MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Tor Simago-Mago: Tiket Masuk, Area Wisata Puncak dan Lokasi

Tor Simago-Mago: Tiket Masuk, Area Wisata Puncak dan Lokasi
Add Comments
10/08/2021
Tor Simago Mago - Lokasi: Huta Raja, Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara 22742 (Peta) - Jam Buka: 24 Jam - HTM: Rp5k - Telepon: +6282164197950 - Atraksi Wisata: Landscape, Perbukitan, Swafoto & Spot Camping
Tor Simago-mago merupakan area wisata puncak perbukitan yang berada di Desa Huta raja, Sipirok, Tapanuli Selatan. Lantaran terletak pada ketinggian 1.376, bukit yang dekat dan dapat diakses dari Jl. Lintas Tengah Sumatera ini memiliki pemandangan yang indah.

Wisata puncak bukit Tor Simago-mago seluas 1/2 hektar ini jadi tujuan alternatif yang patut dikunjungi. Karena selain melihat panorama eksklusif yang membentang di bawah kaki perbukitan, pengunjung juga bisa berkemah sambil menikmati suasana malam. Terlebih lagi areanya sudah ditata ulang

Nah, sebelum pergi berlibur ke Tor Simago-mago, ada baiknya jika teman Travelingmedan mengetahui seluk-beluk terkait informasi wisata, tiket masuk dan rute ke destinasi yang akan dituju. Supaya momen perjalanan lebih tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk

Menikmati area wisata ini pengunjung akan dipungut biaya. Harga tiket masuk Tor Simago-mago dibanderol per orang. Tiket yang berlaku bagi dewasa dan anak-anak tersebut tentu sepadan dengan pengalaman yang akan didapatkan para pengunjung.
Tiket Masuk Tor Simago-Mago
Tiket DewasaRp5.000
Tiket Anak-anakRp3.000
Parkir Roda EmpatRp7.500
Parkir Roda DuaRp5.000
Sebagai catatan penting, pembelian tiket hanya dapat dilakukan di area pos retribusi. Adapun harga yang tertera pada karcis berlaku untuk setiap periode kunjungan, baik saat weekday maupun weekend tetap sama. 


Jam Buka

Sama seperti wisata perbukitan pada umumnya, pun Puncak Tor Simago-mago dibuka selama 24 jam. Tetapi alangkah bagusnya jika kamu menentukan tujuan datang kemari. Jika hanya liburan singkat, bisa datang pagi hari atau sore hari sekaligus untuk menengok sunset.
Jam Operasional
Jam Buka/Tutup24 Jam
Begitu juga bagi pengunjung yang mau camping, sebaiknya datang ke lokasi sebelum portal retribusi ditutup pengelola sekitar pukul 07.00 malam. Kemudian, jangan lupa untuk meminta izin kepada petugas jika ingin berkemah di puncak perbukitan ini.

Aktivitas Wisata Tor Simago-Mago

Simago-mago merupakan sudut terbaik untuk menikmati pemandangan Sipirok dari ketinggian. Kawasan bukit yang tak dihuni ini sudah sejak lama difavoritkan warga Tapanuli Selatan untuk spot bersantai. Namun, pesonanya sempat memudar lantaran tidak terurus.

Pesonanya kembali memancar setelah Pemkab Tapsel menata ulang kawasan ini menjadi lebih lebih. Selain membangun jalan untuk mobil dan motor dari kaki bukit sampai ke area puncak, dibangun juga jalur downhill dan pedestrian bagi para pejalan kaki.

Tak heran jika beberapa waktu terakhir, jumlah kunjungan wisatawan yang sempat menurun kembali melonjak. Oleh fasilitasnya yang juga bisa dibilang cukup memadai, maka terdapat beberapa aktivitas yang bisa pengunjung lakukan selama di sini.

1. Menikmati Lanskap Alam

tor simago mago
lansekap alam dari areal pedestrian - image: travelingmedn
Pemandangan indah dari Simago-Mago menjadi daya tarik pertama yang dapat disaksikan pengunjung ketika menginjakkan kaki di puncak perbukitan. Di sini, lanskap alam yang menampilkan pemukiman penduduk, baris pegunungan dan areal pertanian tampak begitu memesona.

Dari area gardu pandang, hamparan perkebunan milik penduduk terlihat subur dan hijau. Ditambah lagi, pemukiman masyarakat di kejauhan tampak berkilau karena memantulkan sinar matahari. Apalagi ketika langit sedang cerah-cerahnya.

Agar terlihat lebih jelas, cobalah berjalan-jalan ke area pedestrian ataupun downhill. Dari sana, panorama alam yang utuh dapat disaksikan tanpa terhalang oleh pepohonan.Indahnya pemandangan pasti membuat wisatawan tak ingin beranjak. Terlebih lagi kalau pesonanya dinikmati bersama orang tercinta.

2. Camping dan Merasakan Udara nan Sejuk

tor simago-mago
savana rumput hijau di area gazebo bisa dipilih untuk tempat camping
Tanpa harus capek mendaki, wisatawan yang gemar akan kegiatan yang menyatu dengan alam dapat memilih Tor Simago-mago sebagai area perkemahan. Sebagian kawasan ini sudah dibuat landai agar pas untuk mendirikan tenda camping.

Jika siang hari terasa hangat, berbeda halnya saat malam menyelimuti perbukitan ini. Udaranya justru terasa sejuk. Bahkan cenderung dingin mencapai 20 derajat celcius. Untuk mengantisipasi hipotermia atau tak tahan udara dingin, jangan lupa mengenakan jaket tebal.

Berkemah memang sangat menyenangkan sebab para penggemar wisata camping dapat menyaksikan bagaimana menakjubkannya matahari saat terbit maupun tenggelam. Tak salah jika banyak komunitas maupun mahasiswa dari kampus sekitar Tapanuli Selatan memilih tempat ini ketika hendak mengadakan malam keakraban.


3. Berswafoto Sepuasnya

tor simago mago
latar bukit sebagai area foto - image via: dispardatapsel
Di masa sekarang, aktivitas berfoto sepertinya sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan traveling. Sadar akan hal itu, pengelola pun tak mau luput dari trend tersebut. Di sana, tersedia berbagai bentuk tempat selfie yang sangat kekinian.

Salah satu tempat foto di Tor Simago-mago yakni markah atau bangunan yang dibentuk seusai nama objek wisata ini. Spot foto yang persis didirikan di bawah tower (pemancar sinyal) tersebut paling disukai pengunjung untuk berswa-foto.

Mungkin perlu waktu 20 menit atau lebih lama untuk berfoto di sini. Bukan karena membosankan, justru banyaknya angel foto yang menarik untuk diabadikan. Maka dari itu, pastikan membawa kamera dan handphone dengan penyimpanan memori berkapasitas besar.

Fasilitas Tor Simago-mago

Paska direvitalisasi, fasilitas di objek wisata Tapanuli Selatan ini sudah sangat memadai. Jika dahulu masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki, kini sudah sangat komplit, fasilitas seperti:

- Tempat parkir
- Spot foto
- Kursi tempat santai
- Area berkemah
- Gazebo
- Menara pandang,
- dll.

Tersedianya fasilitas tersebut membuat pengunjung bisa nyaman selama menikmati wisata puncak ini. Semua fasilitas tentunya bisa digunakan pengunjung tanpa terkecuali. Namun, wisatawan diharapkan ikut menjaga semua fasilitas yang tersedia. Termasuk menjaga kebersihan kawasan ini.

Lokasi Tor Simago Mago

Bukit atau Tor Simago-mago ada di Desa Huta Raja, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara 22742. Jarak tempuh dari kota Sipirok ke alamat tersebut 10,1 atau dengan kata lain dapat diakses hanya dalam kurun waktu 16 menit.

Aksesnya juga cukup mudah, ambil saja rute melalui Jl. Lintas Tengah Sumatera atau jalur penghubung kota Tarutung - Padang Sidempuan. Setelah menemukan SPBU Pertamina Mandurana, langsung saja belok kiri untuk sampai ke tujuan (image cover credit: google map/rizky putra pasaribu)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -