MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Tapak Paderi | Foto Lokasi, Tiket, Pesona & Aktivitas

Pantai Tapak Paderi | Foto Lokasi, Tiket, Pesona & Aktivitas
Add Comments
7/30/2022
Pantai Tapak Paderi - Alamat: Kebun Keling, Kec. Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu 38115 (Peta Rute Lokasi) - Daya Tarik: Laut, Atraksi Sejarah dan Kuliner - Harga Tiket: Rp5k (Weekday/Weekend) - Jam Buka: 07.00 s/d 22.00 WIB
Pulau Sumatera memiliki sejumlah provinsi yang berbatasan langsung dengan laut lepas. Hal tersebut membuat sederet wilayah dipercantik dengan keberadaan sederet wisata pantai. Salah satunya terdapat di Bengkulu, yaitu Pantai Tapak Paderi.

pantai tapak paderi
Mungkin ada yang sudah pernah mendengar nama Pantai Tapak Paderi? Sering direkomendasikan, pantai yang memuat kita terkenang akan jejak masa penjajahan Inggris ini memang menjadi destinasi utama di kota Bengkulu. Tambah lagi, keindahannya bikin pengunjung enggan berkedip.

Perlu diketahui bahwa Pantai Tapak Paderi merupakan destinasi dengan lokasi terjangkau dan mudah diakses dari berbagai sudut kota. Mengunjunginya sudah seperti kewajiban baik pada musim liburan maupun hari biasa, bahkan jadi menu berlibur utama bagi yang pertama kali ke Bengkulu.

Harga Tiket Masuk

Lalu, berapa harga tiket masuk ke Pantai Tapak Paderi? Tenang saja, pengunjung sudah bisa menikmati setiap pesona dan melakukan beragam aktivitas tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal. Tidak hanya weekday, biaya masuk pun tetap sama pada saat weekend.
Harga Tiket Masuk
Tiket Anak-anakRp1.000
Tiket DewasaRp2.000
Biaya Parkir KendaraanRp2.000 - Rp3.000

Sebagai objek wisata yang dikelola oleh pemerintah, harga tiket yang ditetapkan sesuai usia pengunjung tersebut wajib dibayarkan di area pintu masuk (pos retribusi). Pengunjung perlu menyiapkan tambahan dana untuk biaya parkir kendaraan.

Fasilitas Pantai Tapak Paderi

Melirik Pantai Tapak Paderi untuk dijadikan tujuan wisata bukanlah sekedar alternatif saja. Karena ketika benar-benar menapakkan kaki di sana, tidak hanya alam permai, sunset dan panorama laut yang pengunjung nikmati, tetapi fasilitas yang tersedia juga maksimal.

Mulai dari penginapan dan hotel, toko suvenir dan oleh-oleh Bengkulu, warung kuliner, permainan air (jetski/banana boat), toilet hingga tempat parkir yang luas akan memanjakan pengunjung selama memilih berlibur di tempat tersebut.

Destinasi lain yang melengkapi pantai sehingga pengunjung dapat liburan secara estafet pun tidak hanya satu. Setelah atau sebelum berwisata di Tapak Paderi, ada objek sejarah yang menarik untuk disusuri, misalnya Monumen Thomas Parr serta Benteng Marlborugh.

Keunikan, Aktivitas dan Keindahan Pantai Tapak Paderi

Secara berkala, pantai di Kelurahan Keling ini adalah tempat perhelatan event provinsi bertajuk Festival Tabot Bengkulu yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Pada saat event berlangsung, wisatawan selalu tumpah-ruah memadati destinasi tersebut.

Keunikan pantai semakin terasa kental oleh panorama sunrise dan sunset yang keduanya bisa dilihat para pengunjung. Namun bangunan bernilai historis yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu di tempat ini uga tidak bisa ditampik keunikannya.

Beragam keunikan dan pesona di kawasan pantai dapat dinikmati pengunjung melalui sederet aktivitas wisata. Sehingga wisatawan bukan cuma datang kemudian pergi begitu saja tanpa melakukan kegiatan. Lantas, apa saja yang seru untuk pengunjung lakukan? Berikut selengkapnya!

1. Berenang dan Bermain Air Laut

pantait tapak paderi
image via: gmaps/brontoxturtle
Kedalaman air yang terpantau cukup dangkal hingga 40 meter ke arah laut membuat Pantai Tapak Paderi Bengkulu, memiliki atraksi wisata air yang aman bagi semua kalangan usia. Pengunjung pun tidak perlu khawatir soal higenis atau tidak, karena kondisi air laut di sini memang selalu jernih dan terjaga kebersihannya.

Bermain air selalu difavoritkan anak-anak, dewasa maupun remaja. Kurang lengkap rasanya kalau berwisata ke pantai tetapi tidak melakukan kegiatan tersebut. Di sini, tersedia permainan seperti banana boat dan berselancar atau surfing yang setidaknya bisa bikin pengunjung merasakan serunya bermain air.

Setelah puas merasakan semua keseruan di atas, cobalah merebahkan diri di atas butiran pasir yang berwarna kehitaman. Sembari melepas lelah usai berenang, bermain pasir tak kalah mengasyikkan. lho! bisa mendirikan istana pasir atau bermain lempar-lemparan.

2. Explore Spot-Spot Bersejarah

pantai tapak paderi
image via: instagram/darlismuhan
Menerbitkan pantai Tapak Paderi Bengkulu ke dalam bucket list destinasi sejarah di Pulau Sumatera memang hal wajib bagi pelancong yang suka menjelajah tempat-tempat bernilai khusus. Pasalnya, ada dua spot yang berhubungan dengan sejarah di sekitar pantai yaitu China Town dan Benteng Marlborough.

Kampung Cina atau China Town Bengkulu memberikan nuansa ala negeri Tiongkok. Bahkan sebelum memasuki tempat tersebut, kita sudah disambut dengan gerbang berdesain ala negeri tirai bambu. Di sepanjang sisi jalan, berjajar warung kuliner yang bikin perut kian keroncongan.

Sementara untuk Benteng Marlborough, ikon kota Bengkulu yang satu ini punya daya tarik tersendiri. Bangunan megah bernuansa klasik tersebut menyimpan tabir sejarah yang tak akan terhapus dari memori warga Bengkulu terkait ekspansi Inggris dan Belanda.


3. Berfoto, Menengok Sunrise dan Sunset

pantai tapak paderi
sunset menawan di area pantai - image via: darminto alhakim/ig
Setiap ulasan media berita maupun media travel yang membahas mengenai Pantai Tapak Paderi selalu menyorot sunrise dan sunset di tempat ini. Bukanlah hiperbola, tetapi pesona alam di waktu pergantian matahari terbit dan terbenam di pantai bersejarah tersebut sulit dilukiskan dengan kata-kata.

Oleh sebab itu pula, persentase kunjungan wisatawan ke tempat ini selalu mencapai puncaknya saat pagi dan menjelang malam. Lantaran pada saat itulah sinar matahari keemasan selalu mempertontonkan keelokannya secara gratis.

Ketika sedang menikmati momen terbit dan tenggelamnya matahari, bersiaplah membidikkan shutter kamera agar tidak sampai kelewatan. Kurang puas? Tenang saja, ada banyak instalasi foto kekinian yang sudah disiapkan pengelola untuk dicoba satu per satu.

Alamat dan Rute Lokasi Pantai Tapak Paderi

Alamat Pantai Tapak Paderi di Kebun Keling, Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, 38155. Jarak tempuh jika berangkat dari pusat kota sekitar 1,7 km atau 5 menit perjalanan menggunakan transportasi roda dua dan empat.


Jarak terdekat melalui Jl. Jendral Sudirman hingga melewati bundaran Jl. Bencoolen. Kemudian belok kanan hingga menjumpai plang bertuliskan pantai tersebut. Tempatnya searah Pantai Batu Tahu dan Pantai Sendal Jepit (image cover credit: instagram/saefullah_14).
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -