MASIGNASUKA101
7168738000188950837

5 Gereja Tertua di Medan yang Indah dan Klasik, Yuk Tamasya Religi

5 Gereja Tertua di Medan yang Indah dan Klasik, Yuk Tamasya Religi
Add Comments
5/01/2020
Selama ini, kebanyakan dari kita mengetahui bahwa GPIB Immanuel adalah gereja tertua yang berada di Kota Medan. Padahal jika dirunut berdasarkan tahun berdiri, terdapat beberapa tempat ibadah umat Kristen lain di ibukota Sumatera Utara yang usia bangunannya cukup bersejarah juga, lho!

Kamu bisa mengunjungi 5 gereja tertua di Medan berikut yang menyimpan bukti-bukti sejarah perkembangan ajaran Kristen di Sumut, mulai dari masa kolonial Belanda hingga sekarang. Sebagai destinasi religi, nilai arsitektur khas yang dimiliki juga menjadikannya sebagai gereja terindah di Medan.

Gereja Tertua di Medan

Sembari berwisata religi, yuk menelusuri bangunan-bangunan gereja tertua di kota Medan berikut.

1. GPIB Immanuel - Medan Polonia

gereja tertua di medan
gereja immanuel medan - via @nizarkauzar/simsonsalouw (google map)
Dahulu dikenal juga dengan sebutan Gereja Ambon, GPIB (Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat) Immanuel wilayah Medan merupakan bangunan bergaya renaissance tertua yang ketika awal ditempati oleh Belanda diberi indentitasnya Inidsche Kerk.

Gereja Immanuel yang terletak di Jalan Pangeran Diponegoro, Madras Hulu, Medan Polonia ini dibangun di atas lahan tembakau tahun 1921. Namun, peralihan kekuasaan Belanda kepada Jepang membuat fungsi bangunan ibadah ini sempat berubah.

Gereja ini akhirnya kembali dipakai oleh umat GPIB pada tahun 1959 hingga sekarang. Apabila dikalkulasi, usia gerejanya sudah hampir satu abad, yaitu 99 tahun semenjak awal berdiri.

2. Gereja Katolik Santa Maria Tak Bernoda Asal - Katedral Medan

gereja tertua di medan
image via @trisamosir - @vielistandary
Berlokasi di Jalan Pemuda No 1, Medan, Gereja Katolik atau lebih populer lewat nama Katedral Medan merupakan tonggak sejarah keberadaan umat Katolik. Di balik arsitektur klasik nan megah yang bisa kita lihat sekarang, siapa sangka jika di tahun 1879, bangunan ini hanyalah beratapkan rumbia.

Bertambahnya jemaat yang mengikuti peribadatan menjadikan Gereja Katolik pertama di Medan ini perlu diperluas. Hingga pada tahun 1928,  Mr. Han Groenewegen, seorang arsitek asal Belanda merancang bangunan yang diinisiasi oleh para Pastor Ordo Jesuit tersebut.

Nilai sejarah yang begitu tinggi ditambah usia bangunan yang tergolong tua, Gereja Katolik Santa Maria Tak Bernoda Asal atau Katedral Medan bergaya Eropa ini termasuk dilindungi oleh pemerintah dan ditetapkan sebagai heritage kota Medan.

3. Gereja HKI Dahlia - Medan Maimun

gereja tertua di medan
hki dahlia medan kota adalah salah satu gereja tertua di medan - image via hariansib
Gereja tertua selanjutnya di Medan adalah Gereja HKI Dahlia. Sekilas, tidak banyak orang mengetahui bahwa Gereja Huria Kristen Indonesia ini tergolong bangunan tempo dulu. Sebab didirikan pada masa Belanda. Bahkan hal itu dicatatkan pada prasasti dan pintu masuk yang bertuliskan "Anno 1928".

Sama seperti bangunan cagar budaya lainnya, gereja klasik berusia 92 tahun yang berada di Jalan Dahlia, Medan Maimun tersebut tentu belum pernah diubah. Terutama bangunan inti, sampai sekarang masih terus dipertahankan keasliannya.

Baca Juga: 8 Potret Cafe Rumah Pohon di Medan


4. Gereja GKI

gereja tertua di medan
gereja gki medan - via hans silmar/google map
Gereja tempo dulu di Medan yang menjadi gereja tertua berikutnya adalah Gereja Gereformeer yang sekarang digunakan oleh jemaat GKI. Gereja bergaya bangunan Eropa kuno yang didirikan di tahun 1915 ini terletak di di jalan KH Zainul Arifin, No 124-126, Medan Petisah.

Gereja cantik di Kota Medan ini memiliki sistem sirkulasi udara tempo dulu di bagian tower. Jika beranjak ke bagian depan yaitu pintu masuk, keindahan gaya klasik Eropa yang diekspos terlihat sangat menarik. Bangunan ini pun diapit oleh beberapa cagar budaya seperti hotel Inna Dharma Deli dan Lapangan Merdeka.

Baca Juga: Rekomendasi 8 Tempat Romantis di Medan, dari Hotel, Wisata hingga Cafe

5. Gereja HKBP Sudirman

gereja tertua di medan
image via wikipedia
HKBP Uskup Agung, Gereja HKBP yang berada di Jalan Sudirman merupakan gereja Huria Kristen Batak Protestan tertua dan bersejarah di Kota Medan. Bangunannya yang indah serta arsitektur corak Eropa menjadikan gereja tertua ini begitu megah.

Gereja di kota Medan yang mulai dibangun pada tahun 1917 ini menyajikan eksterior dan interior memukau. Di sini, terdapat juga Sopo Godang yang digunakan untuk kegiatan adat istiadat Batak dan acara keagamaan.

Nah, itulah berbagai gereja tua di Kota Medan yang bersejarah dan memiliki arsitektur keren yang bisa dijadikan sebagai objek wisata religi tatkala kamu ingin liburan di dalam kota. Selain menambah wawasan, berfoto di sana tentu akan membuat feed Instagrammu terlihat berbeda dan klasik.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -