MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Keindahan Bukit Beta Tuktuk yang Harus Kamu Kunjungi

Keindahan Bukit Beta Tuktuk yang Harus Kamu Kunjungi
Add Comments
3/15/2020
Warga setempat menyebutnya Bukit Beta yang berarti ayo.

Bukit Beta Kite International, begitu identitas resmi yang diberikan terhadap bukit terluas di desa Tuktuk Siadong. Bagi pengunjung, inilah salah satu tempat memandang paling favorit di kawasan wisata pulau Samosir karena letaknya sangat mudah untuk diakses.




View hamparan rumput hijau di atas tanah lapang, panorama air terjun di sisi utara, langit biru dan epiknya pepohonan yang tumbuh rapat di dinding gunung terjal selalu menjadikan Bukit Beta tak pernah gagal dalam urusan penyajian alam.

Jika kamu berkesempatan untuk menyambangi bukit di Tuktuk Samosir ini, berikut adalah letak, daya tarik dan aktvitas yang dapat dilakukan di sana.

1. Lokasi

bukit beta - image source andi setiawan/fb
Jika menggunakan kendaraan via darat menuju Tuktuk Siadong, obyek wisata ini sangat mudah dikenali. Dari pintu gerbang desa, lokasi Bukit Beta persis di sebelah kanan yaitu Jalan Ringroad Tuktuk Siadong, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

Memang tidak ada papan penunjuk arah. Namun, keberadaannya mudah dikenali sehingga kamu dan rombongan wisatawan tidak akan tersasar menemukannya. Sebagai pertanda utama, lihat saja lapangan luas yang areanya ditutup oleh rumput Jepang.

Dari tepi jalan raya, kamu harus mengeluarkan sedikit tenaga lagi. Hanya saja, trek menuju Bukit Beta masih standar sih, bahkan bosa dikatakan sangat mudah bahkan biasa-biasa saja oleh pecinta alam. Jalur ke atas puncak pun telah dibuat.

Luar biasanya adalah, tiket masuk ke Bukit Beta tidak pernah dikenakan biaya. Kalaupun ada event pariwisata yang sedang diselenggarakan di sana, selalu digratiskan kepada wisatawan. Kecuali kamu memilih nginap di salah hotel di Danau Toba mungkin perlu biaya lebih.

2. Daya Tarik dan Keindahan Bukit Beta

pemandangan dari bukit beta tuktuk
Selain karena gratis untuk dimasuki, teman TM pasti penasaran kenapa banyak orang yang suka bermain-main di Bukit Beta International Kite ini, bukan? berikut sederet daya tarik yang dimiliki.

Pagi hari, jalur trekking di Bukit Beta sering dimanfaatkan turis luar untuk jogging. Merekanya biasa berkeliling dahulu di Tuktuk sebelum sampai area puncak bukit. Karenanya, tempat ini cocok sekali untuk kamu yang ingin berolahraga meski sedang berlibur.

Letaknya pun terpisah dari pemukiman penduduk. Itulah mengapa Bukit Beta banyak digemari oleh para pelancong. Mereka bisa bebas menikmati suasana yang ada. Bahkan, tidak sedikit juga lho yang memasang tenda di bagian puncak. Anginnya yang tidak kencang dan lapangan hijau yang ekstra luas menjadi dua alasan utama.

2. Pemandangan Toba yang Luar Biasa

image source: instagram.com/dlaks_marcinho11
Tim Traveling Medan menyarankan kamu untuk datang pagi hari agar, dapat menangkap momen matahari terbit. Tetapi berhati-hatilah kalau berjalan, jangan lupa bawa lampu penerangan karena di Bukit Beta terdapat banyak kubangan kerbau.

Tatkala matahari sudah terbit, pemandangan yang terhampar juara indahnya. Apalagi kalau kamu berupaya untuk naik ke titik paling puncak. Gambar keindahan bukit ini sangat epik dan sangat memesona. Kamu akan menyaksikan danau yang luas plus megahnya hotel-hotel di sekitar Tuktuk.

Nggak heran kalau foto-foto bukit di Tuktuk ini banyak bertebaran. Bahkan orang luar negeri juga suka singgah ke sini. Wajar sekali sih, tempatnya memang sangat instagramable. Masing-masing sudut tak henti menyajikan suguhan alam berbeda.

4. Tips Saat Berkunjung

pemandangan dari bukit beta
Di bawah ini ada sederet tips yang mungkin kamu perlukan ketika mengunjungi Bukit Beta Tuktuk, ayo disimak!

  • Bawa persediaan minum dan makan supaya ada camilan selama di atas. Sebenarnya di bagian puncak ada tempat nongkrong yaitu sebuah coffee shop tetapi tidak buka selama 24 jam.
  • Waktu kunjungan terbaik adalah saat pagi hari. Kendati demikian, panorama saat siang hari pun tidak kalah epik.
  • Bawa peralatan fotografi dan kamera pocket favorit kamu ya, agar bisa mengabadikan momen berlibur di Bukit Beta yang keren ini. Apalagi saat penggembala kerbau sedang membawa kerbau miliki mereka, cakep banget kan kalau dipotret?
  • Terdapat beberapa tugu Batak di bagian puncak, tetapi jangan takut takut untuk ke sana.
  • Kamu boleh memasang tenda di tempat yang diinginkan. Jika sedikit enggan, turun ke Desa Tuktuk di sana sangat banyak penginapan yang cukup murah apalagi saat low season.
Listicle di atas sudah cukup lengkap tentang Bukit Beta yang seyogianya wajib kamu ketahui. Pastikan untuk memperhatikan hal-hal yang sudah disebutkan di atas ya. Selain pergi sendiri, tempat ini juga sesuai jika kamu mau berkunjung bersama keluarga atau pasangan.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -