Traveling di Medan Juga Seru Kok! Ayo Kunjungi 7 Destinasi Keren Ini

Tempat Wisata di Medan - Banyak yang bingung kalau ditanya tempat liburan keren di Medan apa saja? Apalagi Internet sekarang asal nulis konten, coba bayangkan, masa Danau Toba ada di Medan, bikin kesal kan? padahal jarak ke Toba dari Medan itu cukup jauh lho kalau naik transportasi darat, apalagi pakai baling bambunya doraemon. Yakin deh, enggak bakal sampai.

Daripada makin bingung, mending kami ulas saja destinasi keren nan kece di Medan untuk kamu. Supaya nanti bisa jadi bahan rekomendasi untuk teman, sahabat, keluarga atau mantan kalau mereka berencana traveling ke Medan. Dari wisata heritage, kuliner hingga sederet tempat wisata lainnya di Medan, nih pilihan sederet tempat wisata di Medan yang wajib banget kamu datangi.

Tunggu dulu, alangkah baiknya sebelum traveling ke medan kamu tahu sedikit seluk-beluk tentang Medan plus orang-orangnya, jadi para traveler tidak akan kaget. Pasti tahu dong jika Medan menjadi pusat pemerintahan dan ibukota dari Provinsi Sumatera Utara. Kalau ada yang bilang orang Medan galak-galak, itu cuma stereotype kok. Percaya deh, cuma gaya bicara. Medan juga adalah rumah bagi beragam etnis dan suku bangsa yang berbaur dan membuat kota ini kerap dinamai 'The Little City of Asia'.

1. Nostalgia ala Vintage di Kawasan Kesawan

kesawan medan
Sebelumnya, tau tidak kalau Medan dulunya disebut Paris van Sumatra? Hal ini tidak terlepas dari catatan sejarah yang menorehkan Medan sebagai kota menarik, damai dan punya sederet bangunan tua bergaya khas Eropa.

Yup, bangunan epic seperti di atas bisa kamu incar di kawasan kesawan. Mulai dari Gedung Lonsum (London Sumatra), Lapangan Merdeka Medan, Bank Indonesia Lama, Kantor Pos Medan sampai Hotel Inna Dharma Deli yang usianya sudah puluhan tahun.

Meski demikian, semua bangunan unik tersebut masih tetap kokoh berdiri dan menjadi cagar heritage di Kota Medan. Memang sih, sebagian sudah dipugar tetapi tetap instagenic!. Karena itu pula, banyak lho fotografer di Medan yang menjadikan kawasan Kesawan sebagai spot foto pre-wedding.

2. Keliling Kota Medan Demi Berburu Kuliner

kuliner medan
Aktivitas apa sih yang keren di kota ini? jangan lupakan kuliner Medan yang sudah dijagokan oleh sederet traveler nusantara. Lidah kamu bakal bergoyang, dari makanan India, Chinese hingga khas Batak dan Melayu akan bikin kamu teriak maknyus!

Walau di setiap sisi jalan di Medan banyak pedagang kuliner yang berjualan. Ada beberapa pusat kuliner Medan yang baru maupun sudah lama tetapi tetap eksis di era milenial.


Jadi, kalau mau hunting, kita anjurkan kamu mengunjungi 7 tempat kuliner berikut:
1. Kuliner Pagaruyung yang otentik dengan makanan khas India (2) SM Raja Kuliner yang khas dengan makanan tradisional Melayu (3) Mie Aceh Titi Bobrok yang sedap dan bikin ketagihan (4) Kuliner di Jalan Mansyur di sekitar Kampus USU yang punya sederet cafe dan tempat nongkrong seru, ada juga (6) Ucok Durian, langgananan para selebriti dan (7) Tiptop Restoran dengan nuansa jadul yang hingga kini terus dipertahankan.

3. Kemegahan Gereja Annai Maria Velangkani

annai velangkani via @iwanvanwilan
Traveling ke Medan untuk sesi selanjutnya adalah Gereja Maria Annai Velangkani. Awalnya, bangunan yang didirikan pada tahun 2005 ini didirikan untuk sarana peribadatan umat Katolik lho guys!.

Namun, keunikan arsitektur Annai Velangkani menimbulkan daya tarik tersendiri bagi masyarakat lokal. Selain itu, adanya sederet fakta menarik di balik gereja bergaya India-Mongol ini juga membuat warga semakin penasaran.

Perlahan, namanya semakin populer setelah pengguna media sosial di Tanah Air makin bertumbuh. Ya, internet memang punya dampak cukup besar. Di sini kamu bisa mengelilingi area, hampir seluruh sisi bangunan terlihat epic. 

4. Melihat Peternakan Buaya Asam Kumbang yang Bikin Merinding

taman buaya asam kumbang
Traveling ke Medan akan terasa kurang tanpa mengunjungi ratusan buaya di Asam Kumbang ini.
Kata pengelola, jumlah hewan reptil di Asam Kumbang ini angkanya mencapai ribuan ekor nih sob. Sebab itu interaksi antara pengunjung dengan buaya-buaya di sini benar-benar diperhatikan. Aman kok! ada pagar kawat mengelilingi seluruh kawasan. 

Sejarah Taman Buaya Asam Kumbang ini tentu tak lepas dari sang pendiri yakni Lo Tham Muk. Beliau mulai mengoleksi buaya sejak 1959 dan seiring berjalannya waktu, populasi hewan reptil di penangkaran Buaya Asam Kumbang ini semakin banyak sehingga dibuka untuk umum. Tujuannya agar pengelola tidak kewalahan untuk memberikan kebutuhan pangna terhadap buaya yang mencatat predikat sebagai penangkaran reptil terbesar di Indonesia ini.


Biaya masuk ke Buaya Asam Kumbang tidak mahal lho, cuma Rp5.000/pengunjung. Nah jika kamu ingin memberi buaya-buaya itu makan, kamu bisa membeli daging yang sudah disediakan pengelola.

5. Mengunjungi Vihara Terbesar di Indonesia Bernama Maha Vihara Maitreya

maha vihara maitreya
Memasuki kawasan Maha Vihara Maitreya akan membuat sobat traveler seolah berada di China. Dari arsitektur bangunan ala Negeri Ginseng hingga beragam hal menarik hati dapat kamu saksikan di destinasi religi umat Buddha yang terletak di Perumahan Cemara Asri ini.

Megahnya Maha Vihara Maitreya tak terlepas dari proses pembangunan yang berlangsung cukup lama sejak 1991 silam. Yang paling mencolok adalah relief di setiap dinding vihara hingga desain interior yang memanjakan mata.  Di tempat wisata religi Medan ini kamu juga bisa melihat adanya Patung Budha, berikutnya Patung Dewi Kwan Im, ton dan Genta Kebahagian dengan berat mencapai 3 ton.

Hingga saat ini, pengunjung yang datang ke Maha Vihara Maitreya tidak dikenai biaya masuk. Namun, sebagai tempat ibadah bagi umat Budha, tentu kamu harus benar-benar menjaga sikap selama berada di lokasi. Jika sudah puas berkeliling, kamu bisa mencicipi kuliner ala vegetarian di sekitar lokasi juga lho sobat. Selain itu, ada juga Kolam Renang Cemara Asri yang dibuka untuk umum.

6. Ke Siombak, Danau Buatan di Belawan

danau siombak
Danau Siombak sekarang sudah direvitalisasi nih sobat traveler dan ditargetkan untuk segera bebas dari sampah pada 2019. Keputusan Pemko Medan ini tentu sangat baik mengingat minimnya objek wisata alam yang ada di kota Medan.

Berjarak sekitar 18,7 km dari pusat kota, danau sedalam 12 meter ini berada di Kelurahan Paya Pasir yang masuk wilayah kecamatan Medan Marelan. Meski minim akan fasilitas, Danau Siombak selalu ramai lho. Ada yang memancing ikan dan ada juga yang naik speed boat mengelilingi danau seluas 40 hektar ini.


Sebenarnya, perhatian publik terhadap Siombak sangatlah besar. Dulunya, banyak yang mengeluh akan kondisi Siombak, jauh sekali dari kesan bersih. Semoga revitalisasi Siombak ke depannya bisa menjadikan destinasi Medan ini semakin bertransformasi.

7. Biar Makin Tahu Sejarah, Main-main ke Sederet Museum di Medan

museum negeri sumatera utara
Belajar sejarah sekaligus melihat beragam koleksi tentang masa lampau pasti menyenangkan apalagi jika kamu memang memiliki ketertarikan di bidang budaya. Nah di Medan terdapat banyak sekali Museum yang bisa kamu jadikan untuk memenuhi semua keinginan itu.

Museum Negeri Sumatera Utara misalnya, koleksinya sangatlah lengkap dari berbagai kabupaten di Sumut. Koleksinya beragam, dari budaya hingga pergerakan sejarah di Kota Medan. Masih ada yang lain kok seperti Museum Ulos yang khusus menampilkan jenis tenun tradisional dari Suku Batak. Ada juga Museum Perkebunan di Jalan Yos Sudarso hingga Museum China di sekitar Danau Siombak yang menyimpan bukti-bukti menarik tentang adanya kerajaan Cina di Belawan di masa lalu.

8. Kolam Renang? Ada Banyak Wahana Air Lho di Medan

wisata merci
Jika ingin liburan bersama keluarga dan maunya main air, coba deh berkeliling lagi ke berbagai wahana air dan kolam renang yang ada di Kota Medan. Jumlahnya cukup banyak dan kamu pasti bakal bingung pilih yang mana.


Kita punya beberapa tempat wahana air yang recommended, ada Wisata Merci yang paling baru dari semua. Di sini ada beragam permainan air serta banyak spot foto kece yang bakal dapat banyak like. Beranjak sedikit ke Polonia, ada Wonders Water World Waterpark yang punya fasilitas waterboom. Masih banyak yang lain lagi kok!

Jadi bagaimana nih? sudah siap traveling ke Medan dan menikmati destinasi menarik yang sayang untuk dilewatkan di atas? Jangan lupa untuk ikuti Instagram resmi kita di @travelingmedan ya sobat traveler! (Th.E/AN/TMC)