MASIGNASUKA101
7168738000188950837

7 Tempat Wisata di Sibolga dan Tapanuli Tengah yang Menawan

7 Tempat Wisata di Sibolga dan Tapanuli Tengah yang Menawan
Add Comments
Sabtu, 15 Juni 2019

Keindahan sumatera utara yang mempesona sudah begitu tersohor ke luar negeri. Dari kekayaan adat, kearifan lokal, keunikan budaya sukses menjadikan destinasi otentik di Indonesia ini menjadi impian tempat berlibur.

Adalah Sibolga dan Tapanuli Tengah yang lokasinya berada di kawasan pantai. Potret keindahan dan keanggunan Sibolga dan Tapteng bahkan sudah diabadikan lewat sebuah film internasional yakni "King-Kong".

Sebagai kota dan kabupaten di Sumatera Utara yang hanya sejauh 340 km dari ibukota Sumut, Medan ini cuma memerlukan waktu perjalanan sekitar 8 jam. Di negeri berbilang kaum, terdapat banyak sekali tempat wisata yang jadi tujuan rekreasi bagi siapa pun, baik keluarga, solo traveler maupun lokasi touring.

Berikut adalah deretan tempat wisata di Sibolga dan Tapanuli Tengah yang wajib dikunjungi. Dari pantai hingga pulau eksotik serta ragam kuliner yang enak.

1. Pulau Mursala dengan Air Terjun Unik



Dahulu, pulau ini lebih dikenal dengan julukan Mansalaar Island. Namun, penduduk Tapanuli Tengah (Tapteng) yang bermukim di sekitar pantai sering juga mengatakan kalau kata Mursala berasal dari 'mur' dan 'shalat'. dan Shalat.

Istilah itu muncul karena saat perniagaan lewat jalur Barus, banyak pedagang Arab melewati pulau tersebut. Uniknya, para pedagang tersebut sering kali terlebih dahulu shalat ketika melintasi Pulau Mursala.

Selain pulau, disini juga ada Air Terjun Mursala yang airnya bersumber dari atas pulau dan panjang sungainya mencapai 650 meter. Cukup tinggi bukan? Fakta menariknya, sungai tersebut menyandang predikat sebagai sungai dengan aliran terpendek di Indonesia.

Nah, air yang mengalir dan jatuh dari tebing ke permukaan laut dengan tinggi 35 meter inilah yang jadi daya tarik Pulau Mursala. Sayangnya, ombak disini cukup kencang sebab seperti diketahui, Tapteng dan Sibolga berbatasan dengan Samudera Hindia dan jadi penghubung jalur laut Sumatera Utara dengan Pulau Nias.

Terkadang, di objek wisata Tapanuli Tengah tersebut ada segerombolan ikan lumba-lumba yang berenang dan mengitar kawasan lautnya. Nah, untuk menuju Pulau Mursala harus menggunakan kapal boat. Jika dari Medan, lebih baik menggunakan jasa tour operator agar perjalanan ke lokasi Pulau Mursala lebih nyaman dan seru.

2. Menikmati Suasana Romantis di Pantai Ujung Sibolga



Wisata Sibolga lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah Pantai Ujung Sibolga. Pantai ini adalah salah satu wisata bahari di Kota Sibolga yang terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Daya tarik dari Pantai Ujung Sibolga adalah air lautnya yang jernih dan pasir-pasir yang membatasi antara laut dan daratan terlihat putih bercampur kecoklatan. Banyak anak muda menjadikan pantai ini sebagai tempat nongkrong di Sibolga dan Tapteng apalagi terdapat pedagang makanan yang menjual aneka kuliner.

Karena jernih, Pantai Ujung Sibolga bisa jadi tempat mandi-mandi atau berenang sambil menunggu moment sunset dan sunrise. 2 pantai lainnya yang cukup menawan yakni Pantai Indah Kalangan dan Pantai Pandan yang juga perlu dikunjungi. Para pengunjung bebas masuk karena pantai di Sibolga ini tidak memerlukan tiket.

3. Pulau Kalimantung, 1 dari 33 Pulau di Tapanuli Tengah



Keindahan pulau-pulau di pesisir Barat Tapanuli Tengah memang sangat memikat sehingga layak dikunjungi untuk Anda yang suka snorkeling atau diving demi menikmati air lautnya yang biru dimana terdapat ikan serta terumbu karang

Pulau Kalimatung yang menawan ini contohnya, 1 dari 34 pulau di Tapanuli Tengah ini dikenal karena kecantikannya. Sangking indahnya, banyak orang Medan yang rela menempuh perjalanan berjam-jam agar dapat melihat secara langsung.

Nah, kini sudah banyak tersedia open trip Pulau Kalimatung dan paket wisata untuk jelajah gugusan pulau lainnya dengan tarif bervariasi.

4. Poncan Gadang dan Poncan Ketek



Ini merupakan 2 tempat wisata lainnya di Sibolga yang menawarkan destinasi pulau. Letaknya berdekatan satu dengan yang lain sehingga bisa ditempuh dalam 1 kali trip. Mengenai fasilitas, amenities wisata di kedua obyek wisata ini tentu berbeda karena kondisi pulaunya yang juga berbeda.

Istilah 'Gadang' berasal dari bahasa pesisir yang digunakan oleh masyarakat Tapteng dan Sibolga dimana gadang berarti besar. Disini sudah terdapat sebuah resort mewah, tidak harus menginap tetapi pengunjung pun bisa masuk ke pulau Poncan Gadang.

Lalu bagaimana dengan Poncan Ketek? pulau berukuran lebih kecil ini tak terlalu jauh dari Poncan Gadang dan bisa diakses tanpa memerlukan kapal kalau laut sedang surut.

Baca Juga: Air Terjun Keren di Kabupaten Langkat

5. Tangga Seratus yang Unik di Sibolga



Ini juga tak kalah terkenal dibandingkan spot wisata lainnya di Kota Sibolga. Tangga Seratus sudah berusia cukup tua dan hingga sekarang tetap terlihat terawat. Dari tempat ini, pengunjung dapat menyaksikan panorma landskap dari Sibolga serta Tapanuli Tengah dari kejauhan.

Kini wisata Sibolga bernama Tangga Saratus sudah tampil dengan wajah baru dan diubah sehingga lebih hits dan kekinian sesuai selera traveler zaman sekarang. Bagi yang suka berfoto, terdapat spot-spot keren yang bisa membuat Anda lupa waktu.

Di hari Sabtu dan Minggu, Tangga 100 selalu ramai karena dijadikan tempat jogging oleh para penduduk. Suasana disini sangatlah sejuk karena banyak pepohonan rindang yang tumbuh. Sesuai namanya, Tangga 100 memiliki jumlah anak tangga mencapai ratusan.

Wisata ini sebenarnya punya nilai sejarah juga lho! jadi dahulu para pahlawan sering melewati Tangga 100.

6. Pantai Bosur di Tapanuli Tengah yang Menawan



Pantai Bosur ini adalah spot wisata yang paling diandalkan oleh Pemkab Tapteng di bagian daratan karena tak perlu menyeberang ke pulau untuk menikmatinya. Wajar kalau Pantai Bosur selalu ramai sebab sudah dikelola sangat baik.

Pantai Bosur saat ini sudah dihiasi payung-payung berwarna-warni di bagian atas sehingga eye-catchy. Saat sore hari, Pantai Bosur biasanya dipadati pengunjung yang ingin menunggu sunset atau sekedar ingin rekreasi setelah penat bekerja satu harian.

Baca Juga: Tempat Wisata Hits di Kabupaten Batubara

7. Pulau Puteri yang Jernih dan Menawan



Pulau Putri merupakan salah satu destinasi wisata Tapanuli Tengah yang biasanya dijadikan tempat beristirahat usai menjelajah sederet pulau lainnya. Disini, suasana lautnya lebih tenang dan tetap menawan karena jernih.

7 tempat wisata di Sibolga dan Tapanuli Tengah di atas semoga dapat membantu perjalanan wisata kamu ya sahabat Traveling Medan.

Jika mau ke Tapteng, sudah tersedia lho pesawat terbang yang melayani rute dari Kualanamu Aiport. Jadi tidak perlu repot lagi. Naik kendaraan umum juga memungkinkan karena Anda dapat sekaligus menikmati destinasi lainnya seperti Batu Lobang yang ikonik.