional, biaya yang kamu perlu siapkan mungkin bisa lebih banyak dari tarif normal.


Keindahan Air Terjun Sikulikap

Pemberian nama Sikulikap ini diduga berasal dari warga yang tinggal di daerah setempat yaitu etnis Karo. Kulikap dalam bahasa Karo lebih dikenal sebagai burung elang. Nama ini muncul karena pada masa itu banyak ditemukan burung bernama latin Aquila Nipalensis di wilayah tersebut.

Oleh pesona yang dimiliki, keindahan air terjun ini alhasil sudah disorot media sejak era 90-an. Padahal media online belum seramai sekarang. Bahkan turis mancanegara sering kali singgah dan menjadikannya tempat pemandian alam favorit.

Air Terjun Sikulikap memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan lebar 1 - 1,5 meter. Sementara kolam di bagian bawah berbentuk cekung jadi penampung air yang kemudian mengalir melalui lembah kecil dan melewati bebatuan hingga bermuara ke hilir sungai. Hal tersebut menjadikannya cocok juga untuk rekreasi air dan pemandian alam.

Pada dasarnya, sumber air terjun ini terpancar dari kawasan hutan lindung yang tersebar di wilayah dataran tinggi Deli Serdang. Saat sedang musim kemarau kondisi airnya akan terlihat jernih, sebaliknya pada musim penghujan air terjun tersebut akan berubah kecoklatan.

1. Menikmati Suasana Hutan alami

air terjun sikulikap
image via: instagram/heralisnani
Sebelum masuk di kawasan objek wisata Air Terjun Sikulikap, pengunjung yang datang akan disambut dengan pemandangan hutan tropis dan udara segar. Tak jarang, sekawanan monyet dan kera nampak bergelantungan di antara ranting kayu dan dahan pepohonan.

Sementara itu, cericit burung dan desau angin yang membuat daun-daun hijau bergerak seolah tak mau ketinggalan untuk menyambut kedatangan para pengunjung. Di sepanjang jalut trek akan ditemukan berbagai jenis pohon seperti Sonokembang, Meranti, Kelenjar, Kecing dan lainnya yang sekaligus jadi peneduh jalan menuju air terjun.

Oleh lingkungan alam yang lestari dan vegetasi hutan hijau yang terjaga itu pula yang membuat debit air terjun ini selalu terjaga sepanjang tahun. Sejak pertama kali ditemukan hingga saat ini, air terjun sama sekali belum pernah mengalami kekeringan.


2. Nongkrong di Sikulikap Cafe

air terjun sikulikap
elsierra coffee - cafe bernuansa cikole di sikulikap
Elsierra adalah cafe di kawasan Sikulikap yang ikut menyita perhatian pengunjung. Tempat nongkrong yang sepenuhnya dibangun dengan menggunakan kayu alam ini terasa sangat otentik. Banyak pengunjung menyebutnya cafe pohon lantaran kafe tersebut dikelilingi oleh pepohonan.

Cafe ini semakin populer karena di sekitarnya terdapat jembatan kayu yang setiap sisinya diterangi lampu. Pada malam hari ketika lampu taman dihidupkan, suasananya seketika berubah, apalagi jika diperhatikan hanya sekilas, rasanya seperti sedang berada di Cikole, Bandung.

Sembari bersantai, menyeruput kopi dan mencicipi hidangan cafe, di sini kamu bisa merenggangkan otot yang kaku setelah capek berjalan dari area parkir. Nah, bagi para pemburu konten, kamu sudah bisa mulai merekam dan mengambil foto dengan kamera terbaikmu dari kafe ini.

3. Melihat Air Terjun Lebih Dekat

image via: instagram/alfatih.rtf
Ada istilah di kalangan traveler yang mengatakan kalau liburan ke air terjun tak akan lengkap jika tak menyentuh airnya. Nah, jika memang sudah puas nongkrong di Sikulikap Cafe, jangan tunggu terlalu lama lagi, langsung saja turun dan beranjak ke objek wisata utama yang ada di sini yaitu air terjun.

Lantaran terletak di dataran tinggi, wisata air terjun yang satu ini sering kali diselimuti kabut putih. Belum lagi semburan air yang memercik halus terasa sangat lembut ketika menyentuh permukaan wajah. Sensasinya seperti mandi tanpa harus berenang.

Tak mau basah-basahan? Tenang! Pengelola sudah menyediakan saung yang diletakkan persis di bagian depan air terjun. Dari saung yang mirip beranda tersebut, kamu dapat melihat pesonanya lebih dekat, mulai dari puncak hingga kolam alami di bagian bawah.

4. Rumah Hobit dan Beragam wahana Foto


Setiap kali bepergian ke suatu objek wisata, kebanyakan dari traveler pasti ingin mengabadikannya lewat foto, bukan? Di sini, ada banyak sekali spot atau wahana foto yang betul-betul aestetik untuk memenuhi memori kameramu.

Salah satunya adalah rumah hobbit yang menjadi latar gambar Air Terjun Sikulikap yang paling disukai pengunjung. Wahana foto ini memang selalu ada di setiap objek wisata kekinian. Karenanya, pengunjung pun harus ekstra bersabar kalau mau berfoto di sana.

Selain rumah hobbit, masih banyak kok spot-spot bagus untuk dijadikan background foto. Makanya sebelum kemari, perlu banget menyiapkan memori kamera atau mengosongkan penyimpanan data yang ada di handphone. Supaya saat lagi asyik berselfie memory HP tetap mampu menyimpan jepretanmu.

5. Camping di Area Khusus

air terjun sikulikap
image via: @anezsandyova_
Keseruan lain yang bisa dicoba ialah berkemah di Sikulikap. Camping di air terjun ini bisa membuat kamu lebih dekat dengan alam. Namun sebagai catatan penting, upayakan berkemah beramai-ramai agar saat camping lebih aman.

Tempat perkemahan berjarak sekitar 150 meter dari area air terjun. Lantaran terletak di dataran tinggi, udara tentu terasa sangat dingin sepanjang malam. Sebaiknya gunakan jaket atau selimut tebal untuk menghindari hipotermia.

Pengunjung yang camping juga diizinkan membuat api unggun. Selain berfungsi untuk menghangatkan badan dari udara dingin. Bisa pula menambah keakraban bersama orang-orang yang ikut berkemah. Di sini belum ada tempat penyewaan alat camping, karenanya kamu wajib membawa perlengkapan camping sendiri. Sebut saja tenda, matras dan slepping bag.

Jam Buka Air Terjun Sikulikap

Dalam kondisi normal, Air Terjun Sikulikap buka setiap hari. Wisatawan dapat berkunjung mulai hari senin sampai minggu sesuai dengan jam operasional yang sudah diatur pengelola.
Jam Operasional
HariJam Buka/Tutup
Senin - Minggu08.00 WIB/20.00 WIB
Kecuali area cafe dan area camping, area wisatanya mungkin sudah ditutup pada pukul 18.00 WIB.

Fasilitas

Adapun fasilitas wisata di Air Terjun Sikulikap sudah sangat tercukupi dengan baik. Saat mengunjungi objek wisata ini, sudah tersedia berbagai fasilitas mumpuni yang dapat dinikmati seluruh pengunjung, diantaranya:

- Area parkir mobil dan motor
- Cafe
- Saung
- Jalur trekking
- Spot camping
- Area swa-foto

Keberadaan objek wisata dan berbagai sarana wisata yang tersedia alhasil membuat air terjun ini sangat pantas dikunjungi. Jika sedang membutuhkan tempat refreshing dengan suasana alam yang ditata modern, objek wisata ini bisa menjadi opsi pertama.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -