MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Taman Gajah Mada - Tempat Piknik & Olahraga Gratis di Lapangan Inti Kota

Taman Gajah Mada - Tempat Piknik & Olahraga Gratis di Lapangan Inti Kota
Add Comments
6/15/2020
Kalau suka nonton konser atau jogging, pasti sudah tidak asing lagi dengan Taman Gajah Mada Medan yang merupakan suatu ruang terbuka di inti kota. Selain sering jadi tempat pacaran, destinasi di kawasan Babura tersebut juga seru untuk acara piknik.

Di Medan sendiri, nama "Gajah Mada" setidaknya digunakan oleh 2 lokasi berbeda. Supaya kalian tidak bingung, sepertinya perbedaan kedua tempat ini perlu dijabarkan. Berdasarkan status kepemilikan, Lapangan Gajah Mada Krakatau adalah milik perseorangan sedangkan taman di wilayah administratif Kecamatan Medan Baru, Sumatera Utara dikelola oleh Pemko.

Taman Gajah Mada adalah ruang publik yang sengaja dibangun oleh Pemerintah Kota Medan dengan mengambil konsep ekologi. Taman ini diitari 4 jalan berbeda yaitu Jl. Gajah Mada, Jl. Sei Bekala, Mayjen D.I Panjaitan dan terakhir Jalan Sei Batang Serangan sehingga letaknya sangat strategis karena akses masuknya dapat dicapai dari 4 arah.
salah satu area di taman gajah mada medan
Warga lokal yang berkunjung ke Taman Gajah Mada tujuannya bermacam-macam. Sebagian besar memanfaatkannya sebagai tempat bersosialisasi dan berolahraga. Jika kalian gemar bermain sosial media, pasti sering melihat penampakan foto-foto aktivitas wisata di sana.

Apa Saja yang Ada di Taman Gajah Mada Medan?


1. Ruang Piknik Terbuka
Lantaran merupakan tempat piknik gratis, taman ini kerap dipakai bersantai oleh pengunjung. Walau tidak semua permukaan tanah di lapangan itu ditanami rumput, tetapi beberapa titik area masih bisa ditemukan perdu hijau untuk alas rebahan atau sekedar duduk.

Bila teman Traveling Medan sudah pernah berkunjung ke Lapangan Gajah Mada Krakatau, mungkin taman ini tidaklah ada apa-apanya. Dari segi penataan sampai kebersihan memang belum begitu memuaskan. Tetapi karena gratis, paling tidak wisata urban ini bisa dijadikan sebagai spot piknik alernatif.
Baca Juga: 4 Danau di Medan yang Jadi Tujuan Wisata, Wajib Dikunjungi
2. Spot Jogging Favorit
Serunya sih, area taman ini terbilang cukup luas sehingga lapangannya bisa digunakan oleh warga untuk berolahraga. Trek jogging-nya lumayan panjang, selain di dalam, pengunjung dapat memilih jalur trotoar di luar taman yang memanjang dari jalan Gajah Mada sampai ke Jalan D.I Panjaitan.

Pemko Medan melalui Dinas Pertamanan sebenarnya sudah menyediakan beberapa peralatan olahraga fitness outdoor di taman ini, seperti elliptical machinedouble walker, seesaw dan double swings. Namun, kondisi perlengkapan kebugaran itu sudah banyak yang rusak akibat ulah pengunjung.

Amat disayangkan ya? padahal jika tetap terawat baik, kita warga tak perlu keluar biaya ke tempat gym. Hal seperti ini tidak hanya terjadi di Taman Gajah Mada, pun di Lapangan Merdeka dan Taman Teladan, properti serupa juga sudah tidak laik lagi.
taman gajah mada medan
jogging track di taman gajah mada
3. Kuliner di Gajah Mada Medan
Seperti dikatakan di awal, lokasi taman yang strategis membuat pengunjung dapat mengeksplor beberapa spot kuliner di sekitarnya. Misalnya di depan Kampus Amikom Medan yang berada di seputar kawasan Gajah Mada, kita bisa berburu sederet jajanan kaki lima.

Setelah capek berolahraga, menyegarkan tenggorokan dengan seteguk perasan juice dan air mineral pasti sangat membantu memulihkan stamina. Kalau perut sudah keroncongan dan belum sempat sarapan dari rumah, hidangan khas mie balap di sekitarnya bisa dibuat pengganjal perut.

Sesuai telusuran sejarah yang telah admin rangkum, asal usul Taman Gajah Mada Medan ini pada awalnya dibangun tahun 1993 oleh mantan Gubsu Raja Inal Siregar. Di usia tamannya yang tak lagi muda, kawasan urban Medan ini sempat digunakan oleh KONI.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -